Sejak ada pandemi Covid-19, hashtag #DiRumahAja diramaikan di mana-mana buat mengajak orang untuk tetap diam di rumah dan melakukan banyak kegiatan cukup dari rumah aja. Termasuk sekolah, kuliah, hingga bekerja. Untuk itu, gadget yang mumpuni penting banget untuk bisa menjalankan berbagai kegiatan dengan mudah. Apalagi, rasa jenuh gampang banget datang ketika cuma diam-diam aja di rumah. Makanya, gadget yang punya fitur canggih dan gak ngebosenin layak buat jadi pilihan untuk menemani kamu.

Eits, gak perlu bingung gadget apa yang memenuhi persyaratan di atas. Samsung baru aja mengeluarkan produk terbarunya, Samsung Galaxy S20 Plus yang fitur-fiturnya bisa banget buat menunjang berbagai kegiatan kamu dan bantu kamu buat mengatasi rasa bosan. Tapi, apa aja perbedaannya dengan pendahulunya Samsung Galaxy Note 10 Plus? Yuk kita cari tahu.

Tampilan

Via YouTube/Xeetechcare

Cinematic display is on ur hand! Kira-kira begitu untuk menggambarkan Samsung Galaxy S20 Plus dan Samsung Galaxy Note10 Plus. Kedua smartphone ini sama-sama punya tampilan  HDR10+ dengan infinity-O di tengahnya, jadi gak mengganggu tampilan dan layar bisa terlihat lebih immersive. Jika dilihat secara fisik, ukuran screen Samsung Galaxy S20+ adalah 6.7 inch, lebih kecil dibandingkan Samsung Galaxy Note10 yang punya ukuran layar 6.8 inch. Tapi secara aspek rasio, Galaxy S20+ punya spesifikasi lebih tinggi dengan rasio 3200 × 1440 pixels l, sedangkan rasio Galaxy Note 10+ adalah 3040 × 1440 pixels. Tipe layar Samsung Galaxy S20+ sudah Dynamic AMOLED 2x, dan Samsung Galaxy Note 10+ punya tipe layar Dynamic AMOLED. Bayangin nonton film atau video dari salah satu smartphone ini? Bakal jadi nyaman banget sepanjang nonton.

Kamu juga gak perlu khawatir karena kedua smartphone ini sama-sama diproteksi dengan Corning Gorilla Glass 6. Selain itu, Samsung Galaxy S20+ mendukung kecepatan refresh hingga 120 Hz. Ini bakal memungkinkan layar buat me-refresh konten dengan lebih dinamis, jadi saat rendering animasi dan pengguliran aplikasi bakal terasa halus banget. Sementara Samsung Galaxy Note 10+ masih memiliki kecepatan refresh 60 Hz, tapi tenang aja karena smartphone ini juga punya kualitas gambar yang luar biasa.

Kinerja

(Samsung Galaxy Note 10+ dan Samsung Galaxy S20+) / via Toms Guide dan Tech Radar

Salah satu hal menarik kalau membahas smartphone flagship adalah membahas isi dalamnya yang gak tanggung-tanggung dan menggiurkan banget buat dimiliki.

Samsung Galaxy S20+ membawa dapur pacu chipset Exynos 990 yang diperkuat dengan Qualcomm Snapdragon 865. Kombinasi prosesor yang superior buat mengolah AI yang sangat kuat dan kinerja mesin yang efisien. Jadi Samsung Galaxy S20+ bukan cuman memenuhi kebutuhan kamu secara komputasi aja, tapi juga memberikan pengalaman nge-game yang super mulus, seperti mempercepat proses loading game dan mengurangi potensi lag. Jika gadget seperti ini yang menemani kamu saat #DiRumahAja, semuanya bakal lancar tanpa lemot. Gak ada deh, drama gak bisa beresin kerjaan karena gadget gak mendukung.

Sedangkan Samsung Galaxy Note 10+ ditenagai oleh Exynos 9825 dengan Qualcomm Snapdragon 855. Sebenarnya ini juga sudah ciamik banget karena juga memiliki kinerja grafis yang kuat.

Untuk urusan operating systemSamsung Galaxy S20+ dibekali operating system Android 10, dan operating system Android 9 untuk Samsung Galaxy Note 10+. Dari segmen memori, kedua smartphone ini sama-sama memiliki RAM hingga 8GB. Yang mana Samsung Galaxy S20+ punya ROM 128GB, dan Samsung Galaxy Note 10+ RAM nya 256GB. Namun keduanya sama-sama bisa diperluas dengan memori eksternal hingga 1TB. Gimana? Gak kalah sama laptop nih! Jadi kamu gak perlu khawatir untuk simpan banyak foto atau dokumen. Karena dapat menyimpannya sekaligus dalam satu device.

Kamera

(Perbandingan kamera Samsung Galaxy Note 10+ vs Samsung Galaxy S20+) / via samsung.com

Jika harus dibandingkan dari segi kamera, Samsung Galaxy S20+ berada di atas angin. Smartphone ini memiliki kamera depan 10MP, lalu untuk kamera belakangnya 12MP ultra-wide camera, 12MP wide-angle camera, dan 64MP telephoto camera, ditambah dengan depth vision camera. Kualitas mumpuni dari kamera smartphone ini memungkinkan kamu untuk zoom 3x hybrid optic zoom hingga 30x super resolution. Jika kamu butuh hasil foto dengan gambar yang detail, smartphone ini akan membantu banget. Kerennya lagi, kualitas video yang dihasilkan adalah 8K, tentu ini meng-upgrade kualitas video 4K yang selama ini bisa dihasilkan smartphone. Kualitas 8K ini juga berarti 4x lebih besar dari UHD dan 16x dari FHD. Bakal mendukung banget jika selama #DiRumahAja kamu mau buat konten-konten video buat atasi kejenuhan. Konten social media kamu bakal terasa kece karena hasil video yang jernih.

Sedangkan Samsung Galaxy Note 10+ juga memiliki kamera depan 10 MP, untuk kamera utamanya smartphone ini memiliki  tiga sensor kamera, masing-masing adalah 12MP untuk lensa wide, 12MP untuk lensa telephoto, dan 16MP untuk lensa ultrawide.

Fitur Lainnya

(Perbandingan bentuk Samsung Galaxy Note 10+ vs Samsung Galaxy S20+) / via samsung.com

Dari segi kekuatan baterai, terdapat sedikit perbedaan antara kedua smartphone ini. Samsung Galaxy S20+ memiliki kapasitas hingga 4000 MAh, sedangkan Samsung Galaxy Note 10+ adalah 3500 MAh. Jika kamu suka smartphone yang baterainya tahan lama, mungkin ini akan jadi pertimbangan. Selain itu, Kedua perangkat sama-sama sudah mendukung teknologi NFC dan Fast Wireless Charging 2.0. Dan seperti Samsung Galaxy Note lainnya, Samsung Galaxy Note 10 Plus dibekali dengan SPen.

Sama-sama memiliki spesifikasi di atas rata-rata, kedua smartphone ini, baik itu Samsung Galaxy S20+ atau Samsung Galaxy10+ bisa memuaskan penggunanya. Semuanya tergantung pada kebutuhanmu. Jadi, antara kedua smartphone tersebut, mana yang paling kamu pengen buat menemani kamu selama #DiRumahAja?