Sesuatu yang terus diulang-ulang, cepat atau lambat pasti bakal terlihat membosankan. Hal itu juga berlaku buat feed Instagram. Coba deh, kamu perhatikan posting-an Instagram kamu akhir-akhir ini. Kemungkinan besar isinya didominasi sama foto makanan yang kamu jepret waktu lagi nongkrong di kafe, foto barang belanjaan, atau foto selfie muka duckface. Benar, nggak?

Ayolah… Apa sesekali kamu nggak kepikiran buat mencoba sesuatu yang berbeda? Sesekali unggah foto dengan latar mural, sesuatu dengan perspektif artsy, atau street art. Tapi jangan mural yang sudah banyak dipakai orang. Coba cari yang unik! Biar orang lain yang lihatnya jadi ngiri.

Nih, kalau kamu mau berburu lokasi foto keren dan unik, nggak usah lama-lama googling atau tanya sana-sini. Yuk, kita mulai petualangan berburu lokasi street art kece di Hong Kong.

1. Public Square Street

via belaroundtheworld.com

Lihat, deh, foto di atas, lalu kamu ingat-ingat di mana lagi ada tangga di ruang publik yang dihiasi mural seindah itu? Jarang banget. Bahkan jika di sebelah tangga ini ada lift atau eskalator, kayaknya orang bakal lebih milih naik tangga, deh.

Tangga panjang yang dihiasi dengan gambar bunga berwarna-warni ini terletak di salah satu titik terpadat dan tersibuk di Hong Kong. Tapi kamu nggak usah segan kalau mau berfoto sepuasnya di atas tangga. Toh, nggak akan ada orang yang bakal mengejek kamu dan berpikir “Heheheh, baru lihat ya ada tangga bunga-bunga.” Penduduk di Hong Kong ramah-ramah kok. Dan mereka mafhum kalau tangga ini pasti menarik perhatian turis.

“Tapi enaknya pasang pose apa ya kalau difoto di tangga ini?” Bebas! Mau sambil duduk atau ambil angle dari atas? Itu disarankan banget. Atau mau sambil telungkup tiduran? Kalau kamu orangnya nggak gampang malu, silakan!

2. Graham Street Grafitti

via discoverhongkong.com

Jangan kaget kalau kamu menemukan orang-orang berpose bak super model di depan mural yang satu ini. Mengutip dari Timeout, mural bertemakan kota tua yang dibuat Alex Croft ini memang jadi lokasi favorit bagi pasukan Instagrammer lokal yang haus akan lokasi foto kece. Ditambah lagi dengan serbuan turis mancanegara, wah… makin banyak deh “supermodel” yang nongkrong di Graham Street.

Mau dikasih tips buat berfoto di tempat ini? Pakai baju paling SWAG yang kamu punya. Hitung-hitung kamu bisa pamer OOTD saat lagi traveling juga, ‘kan.

Dan kalau Graham Street lagi ramai dan padat merayap saat kamu datang, baiknya nggak usah rebutan atau nunggu giliran. Mendingan kamu kenalan sama turis lokal dan mancanegara, terus kamu ajak mereka buat foto bareng. Siapa tahu kamu dapat jodoh orang luar?

3. Sing Lei Mahjong Parlour

via timeout.com

Kalau di Indonesia orang biasanya ngajak teman-temannya main futsal, di Hong Kong nggak jarang orang ngajak temannya main mahjong. Yup, mahjong memang cukup populer di kawasan Hong Kong. Dan popularitas permainan ini yang menjadi inspirasi pembuatan mural yang terletak di Nathan Road, Yau Ma Tei.

Orang-orang yang digambarkan sedang bermain mahjong di mural tersebut juga bukan orang-orang biasa, lho. Mereka adalah para pemimpin negara-negara di dunia, seperti Donald Trump (AS), Xi Jinping (RRT), Vladimir Putin (Rusia), Rodrigo Duterte (Filipina), dan Shinzo Abe (Jepang). Jadi kalau kamu mau berfoto di sini, sebaiknya badan kamu jangan menghalangi karikaturnya. Kapan lagi coba kamu berfoto sama para pemimpin negara yang lagi main mahjong bareng?

Tiga mural di atas termasuk street art yang paling populer dan sayang kalau kamu lewatkan saat traveling ke Hong Kong. Tapi itu bukan berarti Hong Kong cuma punya tiga mural tersebut. Biar feed Instagram kamu makin mengundang perhatian, sekalian juga ambil foto dengan latar…

4. Mural yang ada di sepanjang Western District

Jika kamu berjalan menelusuri jalanan Sheung Wan dan Sai Ying Pun yang termasuk kawasan Western District, mata kamu nggak henti-hentinya dimanjakan dengan pemandangan indah. Setiap kaki kamu melangkah beberapa meter, kamu pasti nemu mural keren menghiasi dinding di pinggir jalan.

Saking banyaknya, mungkin kamu bakal kesulitan mau pilih mural yang mana buat dijadikan latar foto. Untuk permulaan mungkin kamu bisa pilih…

Mural wajah perempuan di Hollywood Road

via hkwalls.org

Hollywood Road ini ada di dekat Graham Street. Jadi kamu nggak perlu capek-capek jalan setelah menikmati mural karya Alex Croft.

Tapi berbeda dengan mural karya Alex Croft yang mengandalkan kombinasi warna-warna, mural di Hollywood Road karya Hopare ini punya daya pikat pada gambar tatapan mata perempuan yang ada di dalamnya. Buktikan sendiri, deh.

Oh ya, mural keren dari Hopare bukan cuma ini, kok. Jadi kalau kamu pengin nyari makan di Western District, sekalian juga cari mural karya Hopare lainnya.

Mural Bruce Lee di Tank Lane

via hkwalls.org

“You kill my brother!” – Salah satu dialog paling terkenal dari Bruce Lee.

Bruce Lee memang telah tiada, tapi popularitasnya masih bertahan sampai sekarang. Kalau kamu tanya siapa satu-satunya orang yang bisa menghajar Chuck Norris, pasti jawabannya Bruce Lee.

Popularitas dan pose legendaris dari Bruce Lee menginspirasi seniman dari Korea, Xeva, untuk membuat mural legenda dunia perfilman dari Hong Kong ini. Movigoer, atau kamu yang suka film silat, wajib berpose di sebelah mural Bruce Lee. Kalau mau kamu juga bisa berpose sambil mengusap-usap hidung dan berteriak, “You kill my brother!”

5. Man Fung Building

via hkwalls.org

Pernahkan terlintas di bayangan kamu kalau bangunan apartemen tua bisa jadi latar foto yang Instagrammable? Perkenalkan, Mang Fung Building; sebuah bangunan tua di kawasan Sham Shui Po yang disulap oleh seniman bernama Okuda San Miguel menjadi gedung berwarna-warni.

Tapi yang spesial dari Mang Fung Building ini adalah bagaimana mural tersebut menggunakan gedung bertingkat sebagai kanvas. Dan kalau kamu perhatikan, pola warna yang ada di puncak gedung itu membentuk gambar beruang, lho. Lebih tepatnya, beruang dalam bentuk 3D. Sama seperti Sheung Wan dan Sai Ying Pun, sekarang kawasan Sham Shui Po menjadi meriah dan berwarna-warni Berkat event HK Walls.

Yuk, #DiscoverHongKong bareng teman dan keluarga kamu, dan temukan liburan #summerfun terbaikmu dengan berfoto sepuasnya di depan street art keren. Tunggu apa lagi? Tiketnya mahal? Carinya jangan sembarangan, dong. Coba cari di Wego. Selain tiket pesawat, kamu juga bisa sekaligus pesan kamar hotel di situs itu. Sekali mendayung, dua pulau langsung terlampaui!

2K Shares