Meski Bekerja, 7 Hal Ini Bisa Menguatkan Hubungan Anak dan Ibu


:

Jadi wanita karier memang memiliki tantangan sendiri. Apalagi jika kita sudah memiliki buah hati yang mungkin punya kepentingan sendiri. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan agar semuanya bisa berjalan seimbang dan saling memahami. Jangan sampai mengejar karier yang sedang cemerlang membuat hak anak terabaikan. Jika hak anak tak terpenuhi, tentunya akan terjadi jarak antara anak dan ibu yang bekerja.

Tapi tentu saja para ibu punya solusi agar bisa tetap memiliki hubungan yang harmonis dengan anak meskipun bekerja di luar rumah. Beberapa hal sederhana ini akan menguatkan hubungan anak dan ibu jika dilakukan secara rutin. Yang terpenting konsisten dan paham bahwa anak butuh sosok ibu dalam tahap perkembangannya.

1. Menyempatkan Sarapan Bersama Setiap Hari Sebelum Memulai Aktivitas

via blog.tokopedia.com
via blog.tokopedia.com

Sarapan sangat dibutuhkan untuk ketahanan fisik dan otak bagi anak sebelum memulai aktivitasnya. Sebelum semuanya menjalani kegiatan di luar rumah, usahakan ibu dan anak serta anggota keluarga yang lain untuk sarapan bersama. Hal sederhana ini bisa memberikan semangat bagi anak bahwa dia merasa diperhatikan dan mendapatkan dukungan keluarga di pagi hari.

Siapkan sarapan yang bergizi dan juga asupan nutrisi yang lengkap untuk anak. Minuman sehat kaya nutrisi dan energi seperti Milo bisa jadi alternatif terbaik untuk suguhan sarapan anak. Selain rasa cokelat yang disukai anak-anak, Milo dengan ActivGo juga dibekali dengan berbagai asupan nutrisi sehat yang membantu anak mendapatkan energi lebih dan stamina yang cukup untuk beraktivitas seharian di luar rumah.

2. Menyiapkan Bekal Kesukaan Untuk Cemilan Anak

via alfaonline.com
via alfaonline.com

Meskipun jadwal kerja yang padat, namun ibu juga harus paham apa yang mereka butuhkan saat berada di luar rumah nantinya. Beraktivitas hingga sore hari akan membuat anak butuh makanan sehat dan enak. Ini bisa jadi kesempatan untuk ibu menyiapkan bekal yang disukai anak. Selain menghindarkan anak dari jajan sembarangan, anak akan bangga melahap semua bekal yang disiapkan sang ibu.

Siapkan menu-menu ringan kesukaannya yang bisa dimakan dan dibagikan dengan teman-teman. Cara ini akan membuat anak belajar berhemat dan ibu jadi tahu apa yang mereka inginkan. Ibu juga bisa menyiapkan satu botol minuman berisi susu Milo yang siap jadi penghilang dahaganya saat di sekolah nanti. Dijamin anak akan semakin dekat dengan ibu, dan ibu jadi bangga karena bekal makanan yang disiapkan selalu habis.

3. Olah Raga Bersama Di Akhir Pekan

via amazonaws.com
via amazonaws.com

Bagi para pekerja mungkin akhir pekan adalah momen yang tak bisa dilewatkan begitu saja. Kesempatan ini bisa dijadikan waktu bersama antara ibu dan anak untuk melakukan aktivitas di luar ruangan bersama. Ajak anak untuk jogging atau berolah raga kecil di luar ruangan. Bisa hanya di sekitar lingkungan rumah, atau bahkan ke tempat ramai atau acara tertentu seperti Car Free Day di dekat rumah.

Cara ini mampu mengeratkan kembali hubungan anak dan ibu yang mungkin selama seminggu jarang berinteraksi. Dalam kegiatan ini ibu juga masih bisa kok memberikan asupan gizi dan nutrisi dengan membawa botol minuman berisi air putih dan susu Milo yang tentunya sudah familiar dia minum sehari-hari.

4. Bercerita Sebelum Tidur Tentang Kegiatannya

via anotheorion.com
via anotheorion.com

Sesempit apapun waktunya, selalu ada cara untuk saling mendekatkan diri dengan kehidupan anak meskipun jadi wanita bekerja di luar rumah. Sebelum tidur, ajak anak untuk bercerita tentang pengalaman menarik yang dia dapatkan hari ini. Keluh kesah dan juga kebahagiaannya bisa kita pantau dan keberhasilannya bisa kita apresiasi.

Setiap hari selalu ada cerita berbeda yang bisa dibahas. Ini akan membantu ibu untuk tahu perkembangan anaknya, siapa teman dekatnya, dan bagaimana karakternya di sekolah dan bersama orang lain. Jangan lupa, ibu juga bisa bercerita tentang hal-hal menarik yang dialami seharian tadi sehingga anak juga paham sedikit banyak tentang kegiatan ibu saat di luar rumah.

5. Hadir Dan Memberi Dukungan Saat Anak Tampil

via vemale.com
via vemale.com

Anak-anak pasti punya hobi dan aktivitas kesukaan yang mereka senangi. Ada yang suka main bola, musik, atau menari, atau bahkan lomba kecerdasan. Semua itu tentu saja membuat anak butuh dukungan dari keluarganya, terlebih dari ibunya. Ibu bisa datang menghadiri dan mengapresiasi kegiatan positif anak.

Dengan ini anak akan mendapatkan dukungan, motivasi dan kebanggaan karena keluarga ikut hadir melihat penampilannya. Ibu juga jadi tahu seberapa besar bakat anak terhadap bidang tertentu, jadi bisa mempersiapkan dukungan untuk langkah selanjutnya.

6. Ajak Anak Mengikuti Kegiatan Ibu

via galih.id
via galih.id

Ibu memang punya kegiatan profesional sendiri bersama rekan kerja atau suasana kerja di luar sana. Tapi tentu saja ada momen tertentu yang tidak terlalu formal dan memungkinkan untuk mengajak anak melihat kegiatan ibu. Anak jadi tahu seperti apa pekerjaan ibu dan orang-orang di sekitarnya. Ibu bisa mengenalkan bagaimana ibu bekerja, teman-teman kerja, dan juga kantor tempat bekerja.

Dengan ini, anak tidak akan merasa bahwa ibu bekerja untuk dirinya sendiri. Anak terlibat dalam karir ibu di luar rumah dan tahu bagaimana harus menyikapi keadaan tersebut.

7. Terlibat Langsung Saat Memenuhi Kebutuhan Anak

via voanews.com
via voanews.com

Memiliki karier sendiri bukan berarti ibu bisa lepas tangan terhadap segala kebutuhan anak. Meskipun misalnya punya pembantu rumah tangga di rumah, ibu tetap punya kewajiban untuk mempersiapkan semua kebutuhan anak sesuai dengan kapasitasnya. Tidak langsung memberikan kepercayaan kepada orang lain karena merasa terlalu sibuk dengan pekerjaannya sendiri.

Memberikan perhatian terhadap kebutuhan anak di rumah bisa membuat anak merasa bahwa bekerja tidak membuat ibu menjauh dan tak peduli dengan anaknya. Siapkan baju untuk keperluannya, memahami apa yang dia butuhkan untuk menunjang segala aktivitasnya akan membuat anak lebih percaya diri dalam perkembangannya.

Sesibuk apapun ibu yang bekerja di luar rumah, tetap ada solusi untuk bisa berada di samping anak. Jangan sampai karier memberikan jurang antara ibu dan sang buah hati. Memberikan jaminan finansial memang baik, tapi jika tak didukung dengan komunikasi yang baik tentu tak ada gunanya fasilitas mewah yang diberikan untuk sang anak. Walaupun sederhana, segelas susu Milo pun bisa jadi minuman luar biasa yang di dapatkan anak jika dibuatkan langsung dari tangan ibu.

Komentar:

Komentar