Gawat, 5 Hal Sepele Ini Ternyata Bisa Merusak Gigi Lho!


:

Nggak banyak orang yang paham dan benar-benar peduli  dengan kesehatan gigi dan mulut. Padahal gigi adalah salah satu bagian penting tubuh yang paling riskan rusak karena digunakan setiap hari. Jadi kalo gigi rusak dan sakit pastinya ngaruh banget sama sistem metabolisme tubuh.

Sayangnya merawat gigi dengan baik masih belum  jadi kesadaran setiap orang. Banyak hal-hal sepele yang sering kita lakukan ternyata berakibat fatal bagi kesehatan gigi. Coba deh perhatikan hal-hal sepele ini yang ternyata bisa bikin gigi rusak dan muda keropos. So, segera hindari ya!

1. Lupa sikat gigi sebelum tidur

ganti-sikat-gigi
sumber: tribunpontianak

Saat tidur, kuman dan bakteri di dalam mulut yang menempel di gigi akan menggerogoti sisa-sisa makanan yang tertinggal selama aktivitas seharian. Jika dibiarkan terus menerus bukan nggak mungkin gigimu akan mengalami karies, nyeri gusi, dan penumpukan karang gigi. Sikat gigi rutin sebelum tidur akan membantu meminimasir kerusakan gigi yang disebabkan oleh sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi.

2. Makan makanan yang terlalu panas

sumber: ngobas.com
sumber: ngobas.com

Mungkin sebagian orang akan merasa nafsu makannya semakin tinggi saat menyantap makanan yang masih panas. Emang sih makan makanan yang hangat atau panas lebih menggiurkan dibanding makanan dingin. Itulah sebabnya kenapa kadang sebelum makan, sayuran dan lauk dipanaskan lebih dahulu.

Tapi ternyata makan makanan yang terlalu panas ini bakal merusak lapisan gigi dan melemahkan kekuatan gigi yang kokoh.  Apalagi setelah mengkonsumsi makanan yang panas, langsung minum minuman dingin. Rasanya emang seger sih,  tapi umur gigi kita akan berkurang. Jadi jangan heran kalo kamu  bakalan sering sakit gigi kalo masih ngelakuin kebiasaan ini.

3. Mengunyah es batu

sumber: ayobuka.com
sumber: ayobuka.com

Melakukan hal sepele ini ternyata berpengaruh pada kesehatan gigi. Pasti kamu pernah kan mengunyah sisa es batu saat minuman sudah habis, atau bahkan dengan sengaja jadiin es batu sebagai cemilan. Benar saja, sering mengunyah es batu bakal mengikis enamel gigi dan membuatnya jadi lebih rapuh. Selain berpengaruh pada kesehatan gigi, ternyata mengunyah es batu juga akan membuat kamu jadi lemas.

4. Salah pilih sikat gigi

sumber: tanyapepsodent.com
sumber: tanyapepsodent.com

Memilih sikat gigi memang butuh perhatian khusus. Ternyata nggak semua produk sikat gigi di pasaran memenuhi standar kelayakan buat gigimu. Ada yang bulu sikatnya terlalu keras, atau bahkan konturnya yang nggak mampu menjangkau bagian gigi yang lebih detail. Jangan tergiur dengan harga murah saat membeli sikat gigi. Lbih baik lihat rekomendasi dan cari informasi dulu tentang sikat gigi yang bagus.

Salah satu sikat gigi yang memenuhi kelayakan adalah Pepsodent Deep Clean yang memiliki bulu sikat halus berbentuk V yang mampu membersihkan sela-sela gigi secara menyeluruh. Leher sikat 3 sudutnya dirancang khusus untuk membersihkan bagian belakang gigi. Sikat gigi ini juga dilengkapi dengan pembersih lidah dari karet yang bikin sikat gigi ini bisa banget buat kegiatan menyikat gigimu.

5. Merokok

suber: fakta.co.id
suber: fakta.co.id

Kalo kamu tahunya merokok itu merusak paru-paru, sekarang kamu harus tahu bahwa ternyata gigi dan gusi juga harus mendapatkan perhatian lebih dari aktivitas merokok ini. Asap rokok dan zat kimia yang terkandung di dalamnya akan menempel terlebih dahulu di permukaan gigi dan gusi. Ini menyebabkan banyak keluhan dan penyakit. Selain gigi menjadi kuning, tartar dan plak akan meningkat, peradangan pada langit-langit mulut, dan juga resiko kanker mulut.

 

Hal-hal sepele di atas kedengarannya sepele sih ya. Ya memang sepele kalo cuma dilakukan sekali-sekali aja, tapi kalo udah jadi kegiatan rutin bisa jadi bahaya. Amannya sih kamu biasain menyikat gigi rutin, apalagi kalo pake Pepsodent Deep Clean yang punya banyak fitur dan bulu sikat halus yang bikin nyaman dan nggak ngerusak gigi. Kamu juga bisa konsultasi dan cari tahu lebih detail tentang produk ini di situs resminya.

Ayo hindari gigi rusak dengan menghindari hal-hal sepele di atas dan jangan lupa menyikat gigi pake Pepsodent dan sikat gigi Pesodent Deep Clean untuk gigi yang lebih bersih dan sehat.

 

0 Shares

Komentar:

Komentar