Inilah 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Selalu Menjaga Kebersihan Tangan Kamu!


Kamu tahu nggak kalau banyak sekali kuman-kuman yang ada di tangan kita? Betul sekali! Meski tidak kasat mata, ternyata jika kebersihan tangan kita tidak dijaga akan berakibat negatif bagi lingkungan dan orang-orang di sekitar! Pasti tidak mau kan kalau saudara, teman, dan orang-orang yang kamu sayangi sakit? Yuk simak alasan-alasan mengapa kamu harus selalu menjaga kebersihan tangan kamu dan betapa pentingnya #BerbagiTanganSehat!

1. Mencegah Infeksi

maxresdefault

Mencuci tangan akan mencegah penyebaran infeksi, lho! Jika kita melakukan banyak kegiatan, kita tidak tahu kuman dan bakteri apa yang sudah hinggap di tangan kita, kan? Menurut World Health Organization (WHO) ratusan juta orang setiap tahunnya terjangkit penyakit Healthcare Associated Infections (HCAIs) atau Infeksi Nosokomial. Artinya infeksi tersebut muncul dari kurangnya perhatian terhadap kebersihan. Misal, tanpa disadari kita sering menyentuh wajah, mata, berjabat tangan dengan orang lain, menyentuh binatang peliharaan, dan lain-lain. Jika kita tidak mencuci tangan setelahnya, kuman akan dengan mudah tersebar dan alhasil penyakit akan merajalela. Pasti nggak mau kan? Makanya, kita harus sadar setelah menyentuh apapun dan janganlah lupa untuk mencuci tangan setelahnya ya!

Nah, mencuci tangan akan jelas membantu mencegah penyakit yang muncul karena masalah kebersihan seperti…

2. Membantu Mencegah Penyakit Diare

fig-1703626_1280

Penyakit diare itu penyakit yang pertama akan dihubungkan dengan kurangnya perhatian pada kebersihan, khususnya kebersihan tangan. Penyakit ini mengganggu pencernaan dan dapat berdampak fatal, khususnya bagi anak-anak karena mengakibatkan dehidrasi yang berlebihan. Jadi setiap adikmu yang masih kecil atau sang buah hati telah beraktivitas apalagi jika hendak menyantap makanan, mereka harus segera dibiasakan mencuci tangan, ya!

Selain diare, mencuci tangan dapat juga…

3. Membantu Mencegah Penyakit Pernafasan

woman-698964_1280

Penyakit pernafasan seperti flu dan pilek juga dihubungkan dengan kurangnya perhatian pada kebersihan. Hal ini dikarenakan, selain bakteri, virus juga dapat tersebar dari kurangnya perhatian pada kebersihan. Mencuci tangan tentu dapat mengurangi penyebaran virus ini.

4. Mengurangi Munculnya Penyakit yang Kebal Terhadap Antibiotik

koli-bacteria-123081_1280

Dengan teknologi yang terus berkembang seiring zaman, maka cara menyembuhkan penyakit juga berkembang. Namun dari sisi lain, penyakit pun turut mengikuti zaman juga dan menjadi semakin kebal pada antibiotik. Cara untuk mencegah munculnya penyakit yang kebal terhadap antibiotik itu mudah sekali! Yaitu dengan mencuci tangan!

Ternyata mencuci tangan memakai sabun itu harus menjadi bagian penting dari kebiasaan kita. Karena dengan menjada kebersihan tentu…

5. Hidup Akan Jauh Lebih Produktif

maxresdefault 2

Jika kita menjaga kebersihan tubuh dengan baik, dan itu bisa dimulai dengan membiasakan mencuci tangan dengan sabun secara rutin, tentu hidup kita akan lebih produktif. Kenapa? Ya sudah jelas karena kita tidak mudah terkena penyakit karena kebiasaan yang lebih bersih! Jika kita sehat tentunya banyak hal bisa dilakukan dengan nyaman seperti sekolah, berolah raga, bermain, dan lain-lain.

Oh ya, kamu tahu nggak kalau setiap tanggal 15 Oktober adalah Global Handwashing Day atau Hari Cuci Tangan Sedunia? Global Handwashing Day diadakan untuk menumbuhkan kebiasaan mencuci tangan dengan sabun dan #BerbagiTanganSehat sebagai pola hidup yang baik.

3623-1128556-KesehatanKebersihan_BeritaKesehatan_Thumbnail_3-Hal-Seru-yang-Bisa-Dilakukan-untuk-Peringati-Global-Handwashing-Day_Image_926x335

Lifebuoy sebagai brand yang sudah sangat dikenal, turut memeriahkan Global Handwashing Day ini, karena Lifebuoy peduli akan kesehatan anak – anak Indonesia.

HAZ_3166

Cara ikutan Global Handwashing Day itu gampang kok! Upload foto pledge kamu di media sosial dengan hashtag #BerbagiTanganSehat. Untuk setiap tangan sehat yang kamu bagikan melalui high five dengan hashtag #BerbagiTanganSehat, kamu sudah membantu menyebarkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mencuci tangan memakai sabun dan pentingnya memiliki kebiasaan yang bersih untuk hidup yang sehat. Yuk, mari #BerbagiTanganSehat!

15 Shares

Komentar:

Komentar