Jangan Habiskan Hidupmu Di Depan Monitor Terus, Coba Deh Lakukan 5 Hal Ini!


Pernah nggak kamu mengalami dorongan yang bikin kamu ingin kerja sampai titik akhir energi kamu? Sebetulnya, pola kerja seperti itu kurang baik, lho. Kamu nggak harus sampai memaksa diri sehingga membahayakan kondisi tubuh dan kondisi mental kamu sendiri. Pasti capek banget kalau tiap hari bergadang dan lembur di depan monitor, kan?

Bicara tentang kerja lembur, bergadang, dan over-working, kamu sudah tahu berita tentang gadis cantik asal Jepang yang bunuh diri karena depresi? Kejadian menyedihkan ini dikarenakan kerja lembur yang terus-menerus. Peristiwa yang menimpa Matsuri Takahashi ini jangan sampai terulang lagi deh. Pelajaran yang bisa diambil dari kisah tragis ini adalah, bahwa menjaga keseimbangan kerja dan kehidupan itu penting banget untuk kondisi fisik dan mental kamu.

Hal yang kamu harus kamu ingat, menjaga kesehatan bukan hanya untuk diri kamu sendiri, tapi juga untuk orang lain di sekitar kamu. Emang tujuanmu untuk hidup ini hanya untuk kerja saja? Nggak kan, ya?

Masih banyak kok hal yang bisa kamu lakukan selain menghabiskan waktumu untuk bekerja dan lembur. Emang apa aja? Nih dibaca dulu.

1. Do your hobbies!

futsal-765720_1280
Futsal via pixabay.com

Entah itu main futsal, baca komik, memasak, berkebun, jalan-jalan atau main instrumen musik, lakukanlah sebagai selingan ketika bekerja. Kalau bisa, kamu harus meluangkan waktu untuk melakukan hobimu tersebut supaya yang kamu pikirin bukan soal pekerjaan saja. Nggak ada salahnya kok membaca gimana kelanjutan perjuangan Luffy dalam mengalahkan Big Mom, hafalin kunci gitarnya “Heathens” dari Twenty One Pilots, atau mencoba resep brownies kukus rasa pisang keju dan lainnya. It’s worth a try, bro and sis!

2. Nongkrong bareng teman

pexels-photo-26135
Friends via pexels.com

Bosen ketemu rekan kerja dan atasan yang itu-itu aja? Kalo iya, langsung deh ajakin temen-temen kalian atau samperin mereka buat nongkrong bareng. Nggak harus ke tempat yang mahal sih, yang penting kan kalian bisa ketemu, ngobrolin apa aja, dan melakukan apa saja bareng teman kalian. Teman, terlebih lagi sahabat, memegang peran penting dalam membantu mental kalian supaya tetap stabil dan tidak stres. Setelah nongkrong dan puas curhat-curhatan, nantinya kalian bisa kembali segar.

3. Ikut komunitas

bike-trip-friends-cycling-163305
Naik Sepeda via pexels.com

Suka kucing? Suka ikut cosplay? Atau kamu suka naik sepeda? Mending gabung komunitas aja deh. Nanti di sana kamu bakal nemu orang-orang yang mempunyai hobi sejenis. Nanti kamu bisa saling berbagi tips dan pengalaman seputar topik yang kamu ikuti, kan? Dijamin bakal memberi pengalaman baru buat kamu yang sehari-hari cuma duduk sendiri di kantor mantengin kerjaan. Dan juga bisa buat ajang cari gebetan baru lho, lumayan kan, hehe.

4. Nyasarin diri

pexels-photo
Adventure vie pexels.com

Kalau kamu merasa tidak begitu mengenal kota tempat kamu tinggal saat ini, berarti ini saatnya kamu untuk menyesatkan diri, tapi bukan masuk aliran sesat lho. Kamu bisa jalan, naik kendaraan umum, atau naik kendaraan pribadi dan pergi ke tempat-tempat yang tidak pernah kamu singgahi sebelumnya. Entah itu ke mal, tempat kuliner, taman, tempat konser musik atau tempat wisata yang lain. Lumayan, suasana baru pasti bisa merubah mood dan menyegarkan pikiranmu.

Tapi kalau kamu perlu bener-bener istirahat total dan mengalami hal yang bener-bener istimewa kamu harus coba…

5. Travelling

Kalau kamu merasa nyasarin diri di dalam kota kurang menantang, sekalian deh kalau gitu pergi ke luar negeri. Nggak perlu bingung mau pergi ke negara mana, Selipan rekomendasiin kamu pergi ke Australia. Kenapa? Mau ngademin kepala atau cari inspirasi di pantai? Atau berburu makanan enak? Coba ke Cairns. Mau nonton pertunjukan musik yang nggak biasa? Coba ke Canberra. Atau mau kota lain yang tidak kalah unik? Coba Adelaide.

FYI nih, buat yang belum tahu, Adelaide dianugerahi sebagai City of Music oleh UNESCO lho! Nah, buat kamu para penggemar musik, pokoknya jangan melewatkan kunjungan ke kota musik Adelaide ini. Ini nih alasannya…

theguardian.com - Australian-String-Quartet-011
Australian String Quartet via theguardian.com

Kalau kamu senang musik klasik, di Adelaide nanti kamu bisa menemukan Australian String Quartet. Grup pemain yang handal ini didirikan pada tahun 1985 di University of Adelaide, Elder Conservatorium of Music yang biasa menggunakan set instrumen klasik Guadagnini ketika melakukan pertunjukan. Guadagnini diambil dari nama sang pembuat instrumen Giovanni Battista Guadagnini asal Italia yang terkenal.

Grup ini terdiri dari Dale Barltrop, yang memainkan 1784 Guadagnini Violin, Turin, Francesca Hiew yang memainkan 1748-49 Guadagnini Violin, Piacenza, Stephen King yang memainkan 1783 Guadagnini Viola, Turin, dan Sharon Draper yang memainkan c.1743 Guadagnini Violoncello, Piacenza, ‘Ngeringa’.

Selama lebih dari 30 tahun, Australian String Quartet (ASQ) telah menampilkan performa yang tidak akan dapat dilupakan penonton di kancah nasional hingga internasional. Musik mereka mewakili cita rasa khas Australia, yang dapat menciptakan chemistry dan membuat penonton merasa terhubung dengan mereka.

Penasaran dengan permainan mereka? Jadwal terdekatnya memang masih di pertengahan tahun depan, namun kamu sudah bisa memesannya mulai Desember 2016 nanti di sini.

Adelaide Chamber Singers via adelaidenow.com.au

Lalu, kamu juga bisa menyaksikan Adelaide Chamber Singers, grup penyanyi yang didirikan pada 1985 oleh Carl Crossin. Belum kenal dengan mereka? Well, tak ada salahnya jika pengetahuan musikmu perlu sedikit di-upgrade.

Grup vokal ini telah memenangkan berbagai penghargaan kelas dunia, misalnya saja “Choir of the World at Kathaumixw 2006” di International Choral Kathaumixw di Kanada, dan ‘Grand Prix’ Musica Sacra a Roma 2013, ‘Choir of the World’ at Llangollen 2013.“ di International Musical Eisteddfod di Llangollen, Wales.

Grup ini telah melanglang buana di seluruh penjuru Australia, bahkan sampai ke Inggris Raya, Kanada, Norwegia, Jepang, Singapore dan Amerika Serikat. Mereka bahkan berkesempatan terjun ke dunia perfilman saat ikut dalam film “Human Touch” arahan dari Paul Cox pada 2003. Wah, hebat banget ya! Penasaran kan gimana penampilan mereka pastinya?

Pertunjukan terdekat mereka pada 19 November dan 20 November di St. Peter’s Cathedral, Adelaide, dan kamu bisa memesan tiketnya di sini.

Cold Chisel via wikipedia.org

Kalau kamu pingin yang lebih nge-jam, kamu bisa lihat band rock Cold Chisel, yang didirikan pada 1973 dan beranggotakan Jimmy Barnes, Ian Moss, Don Walker, Phil Small, dan Charley Drayton. Mereka termasuk band yang legendaris yang aktif dari tahun 70an! Mereka itu band Australia yang sangat khas dengan temanya tentang orang-orang ‘working class’ dan ciri khas aliran ‘pub rock’ -nya.

Band yang baru saja mendapatkan penghargaan Ted Albert Award untuk Outstanding Services to Australian Music ini pernah menelurkan sebuah lagu yang berjudul “Khe Sanh”. Meski lagu tersebut sempat di banned di radio-radio di Australia karena liriknya yang tidak biasa, lagu ini sempat menjadi
“lagu kebangsaan” tidak resmi Australia dan menjadi lagu kemenangan tim kriket Australia.

Meski sedang tidak menjalani konser atau tur, kamu dapat lebih dulu mendengarkan album mereka yang dirilis 16 April kemarin dalam bentuk vinyl. Ya, bukan CD, DVD, atau digital, melainkan vinyl! Wow, masih ada ya yang mengeluarkan album dalam bentuk vinyl.

Nah, saat di Adelaide, kamu bisa memburu album yang berjudul ‘The Live Tapes – Vol 2 – Live At Bombay Rock’ ini di Clarity Records di Pulteney Street, atau Streetlight Music Film & Books yang terletak di Vaughan Place.

Wow, keren-keren nih pastinya! Jadi pengen ke Adelaide deh. Nah, saat kamu libur dari pekerjaan dan ke Adelaide nanti, kamu bisa banget tuh lihat penampilan grup-grup musik diatas yang pastinya luar biasa!

FYI, kalau kamu bingung mencari penerbangan dan akomodasi yang pas dengan budget kamu, coba deh kunjungi Wego.

Buat yang belum tahu, Wego ini merupakan portal pencarian travel yang memberikan kemudahan bagi kamu untuk mencari berbagai penawaran terkini dari puluhan situs travel dalam satu waktu, baik untuk akomodasi hotel dan juga penerbangan.

Mantap, kan? Tunggu apa lagi! Yuk ke Adelaide!

8 Shares

Komentar:

Komentar