Kalau Kamu Melakukan 4 Hal Ini, Kamu Akan Terhindar dari Bau Mulut Pada Saat Puasa, Lho!


:

Wah, nggak terasa ya bulan Ramadhan sudah berjalan beberapa hari. Untuk puasa tahun ini, masih pada jomblo apa udah berpasangan nih? Haha. BTW, selama kamu menjalani puasa pada bulan Ramadhan, pasti kamu mengalami satu masalah yang, yah bisa dibilang mengganggu juga sih, yaitu bau mulut, ya nggak?

hellosehat.com
via hellosehat.com

Buat sebagian orang mungkin masalah ini nggak cukup mengganggu, tapi bagi sebagian yang lain, masalah ini nggak bisa dianggap remeh. Apalagi buat mereka yang tiap hari harus berinteraksi dengan banyak orang atau sering berinteraksi dengan orang-orang penting.

Nah, supaya terhindar dari bau mulut pada saat puasa sebenarnya nggak susah-susah amat kok, kamu hanya perlu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Ada 4 hal nih yang bisa kamu lakukan secara rutin dan berkala dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut, antara lain

1. Gosok gigi setelah sahur dan sebelum tidur

depok.go.id
via depok.go.id

Kalau biasanya di luar bulan Ramadhan kamu menggosok gigi ketika mandi dan sebelum tidur, di bulan Ramadhan ini kamu bisa menggosok gigi setelah sahur dan sebelum tidur. Dengan menggosok gigi pada dua waktu tersebut, sisa makanan yang menempel di dalam mulut setelah sahur dan setelah berbuka dapat diminimalisir. Apalagi kalau kamu makan-makanan yang mempunyai bau yang tajam seperti durian, pete, jengkol, atau bawang,

Namun, gosok gigi aja nggak cukup, kamu juga harus memperhatikan sikat dan pasta gigi yang sesuai dengan keadaan mulutmu. Untuk pemilihan sikat gigi, sesuaikan dengan tingkat kekakuannya, apakah hard, medium, soft, atau extra soft. Karena apabila kamu memilih sikat gigi yang hard namun gusimu tidak cukup kuat, malah bisa bikin gusi berdarah karena terlalu keras dan kaku. Pilihlah yang senyaman mungkin dan sesuai dengan kondisi mulutmu.

Untuk pemilihan pasta gigi, kamu bisa menggunakan pasta gigi yang menggunakan bahan-bahan herbal, bukan bahan kimia, seperti Pepsodent Herbal nih contohnya. Pepsodent Herbal dibuat dari bahan-bahan yang ramah untuk mulut, antara lain ada garam, jeruk nipis, dan daun sirih. Nah, jeruk nipis inilah yang bisa membantumu mengatasi bau mulut karena selain memutihkan gigi dan mengikis noda kuning, jeruk nipis juga akan memberikan sensasi segar di mulut sehingga mulutmu akan terasa segar dan tidak bau.

2. Gunakan tongue cleaner, floss, dan mouthwash

feed.merdeka.com
via feed.merdeka.com

Selain gosok gigi, ada 3 hal lain yang bisa kamu lakukan dalam membantu menjaga kebersihan mulut dan gigi, yaitu menggunakan tongue cleaner (pembersih lidah), floss (benang gigi), dan mouthwash (obat kumur) secara rutin setelah sahur dan sebelum tidur. Tongue cleaner dapat digunakan untuk membersihkan dari kuman dan bakteri yang menempel di lidah, floss dapat kamu gunakan untuk membantu menghilangkan sisa makanan di sela-sela gigi, dan mouthwash sebagai jurus pamungkas untuk membunuh kuman dan bakteri yang ada di dalam mulut secara menyeluruh.

3. Menjaga asupan makanan selama sahur dan berbuka

via abiummi.com

Pada saat sahur, perhatikan makanan yang kamu makan. Perbanyaklah makan sayur dan buah pada saat sahur supaya nafas tetap segar. Selain itu, sayur dan buah dapat digunakan sebagai medium pembersih mulut dan gigi yang alami lho, terlebih buah dan sayur yang mengandung vitamin C. Vitamin C pada buah dan sayur dapat menjaga kesehatan gusi kamu. Hindari konsumsi vitamin C dari suplemen dan perbanyaklah konsumsi vitamin C dari sayur dan buah.

Selain itu, usahakan hindari makanan yang mengandung bahan berbau tajam seperti bawang putih, pete, jengkol, keju, atau durian. Nah, misal ada kasus nih, kamu nggak ada pilihan lain selain makan makanan yang berbau tajam seperti itu, lalu apa yang harus kamu lakukan? Coba berkumur-kumur dengan campuran air lemon dan sejumput garam. Campuran ini dapat membantu membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut.

4. Periksa ke dokter gigi

Netralnews.com
via netralnews.com

Kalau kamu sudah melakukan beberapa hal di atas namun masih mengalami bau mulut. Mungkin sudah saatnya kamu periksa ke dokter gigi deh. Mungkin ada sesuatu di mulut kamu yang perlu penanganan khusus oleh dokter gigi. Mumpung kamu sedang di dokter gigi, sekalian aja konsultasi mengenai pemilihan sikat gigi yang sesuai denganmu, kombinasi pemilihan makanan yang sesuai denganmu selama sahur dan berbuka, dan seberapa sering harus kontrol ke dokter untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi.

Nah, itu dia 4 hal yang bisa kamu lakukan supaya terbebas dari bau mulut selama puasa. Kamu sudah nggak perlu lagi menutup mulut pada saat berbicara dengan orang lain. Pede aja lagi!

Buat kamu yang ingin mendapatkan inspirasi dan tips-tips terkait aktivitas di bulan Ramadhan, seperti inspirasi gaya hijab, inspirasi resep sahur dan berbuka, atau inspirasi lainnya, coba klik ini deh untuk lebih lengkapnya.img he

Komentar:

Komentar