:

Liburan ke negara lain memang butuh persiapan ekstra, setuju gak? Apalagi bagi orang yang pertama kali berlibur ke negara yang dituju. Banyak hal-hal yang harus disiapkan dengan matang supaya liburan kamu lebih asik nantinya. Jangan sampai budget kamu habis di tengah jalan, atau waktu kamu banyak yang kebuang sia-sia gegara kebingungan nentuin tipe liburan seperti apa yang kamu butuhkan.

Dan yang namanya liburan, pasti gak jauh deh dari dua pilihan ini: wisata kota, dan wisata alam atau pedesaan. Dua tipe rekreasi ini sama-sama seru kok, dan pastinya punya sensasi yang berbeda.

Tapi buat kamu yang pengen ngerasain sensasi wisata kota dan pedesaan sekaligus, tentunya kamu mesti nyiapin biaya yang lebih gede, dan jadi membutuhkan waktu liburan yang lebih lama. Soalnya butuh perjalanan yang lumayan juga buat keluar dari hiruk-pikuk kota menuju alam pedesaan yang sunyi, iya kan?

Eits tapi tunggu dulu, ternyata masalah tersebut gak bakal kamu alami kalau kamu datang ke 5 tempat menakjubkan berikut ini. Percaya deh, 5 tempat ini cocok banget buat yang punya waktu liburan singkat tapi planning-nya banyak.

Di tengah kehidupan urbannya, 5 tempat berikut menyimpan sensasi menenangkan a la pedesaan. Penasaran? Yuk langsung aja kita cek.

1. Cape Town, Afrika Selatan

via sharkcagediving.co.za & expedia.com

Kalau kamu datang ke kota ini, mata kamu bakal dimanjakan dengan lingkungan alamnya yang masih terpelihara. Pegunungan dan lautan samudra Atlantik yang mengelilingi kota Cape Town membuat tempat ini begitu menarik untuk dikunjungi wisatawan.

Selain Pulau Robben yang dinobatkan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan alam yang dijaga kelestariannya, Cape Town juga punya cagar alam Cape of Good Hope. Di tempat ini, kamu bisa melihat hewan-hewan khas Afrika seperti zebra, kura-kura, antelop, babon, dan pinguin Afrika. Pemandangannya juga keren, lho, soalnya di sini terdapat taman dengan berbagai macam jenis bunga. Penggemar flora dan fauna cocok banget dateng ke Cape of Good Hope, nih.

2. Osaka, Jepang

via justgola.com & airfrance.es

Sebagai kota terbesar kedua di Jepang, Osaka tentunya jadi kota yang ramai dan punya aktivitas yang padat. Tapi tenang aja, kalau kamu berlibur ke kota ini, banyak tempat-tempat menarik yang bisa kamu temuin, kok. Contohnya Istana Osaka, taman hiburan Universal Studios Jepang, Akuarium Kaiyukan, dan area perbelanjaan Dotonbori. Kamu juga bisa bikin liburan Osaka kamu lebih lengkap dengan berkunjung ke taman Keitaku-in di sebelah Selatan Osaka dan merasakan sensasi alam pedesaan yang kental di sana.

3. Manila, Filipina

Kalau kamu nggak mau pergi terlalu jauh tapi ingin tetap pergi ke luar negeri, kamu bisa tengok negara tetangga kita yaitu Filipina. Negara ini merupakan negara kepulauan tropis yang terdiri lebih dari 7000 pulau-pulau kecil. Dan, kamu tahu nggak, ternyata negara yang satu ini punya banyak keindahan yang tersembunyi, lho! Mungkin kalau memikirkan kepulauan tropis pasti yang dibayangkan adalah banyaknya wisatawan mancanegara yang berkunjung untuk menikmati keindahan lanskap, dan pantai-pantainya yang eksotis. Tapi, ternyata, selain wisata alamnya yang indah, kota-kotanya juga nggak kalah menarik, kok! Contoh yang paling oke adalah ibukotanya, yaitu Manila.

San Agustin Church via thousandwonders.net

 

Di Manila, kamu bisa menemukan banyak tempat wisata dengan berbagai tema menarik dan arsitektur kelas dunia seperti Intramuros, tempat bersejarah bersejarah peninggalan jajahan Spanyol. Di Intramuros kamu bisa melihat Fort Santiago yang merupakan benteng yang di dalamnya ada taman, air mancur, dan ruang-ruang yang dulu pernah digunakan oleh tentara Spanyol dan Amerika. Selain Fort Santiago kamu juga bisa melihat gereja San Agustin yang satu-satunya bangunan asli yang tidak hancur setelah Battle of Manila ketika Perang Dunnia ke-2. Kamu bisa melihat dari foto di atas betapa indahnya desain arsitektur kolonial dalam bentuk aslinya di gereja San Agustin ini. Jadi, selain kamu bisa rekreasi, kamu juga bisa tahu sejarah unik kota yang satu ini dan kamu juga bisa menikmati keindahan arsitektur bangunan kolonial dan merasa seperti menjelajahi waktu! Asik, kan?

Selain bangunan bersejarah, di Manila, kamu juga bisa menikmati berbagai macam museum kelas dunia. Mulai dari galeri seni kece hingga museum purbakala, semua ada di sini.

Ayala Museum via Megacitizens.com

Bagi pecinta seni, kamu bisa mengunjungi Metropolitan Museum of Manila. Di sini, kamu bisa melihat banyak pameran seni rupa kontemporer yang memukau. Tentunya, jika kamu perlu inspirasi, kamu dijamin bakal terilhami jika mengunjungi tempat yang satu ini! Dan jika kamu ingin mengenal Filipina lebih jauh tapi dengan cara yang tidak biasa, kamu bisa mengunjungi Ayala Museum. Tempat yang mewadahai Filipinas heritage Library ini, memberikan exhibition seni yang menunjukan seni kontemporer pascakolonial dan juga rumah dari artefak-artefak peninggalan sejarah Filipina. Pasti penasaran seperti apa, kan?

Kalau kamu ingin mengajak sanak saudara atau keluarga, tempat yang paling cocok untuk dikunjungi dan dieksplorasi bersama beramai-ramai adalah The Mind Museum. Ada banyak variasi exhibition yang bisa kamu lihat di museum ini, mulai dari display purbakala, ruang tata surya, hingga display yang mengeksplorasi samudera, semua ada. Selain The Mind Museum, Manila Ocean Park juga jadi tujuan wisata di Manila yang wajib banget dikunjungi. Manila Ocean Park menyuguhkan “petualangan” bawah air dengan teknologi canggih, di mana wisatawan bisa langsung melihat binatang-binatang laut yang beraneka ragam. Pasti ingin tahu gimana melihat ikan hiu dari dekat, kan?

Setelah “menyelami” Manila Ocean Park, kamu juga bisa mengunjungi Mall of Asia yang merupakan mall terbesar di Asia. Kalau kamu punya budget yang lebih kamu bisa belanja dulu, atau sekadar jalan-jalan mengeksplorasi kemegahan arsitekturnya.

Bagi pecinta seni, kamu bisa mengunjungi Metropolitan Museum of Manila. Di sini amu bisa melihat banyak pameran seni rupa kontemporer yang memukau. Tentunya, jika kamu perlu inspirasi, kamu dijamin bakal terilhami jika mengunjungi tempat yang satu ini!

Mall of Asia Manila via thousandwonders.net

Tapi kalau kamu ingin berhenti sejenak dari hiruk pikuk kota, kamu tidak usah khawatir! Kenapa? Ternyata dari Manila jarak ke pegunungan serta pulau-pulau yang keren yang bisa menyediakan suasana tentram itu tidak jauh, kok! Cukup perjalanan semalam hingga sehari saja, kamu bisa menemukan indahnya pemandangan berbagai gunung merapi di Mt Pinatubo yang memiliki danau unik di dalamnya, Taal Volcano yang terletak di kota kuliner Tagaytay, atau Mt Banahaw yang terkenal sebagai tempat camping.

Masih kurang? Tenang.. masih banyak banget tempat wisata alam yang terkenal banget keindahannya di Filipina seperti pantai putih Boracay, Puerto Princesa Subterranean River National Park yang terkenal dengan sungai dan gua yang memukau, hingga pulau Siargao yang enak buat surfing atau diving melihat ubur-ubur. Kalau udah ke Manila, mending sekalian aja menjelajahi berbagai pulau seru lainnya di Filipina.

Pasti kamu udah nggak sabar pingin mengunjungi kota yang unik ini, kan? Kurang apa lagi coba? Selain bisa liburan ke kota yang keren ternyata kamu juga sekaligus bisa mampir ke wisata alam yang indah! Kalau kamu tertarik, ada berita bagus, nih..

Buat kamu yang berminat liburan ke Filipina, kini kamu bisa liburan ke Manila dengan mudah bersama Air Asia karena Air Asia menyediakan rute baru Jakarta-Manila. Jadi jangan sungkan deh kalau mau liburan ke Filipina. Dengan Air Asia dijamin perjalanan kamu nyaman dan mengasyikkan. Cekidot di sini atau link yang mobile friendly ini untuk info penerbangan dan promo menariknnya!

4. Vancouver, Kanada

via engelvoelkers.com & vancitybus.com

Vancouver memang dikenal sebagai kota pelabuhan dengan pemandangan alam yang sangat memesona. Hanya butuh perjalanan singkat dari pusat kota menuju lembah-lembah, pantai, danau, dan pegunungan di sekitarnya. Sekalinya kamu sampai di batas pusat kota, mata kamu langsung disajikan hamparan danau dan pegunungan hijau yang gak habis sejauh mata memandang. Tempat wisata alam yang bisa kamu kunjungi di Vancouver diantaranya yaitu gunung Grouse, gunung Judge Howay, gunung Garibaldi, dan Taman Nasional Pinecone Burke. Sedangkan di pusat kota, juga banyak tempat yang asik seperti Science World, Stanley Park, Akuarium Vancouver, dan Kebun Raya VanDusen.

5. Bali, Indonesia

via forocoches.com & balikidsguide.com

Apa di antara kamu ada yang pernah liburan ke Bali? Kalau iya, pastinya kamu setuju dong kalau Bali masuk di daftar ini? Hehe.

Udah gak diragukan lagi deh, Bali memang surganya para wisatawan yang pengen nikmatin wisata alam dan wisata urban sekaligus. Bali sendiri punya banyak tempat menarik yang gak habis buat dijelajahi dalam 1 atau 2 hari aja. Setibanya di Denpasar, kamu bisa langsung mengunjungi tempat-tempat rekreasi terdekat seperti Museum dan Kebun Binatang Bali, berbagai pusat perbelanjaan dan pantai seru seperti Kuta dan Seminyak, hingga pura Uluwatu bagi wisatawan yang tertarik untuk mengenal lebih jauh tradisi Bali lewat pertunjukkan tari Kecak yang memukau.

Nah, buat kamu yang lagi liburan di Bali dan ingin nerusin liburan kamu, Air Asia juga menyediakan rute baru Denpasar-Manila, nih. Lanjut liburan gak, nih? Lanjut dong..

 

 

Itu dia tempat liburan yang asik buat ngerasain suasana kota dan alam bersamaan. Seru banget, kan? Buat kamu yang tertarik ingin liburan ke tempat-tempat seru di atas, jadikan Air Asia sebagai pilihan utama kamu berpetualang ke luar negeri. Ada banyak rute menarik yang bisa kamu coba, salah satunya adalah rute baru Jakarta-Manila dan Denpasar-Manila untuk kamu yang mau berkunjung ke Filipina. Yuk cek di sini dan temukan berbagai promo menariknya. Let’s travel and discover new things!