Dunia Industri Kreatif Itu Kejam Kawan, Kecuali Ditaklukan dengan Cara Seperti Ini


Apakah kamu punya teman yang kerja di dunia industri kreatif? Atau seenggaknya teman di sosial media deh, yang sekiranya sering curhat ke kamu atau sosial media mereka sendiri mengenai kecilnya gaji yang mereka terima dengan jam kerja yang luar biasa panjang dan tekanan pekerjaan yang begitu besar. Tetep nggak punya teman seperti itu? Ya udah cukup tahu aja.

Keluhan itu biasanya keluar dari mulut para desainer yang baru lulus alias fresh graduate dan bekerja di perusahaan advertising ala kadarnya. Baik gaji, fasilitas dan SDM juga ala kadarnya. Tapi nggak menutup kemungkinan ada juga yang sudah berpengalaman dan mereka tetap saja terjebak di “lingkaran setan”. Ibarat kata, mati segan hidup tak mau. Wih, serem!

Kalau kamu yang membaca artikel ini adalah salah seorang dari mereka yang tidak bisa keluar dari lingkaran setan tersebut, coba deh cari kerjaan alternatif yang seenggaknya menawarkan hasil yang sepadan dengan usaha yang kamu lakukan. Apa saja itu?

1. Bikin portofolio

via malezones.com

Ini hal yang wajib kamu lakukan pertama kali kalau kamu bekerja di dunia industri kreatif. Gampangannya, portofolio adalah penarik calon klien. Kalau portofoliomu bagus-bagus, masa iya mereka nggak tertarik untuk menggunakan jasamu? Sebaliknya, kalau sudah membuat portofolio tapi masih sepi orderan, coba deh benahi portofoliomu terlebih dahulu.

Kamu bisa meng-upload portofolio di situs pribadimu, Deviantart, Behance, atau situs sejenisnya.

 

2. Jual desain/fotomu

via wpnusa.com

Malas bikin portofolio tapi pengen tetap dapet penghasilan? Jual aja foto-foto atau karya desain yang sudah kamu buat di beberapa situs terkenal ini, misalnya shutterstock (foto), themeforest (template mobile dan web), graphicriver (template desain, vector, brush photoshop), atau 3docean (gambar dan model 3D).

Intinya sama aja sih, kamu memasang portofolio di situs-situs tersebut. Bedanya di situ portofoliomu bisa langsung menghasilkan duit.

 

3. Cari sampingan

via www.fastcompany.com

Kalau ingin mencari tambahan penghasilan, coba deh jadi pekerja lepas part-time. Enaknya jadi pekerja lepas ini kamu tetap bisa ngantor dan menerima gaji karyawan. Tapi konsekuensinya jam yang kamu alokasikan untuk istirahat jadi berkurang karena baru bisa menyelesaikan kerjaan sebagai pekerja lepas part-time di luar jam kantor.

Nah, kalau kamu tertarik coba aja cari-cari kerjaan desain atau pekerjaan di industri kreatif lainnya di sribulancer, projects (situs lokal), 99designs, atau upwork (situs luar).

4. Membuat tutorial

via www.toonboom.com

Emang membuat tutorial dibayar? Yup, itu kalau kamu membuat tutorial di beberapa situs ini. Penasaran kan? Jadi situs-situs itu adalah tutsplus, baik psd maupun vector, tutorial9, dan vectordiary. Nah daripada ilmu yang kamu punya kamu simpan sendiri, nggak ada salahnya kan kalau kamu bagikan, dapet duit lagi. Mau nyoba?

5. Ikut kontes desain

via www.jeffbullas.com

Last but not least, cara ini hanya cocok buat kamu yang berjiwa pantang menyerah dan nggak gampang putus asa. Karena kamu bakal dihadapkan dengan ratusan bahkan ribuan pesaing yang menginginkan hadiah yang disediakan oleh penyelenggara kontes. Kontesnya pun bermacam-macam, mulai dari kontes desain logo, desain kaos, sampai desain stiker.

Ngomong-ngomong soal kontes desain nih, kebetulan #kreASIK lagi ngadain Sticker Competition. Siapa aja bisa ngumpulin stiker mereka sebanyak yang mereka mau. Emang hadiahnya apa? Kamu bisa memenangkan total hadiah Rp45,000,000 dengan ikutan #kreASIK! Yups, total hadiah 45 juta! Bisa beli tahu bulat berapa mobil tuh?

Yang bikin kontes ini lain dari yang lain, meski kamu nggak menang kontes kamu tetap bisa dapet duit. Asik kan?! Kalaupun nggak menang, sticker kreasi kamu bisa kepilih untuk dijual via aplikasi ASIK! Jadi kalau nantinya ada pengguna aplikasi ASIK! yang beli stiker bikinanmu, kamu bakal dapat komisi 60% dari penjualan stiker tersebut. Menang nggak menang dapet duit, lumayan lah buat nambah-nambah THR.

Untuk keterangan lebih lanjut kamu bisa lihat poster di bawah ini atau langsung ke website-nya. Atau kalo mau lebih gampang, coba buka Instagram ASIK! App Indonesia di @generasik.

Nah, ternyata kerja di dunia industri kreatif itu nggak kejam-kejam amat ya kalau udah tau caranya keluar dari lingkaran setan. Tunggu apa lagi, yuk langsung dilaksanakan! Jangan cuma niat aja.

1 Shares

Komentar:

Komentar