Lakukan 7 Hal Ini Saat Kamu Ingin Fokus Kerja 100% Tapi Mood Lagi Males Banget


:

Tantangan menjadi pekerja kreatif selain buntunya kran kreativitas, kejaran deadline yang tidak kenal ampun, dan waktu pengerjaan yang singkat, yaitu lagi nggak mood. Sepele sih kelihatannya, tapi dampak yang ditimbulkan fatal banget. Kalau dibiarkan berlama-lama, nanti malah kerjaan nggak selesai, tapi juga nggak bisa hilang begitu aja sih.

Terus gimana cara mengatasinya? Coba deh 7 cara ini.

1. Minum sesuatu

via returnofkings.com

Take a break, bro! Kalau emang lagi nggak mood, coba pergilah ke dapur dan buatlah secangkir kopi, atau minuman lainnya kalau kamu nggak begitu demen kopi, baru balik lagi ke mejamu. Terserah mau langsung kamu habiskan minumanmu di dapur atau kamu bawa balik ke mejamu. Rehat sejenak dengan meminum minuman favoritmu dapat menaikkan mood lho! Dan lagi dengan rutin minum, kamu dapat terhindar dari dehidrasi.

2. Tidur

via telegraph.co.uk

Udah nggak usah dipaksa! Mood yang buruk biasanya terjadi karena kamu lagi banyak pikiran atau karena lagi sebal dengan suatu hal. Nah, untuk menghilangkannya, kamu bisa mencoba power nap selama beberapa menit. Nggak perlu lama-lama, yang ada nanti malah ketahuan bos dan malah kena semprot deh. Habis bangun tidur dijamin bisa bikin fresh dan siap melanjutkan kerjaan yang tadi tertunda.

3. Breakdown to-do-list menjadi lebih simple

via pexels.com

Hal yang biasanya bikin malas dan gagal fokus padahal belum mulai kerja itu biasanya kita melihat to-do-list yang terlalu ribet dan bikin puyeng. Padahal dikerjakan aja belum lho. Tapi kita udah berpikir “Ah, ini bakal lama ngerjainnya” atau “Ah, ini mah susah”.

Untuk meminimalisir pola pikir seperti itu, coba breakdown to-do-list tersebut dan sederhanakan sehingga terlihat lebih simple sehingga tidak membuat kita malas duluan.

 

4. Gunakan Pagi Hari Semaksimal Mungkin

via pexels.com

Pagi hari itu jika digunakan waktunya dengan baik tentu akan membuat harimu jauh lebih produktif dan menyenangkan, lho. Mulai harimu dengan memfokuskan diri ke hal-hal yang membuat mood kamu lebih baik seperti sarapan, minum secangkir minuman hangat berkafein, meditasi, atau olah raga ringan seperti jalan saat matahari terbit atau lari pagi. Kalau kamu memulai harimu dengan hal yang baik tentunya mood kamu akan jauh lebih baik sampai jam kerjamu selesai.

5. Download aplikasi produktivitas

via communityjournal.net

Banyak banget aplikasi produktivitas yang bisa kamu download, ada aplikasi yang bertujuan untuk memblokir media sosial, memutar musik atau suara yang bisa bikin konsentrasi, atau timer yang mengatur kapan harus kerja dan kapan harus istirahat. Untuk contoh aplikasinya kamu bisa coba ekstensi browser di Google Chrome seperti yang ada di artikel ini.

6. Jalan-jalan keluar di sekitar rumah/kantor

via pexels.com

Kalau jalan ke cafe jauh, jalan ke dapur bosan, terus lagi nggak pengen tidur, kalau gitu coba aja jalan-jalan sebentar keluar rumah atau kantor. Jalan aja, muter-muterin daerah sekitar rumah atau kantormu tanpa tujuan pasti. Ngobrol sejenak sama tetangga atau mamang-mamang jualan juga bisa tuh membantu menyegarkan pikiranmu yang lagi suntuk. Tapi inget, jalannya jangan lama-lama. Nanti malah kebablasan dan kerjaanmu malah tambah nggak selesai deh.

7. Mencoba coworking space

Hmm, emang apa bedanya cafe sama coworking space? Banyak! Kalau kamu mencari tempat untuk fokus mengerjakan tugas atau bahkan memulai start-up, kamu bisa banget menggunakan coworking space. Biasanya coworking space itu suasananya lebih cozy dan tenang daripada cafe yang sering memutar lagu dengan keras yang justru bikin kamu nggak fokus saat mengerjakan sesuatu.

Dari segi fasilitas, coworking space itu lebih mantap djiwa kalau dibuat untuk mengerjakan proyek-proyek kerja, jika kamu sudah mempunyai start-up, atau sedang memulai start-up. Misalnya nih, di CO&CO Workshare yaitu salah satu coworking space yang berada di Jalan Cipaganti 138 di kota Bandung ini kamu bisa menemukan Idea Room, Meeting Room, serta Public Space yang bisa mendukung kegiatan kerja kamu. Contohnya, di Idea Room kamu bisa bersantai dan melepaskan penat sehingga memudahkan untuk memunculkan ide baru. Selain itu, setiap meja kerja disediakan colokan sendiri yang tentunya menambah kenyamanan kerja kamu dan jika kamu perlu makan tersedia kantin dan vending machine. Pokoknya, CO&CO Workshare itu memastikan suasana kerja kamu itu kondusif, deh!

 

Selain itu, di coworking space kamu bisa menemukan banyak orang kreatif dari berbagai latar belakang yang betul-betul ingin kerja dengan serius. Jadi disini kamu bisa sekalian kenalan dan membangun koneksi dengan mereka. Di coworking space kamu bisa sharing pengalaman, bertukar pikiran sehingga ada inspirasi atau motivasi baru, dan siapa tahu nantinya bisa kolaborasi bersama. Kamu bisa baca nih salah satu pengalaman bekerja di fasilitas yang disediakan CO&CO Workshare disini.

Jika kamu ada pertanyaan lebih lanjut tinggal mampir ke pusat layanan CO&CO Workshare. Tentunya, host hub CO&CO Workshare akan memberi pilihan fasilitas yang cocok dengan keperluan kamu.

Nah, dengan adanya fasilitas yang disediakan oleh coworking space, diharapkan produktivitas para pekerja kreatif akan meningkat dan ucapkan selamat tinggal pada rasa malas dan bad mood!

Itu dia 7 hal yang bisa kamu lakukan saat ingin fokus tapi malah nggak bersemangat. Semoga setelah melakukan 7 hal diatas kamu bisa kembali fokus ya. Selamat bekerja!

Komentar:

Komentar