Di rumah aja sampai jangka waktu yang lama, tentu bikin bosan, ya. Apalagi kalau rebahan full seharian. Rasanya mau ngapa-ngapain jadi kurang bersemangat. Padahal masih banyak segudang aktivitas yang harus diselesaikan meski serba jarak jauh dan serba online. 

Sekarang, kamu gak perlu khawatir lagi. Menjawab kebutuhan serba remote dan cepat saat ini, Samsung menghadirkan duet gadget Samsung Galaxy S20 Plus dan Samsung Galaxy S20 Ultra. Kita telusuri satu-satu yuk masih-masing fiturnya yang canggih dan mentereng. Cari tahu apa kebutuhan kamu, kita pilihkan yang cocok untukmu, ya.

Kamera

via samsung.com/id

Kalau dulu kamera untuk selfie saja, fitur kamera masa kini memiliki fungsi lebih untuk menunjang pekerjaan. Ditambah lagi era digital yang menonjolkan aspek visual sebagai kekuatan utama. Kalau kamu saat ini tertarik berkarya dengan membuat konten, tentu gadget mumpuni dengan hasil visual yang baik akan meningkatkan engagement bagi audiens kamu.

Samsung Galaxy S20+ tampil perkasa dengan tiga kamera sekaligus. Kamera utama 12 MP (f/1.8), kamera ultrawide 12 MP (f/2.2), dan kamera telephoto 64 MP (f/2.0) yang membuat hasil gambar semakin menawan.

Untuk kamera depannya gimana? Tenang aja, kamera depan Samsung Galaxy S20+ dibekali dengan kamera depan 10 MP yang membuatmu tetap nyaman untuk bervideo call ria.

Kabar baiknya, kamera ultrawide yang disematkan pada Samsung Galaxy S20+ ini akan sangat membantumu dikala traveling. Kamera ultrawide dapat menangkap objek foto dalam jumlah yang banyak dalam sekali jepret, hingga menangkap objek pemandangan alam yang biasanya berkualitas baik saat diambil dengan posisi horizontal. Jadinya, bisa muat banyak objek dalam satu frame, jadi gak perlu teriak-teriak ‘Eh, geseran dikit dong gak muat, nih’ saat foto rame-rame.

Kalau untuk kamera telephoto, kita bisa mendapatkan gambar detail dengan kualitas keren meski diambil jarak jauh. Kalau diperbesar, gak akan dibikin drama dengan fokusnya yang mumpuni.

Bermodal kamera telephoto 64 MP (f/2.0) ini, bahkan kita bisa zoom sampai 30 kali. Cocok banget untuk memotret hal-hal detail dari jarak jauh. Seperti detail dari pemandangan, catatan penting di kelas, atau memotret bahan presentasi saat meeting kerja.

Bonusnya, ada depth sensor yang akan memberikan efek kedalaman atau efek bokeh yang membuatmu serasa fotografer profesional. Jadi, objek utama yang kita tentukan akan memiliki fokus yang lebih tajam. Selebihnya, bagian lain akan tampak seperti background yang blur atau samar-samar.

via samsung.com/id

Lalu, gimana dengan kecanggihan pendatang baru generasi S20, Samsung Galaxy S20 Ultra? Di awal kemunculannya Samsung Galaxy S20 sudah menarik perhatian para gadget enthusiast. Betul-betul totalitas sesuai namanya, Samsung Galaxy S20 Ultra memimpin sektor videografi dan fotografi dengan kameranya.

Samsung Galaxy S20 Ultra berangkat dengan quad camera atau empat kamera belakang dengan kamera utama 108 MP (f/1.8), kamera ultrawide 12 MP (f/2.2), kamera telephoto 48 MP (f/3.5) dan kamera depth vision. 

Yang ditunggu-tunggu, gimana ya performa kamera utama 108 MP -nya? Selain ketajaman gambar yang dihasilkan, kemampuan zoom-nya hingga sampai 100 x atau yang dikenal dengan space zoom membuat smartphone ini bener-bener jadi smartphone idaman.

Samsung Galaxy S20 Ultra memakai lensa periskop pada kameranya yang mengadopsi prinsip lensa periskop pada kapal selam sehingga memperoleh perbesaran hingga 100 kali.

Sementara, untuk kamera depannya Samsung Galaxy S20 Ultra gak main-main, nih. Langsung gas dengan kamera depan beresolusi 40 MP. Bakalan semakin seru dan percaya diri kalau live bareng temen-temen.

Prosesor & RAM

Baik Samsung Galaxy S20+ dan Samsung Galaxy S20 Ultra, keduanya sama – sama dibekali dengan prosesor CPU Speed 2.73 GHz, 2.5 GHz, dan 2 GHz dengan CPU Type Octa Core. Bakalan lancar jaya buat dipakai bermulti tasking ria, bahkan tangguh untuk dibuat gaming. 

Sementara untuk memori penyimpanan RAM 8 GB, ROM 128 GB, dan memori eksternal up to 1 TB. Tentunya baik Samsung Galaxy S20+ dan Samsung Galaxy S20 Ultra memiliki kapasitas RAM dan memori eksternal yang pas untuk menyimpan foto, video, data-data, hingga dokumen-dokumen untuk pekerjaan.

Layar

Untuk urusan hasil gambar video dan bagaimana tingkat kejernihannya, gak perlu khawatir lagi, deh. Dilengkapi dengan resolusi 3200 x 1440 (Quad HD+) dan teknologi Dynamic AMOLED 2x, dijamin acara nonton atau streaming film kamu memuaskan dan gak mengecewakan. Warna yang dihasilkan pun jernih hampir mirip banget mendekati warna asli gambar. Rasakan indera penglihatan kita dimanjakan dengan warna-warna yang cantik dan menarik.

Ukuran

via samsung.com/id

Ngomongin soal ukuran, Samsung Galaxy S20 Ultra lebih berat dan lebih lebar dibandingkan pendahulunya, Samsung Galaxy S20 Plus dengan dimensi 166.9 x 76.0 x 8.8 mm, berat 220 gram. Sementara Samsung Galaxy 20+ memiliki berat lebih ringan dengan ukuran layar yang lebih kecil dengan dimensi 161.9 x 73.7 x 7.8 mm dengan berat 186 gram.

Ketahanan Baterai  

via samsung.com/id

Sekarang, gimana dengan daya tahan baterainya? Apalagi di saat seperti ini harus on terus 24 jam. Kalau Samsung Galaxy S20 Plus dibekali dengan daya tahan baterai 4500 mAh, sementara Samsung Galaxy S20 Ultra dibekali daya tahan baterai 5000 mAh. Mau hemat waktu dengan pengisian baterai lebih cepat atau fast charging, hanya membutuhkan waktu 70-75 menit saja.

Warna

Selain spesifikasinya, warna menjadi pilihan unik konsumen dalam memilih smartphone, loh. Untuk Samsung Galaxy S20 Ultra tersedia warna cosmic black dan cosmic gray. Sementara Samsung Galaxy S20+ punya koleksi warna cloud blue, cosmic black, dan cosmic gray. Semua warnanya elegan membuat tampilan smartphone menjadi semakin mewah dan berkelas.  

Harga

Beli Samsung Galaxy S20 Plus dengan harga Rp. 14 juta, atau Beli Samsung Galaxy S20 Ultra dengan harga Rp. 18 juta.

Mau dipakai buat kerja, belajar, nonton film, gamingediting, fotografi, dan sinematografi oke banget. Paket lengkap, deh. Jadi, kamu mau pilih Samsung Galaxy S20+ atau Samsung Galaxy S20 Ultra, nih?