Makanan Lezat Khas 7 Daerah di Indonesia Ini Cocok Kamu Sajikan Saat Malam Tahun Baru. Mau Coba?


Di Indonesia pergantian malam tahun baru dirayakan dengan berbagai cara, dari mulai menyalakan kembang api, menonton konser musik, hingga berkumpul dengan keluarga besar sambil menyantap makanan khas tahun baru. Yap! Makanan adalah sesuatu yang gak boleh ketinggalan untuk memeriahkan suasana. Setuju?

Pada malam tahun baru biasanya jenis makanan yang disajikan adalah jenis olahan bakar-bakaran. Di Indonesia sendiri kita biasa membakar ayam, daging, atau mungkin dengan jagung. Tapi sepertinya tahun baru kali ini ada hal baru yang patut dicoba deh! Jangan biarkan malam tahun baru terasa monoton suasananya dari tahun ke tahun. Karena di Indonesia ada begitu banyak jenis makanan dari berbagai daerah yang cocok disajikan saat malam tahun baru lho, dan sepertinya akan pas untuk menjadi santapan keluarga besar! Mau tahu makanan daerah apa saja? Berikut daftarnya :

1. Ayam Taliwang – Nusa Tenggara Barat

bango-1

Jika makanan favorit keluarga kamu tiap malam tahun baru adalah ayam, maka ayam taliwang dari Nusa Tenggara Barat ini wajib dicoba. Daging ayam nantinya dibakar dengan bawang putih, bawang merah, cabai merah kering, tomat, terasi goreng, kencur, gula merah dan garam. Cara pembuatannya pun mudah, kamu bisa melihatnya di sini. Ayam taliwang akan semakin mantap bila ditemani dengan plecing kangkung, sambal beberuk, cabe rawit khas lombok yang super pedas, irisan tomat, dan juga terong. Malam tahun baru akan semakin meriah sekaligus menantang, bukan?

2. Sate Ambal – Jawa Tengah

bango-2

Mungkin makan sate adalah sesuatu yang biasa. Namun yang membedakan sate ini dengan sate-sate lain adalah bumbunya. Bumbu sate Ambal agak lebih encer dan berwarna kuning tua, yang membuatnya terasa makin spesial adalah bumbu tersebut dibuat dari tempe yang dihancurkan sampai halus. Dan mengenai rasa tidak perlu ditanya lagi, sensasi aroma harum rempah dan rasa manis-gurih-pedas bisa kamu nikmati secara bersamaan. Mau tahu lebih lanjut resep dan cara pengolahannya? Selengkapnya mengenai Sate Ambal bisa kamu intip di sini.

3. Gurame Bakar – Jawa Barat

bango-3

Olahan gurame emang gak pernah salah! Dan umumnya, olahan bakarlah yang menjadi salah satu hidangan yang populer. Kelebihan dari ikan gurame adalah rasanya yang gurih dan tidak memiliki duri halus sehingga lebih mudah disantap. Pengolahan ikan gurame ini juga tidak begitu sulit. Coba bayangkan melihat kembang api sambil menyantap ikan gurame bakar bersama keluarga. Wah, pasti akan jadi sesuatu yang sangat seru ya!

4. Sate Buntel – Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali

bango-4

Sate yang satu ini umumnya berbahan utama daging dan kemudian dibungkus dengan lemak kambing, setelah itu dibakar dengan beragam bahan. Dan bumbu utama dari sate buntel adalah merica dan kecap. Sehingga kecap memegang peranan besar dalam makanan ini, sebagai pilihan yang tepat kamu bisa menggunakan Kecap Bango. Jadi jika kamu penyuka rasa manis dan daging kambing, sate buntel gak boleh terlewat!

5. Ayam Bekakak – Jawa Barat

bango-5

Lagi-lagi untuk kamu pecinta daging ayam! Ayam bekakak khas Jawa Barat ini patut kamu santap dengan keluarga besar saat malam tahun baru,  bumbu tradisional yang terdapat dalam makanan ini mampu membuat rasa gurih dan lezat meresap hingga ke dalam daging, sehingga rasa pedas dan manis juga ikut ke dalamnya. Resep dan cara pembuatannya bisa kamu cari tahu di sini.

6. Sate Kambing Bumbu Santan – Kalimantan Selatan

bango-6

Sate kambing bumbu santan ini adalah khas Kalimantan Selatan atau lebih tepatnya dari Banjarmasin. Yang membuat sate kambing ini begitu berbeda karena sate ini diolah menggunakan santan dan kelapa sangrai. Tentunya, kedua bahan tersebut membuat makanan ini semakin sedap! Coba cek ini untuk info selebihnya.

7. Sate Klatak – Daerah Istimewa Yogyakarta

bango-7

Yap! Makanan istimewa dari daerah yang juga istimewa. Sate klatak disajikan menggunakan ruji, sehingga saat pembakarannya daging sate ini bisa mencapai tingkat kematangan yang sempurna.  Bumbu dalam proses pembuatan makanan ini pun cukup sederhana, di mana yang paling utama adalah garam dan bawang putih, serta pemanis untuk rasa lezat yang maksimal. Untuk mendukung kelezatan, bahan pemanis yang bisa kamu gunakan adalah Kecap Bango.

Kecap Bango adalah kecap dengan bahan berkualitas tinggi, enggak heran jika Kecap Bango mampu membuat makanan menjadi tambah lezat. Jadi jika kamu ingin membuat beberapa hidangan di atas untuk memeriahkan malam tahun baru, jangan lupa sertakan Kecap Bango di dalamnya, karena Kecap Bango adalah kecap terbaik untuk makanan Indonesia. Tambahkan kelezatan dalam hidanganmu dengan Kecap Bango! 😉

0 Shares

Komentar:

Komentar