Ini Nih 5 Makanan Wajib Saat Lebaran di Berbagai Belahan Dunia, 3 Makanan Terakhir Pasti Favoritmu!

via 123RF.com

:

Pernah nggak sih kamu penasaran apa aja hidangan yang disajikan oleh negara-negara selain Indonesia pada saat lebaran? Kalau di Indonesia kan kita biasa menjumpai kue kering, seperti nastar atau putri salju, dan makanan berat seperti ketupat sayur, opor ayam, atau sate gule. Lalu, gimana dengan negara lain ya?

Nah, meski Ramadhan sedang kita jalani dan lebaran masih dinanti, nggak ada salahnya kan kalau kita ngintip makanan khas lebaran dari negara lain? Ngintip doang nggak bikin puasa batal, kok! Yuk, langsung aja dilihat apa aja makanan khas dari negara lain pada saat lebaran.

1. Cambaabur dari Somalia

Cambaabur via masakanpraktisrumahan.com

Somalia memiliki hidangan yang wajib dihidangkan pada saat lebaran, namanya adalah Cambabuur. Makanan ini disebut sebagai roti lebaran kalau di Somalia sana. Bentuk dan bahannya mirip-mirip dengan crepe sih, bedanya adonan tepung gandum ini dibumbui dengan rempah-rempah yang lebih beragam. Antara lain ada kunyit, kunir, jinten, bawang merah, bawang putih, dan kadang cabai.

Bentuknya pun juga beragam, ada yang digulung, dibentuk menjadi segitiga, atau dibiarkan bulat pipih seperti pancake. Nggak hanya bumbu dan bentuknya yang bervariasi, cara makannya pun beda-beda lho, sesuai selera masing-masing orang. Ada yang dicelupkan ke dalam yoghurt, diberi lelehan butter dan taburan gula, atau dimakan dengan daging dan telur.

2. Mie La Mian dari Tiongkok

Mie La Mian via masakanpraktisrumahan.com

Tiongkok termasuk salah satu negara yang penduduk beragama muslimnya terus bertambah setiap tahun. Nggak heran kalau mereka juga punya hidangan yang biasa disantap rame-rame pada saat lebaran tiba, yaitu Mie La Mian. Berbeda dengan mie-mie yang lain, mie ini dibuat dengan cara memutar, meregangkan, melipat dan menarik adonan. Panjang dan ketebalan tiap helai mi tergantung berapa kali adonan dilipat.

Adonan mie yang dibuat dari campuran tepung, air dan satu butir telur ini nanti ditarik sebanyak tujuh kali sampai membentuk benang-benang mi yang tipis dan kemudian direbus. Setelah itu, baru diberi campuran irisan daging ayam, jamur dan tahu sebagai toppingnya. Hmm.. Yummy!

3. Chotpoti Curry dari Bangladesh

Chotpoti Curry via masakanpraktisrumahan.com

Berbeda dengan kari pada umumnya, kari ini bisa disebut juga dengan kari vegetarian karena tidak ada daging sama sekali. Chotpoti merupakan makanan yang disukai oleh penduduk Bangladesh karena memasaknya nggak ribet. Isi Chotpoti terdiri dari kacang polong, kentang, dan telur yang dibumbui dengan jinten, ketumbar, cabai merah, cengkeh, lada hitam, adas manis, dan asam jawa. Makanan ini merupakan hidangan yang wajib ada pada saat hari raya lebaran tiba.

4. Gulha dan Kulhi Boakibaa dari Maladewa

Gulha via masakanpraktisrumahan.com

Karena Maladewa termasuk negara kepulauan, wajar lah ya kalau sebagian besar olahan makanan mereka didominasi oleh seafood. Dari banyak jenis ikan yang ada, tuna termasuk salah satu ikan yang paling digemari oleh penduduk Maladewa. Dua hidangan wajib lebaran ini pun nggak lepas dari yang tuna, yaitu Gulha dan Kulhi Boakibaa. Gulha merupakan makanan ringan khas Maladewa yang dibuat dari bola-bola kulit pangsit yang di dalamnya diisi oleh campuran dari ikan tuna, bawang putih, parutan kelapa, dan cabai.

Kulhi Boakibaa via maldivescook.com

Berbeda dengan Gulha, Kulhi Boakibaa merupakan hidangan utama khas Maladewa yang dibuat dari kombinasi nasi, ikan tuna, kelapa, lemon, dan dibumbui dengan garam, lada hitam atau cabai, dan kunyit. Kulhi Boakibaa biasa disebut juga dengan Tuna Cake.

5. Opor Ayam dan kombinasi Sate Gule dari Indonesia

Opor Ayam via royco.co.id

Nah, kalau yang ini pasti kamu udah nggak asing lagi. Entah siapa yang mendeklarasikan opor ayam dan sate gule sebagai makanan wajib khas lebaran di Indonesia, yang pasti kamu setuju, kan? Opor dibuat dari ayam yang dimasak dengan kuah santan, daun jeruk, daun kunyit, dan dibumbui dengan 1 sachet Royco Bumbu Pelezat Serbaguna Rasa Ayam, lengkuas, serai, bawang merah, bawang putih, kencur, lada, ketumbar, kemiri, garam, dan gula. Cara masaknya juga mudah kok, kamu bisa praktek sendiri dengan lihat resep dari Royco disini. Mau coba?

Sate Gule via tripadvisor.com

Habis dari ayam, kita beralih ke kambing. Dua masakan ini merupakan kombinasi yang saling melengkapi satu sama lain. Meski sate dapat dibuat dengan daging ayam atau sapi, tapi rasanya kurang afdol kalau tidak menggunakan daging kambing sebagai pendamping gule. Bahan yang digunakan untuk dua masakan ini pun juga nggak terlalu beda jauh, yaitu ada daging kambing, bawang, garam, ketumbar dan kecap manis Bango. Cara masaknya pun juga tergolong mudah, kamu bisa coba masak sendiri disini untuk sate, dan disini untuk gule.

Nah, itu dia 5 makanan khas lebaran dari berbagai belahan dunia. Ada Somalia, Bangladesh, Maladewa, dan Indonesia. Diantara 5 makanan tersebut, kamu paling pengen nyobain yang mana?

Oh iya, buat kamu yang ingin mendapatkan inspirasi dan tips-tips terkait aktivitas di bulan Ramadhan, seperti inspirasi gaya hijab, inspirasi resep sahur, berbuka dan hidangan lebaran, atau inspirasi lainnya, bisa klik disini.

1001 Inspirasi Ramadan :