Dulu vs Sekarang, 5 Hal Ini Jadi Berubah Total karena Adanya Smartphone

Keseharian anak muda dulu vs sekarang, lebih asyik mana?

Smartphone = (kata benda) barang elektronik sakti yang dibutuhkan manusia modern untuk menjalani berbagai macam aktivitas, dari mulai bekerja, selfie, sampai membaca meme-meme lucu.

Meskipun definisi di atas nggak masuk logika, tapi nggak bisa dipungkiri kalau smartphone itu sakti banget. Buktinya beberapa orang sampai rela pulang lagi kalau smartphone miliknya ketinggalan di rumah. Itulah salah satu bukti kesaktian dari smartphone: bikin orang nggak bisa bernapas jika mereka tak menggenggamnya. Misalnya kayak yang dialami cewek ini.

via buzz.ie

Di antara kamu pun mungkin ada yang nggak bisa lepas dari smartphone. Bahkan kegiatan sehari-hari kayak makan, mungkin kamu lakukan sambil scrolling feed Instagram atau cengengesan lihat meme lucu di internet.

Hal yang sama tentu nggak bisa kita alami pas zaman dulu, zaman ketika handphone belum hadir di kehidupan manusia. Ya, kita belum tentu bisa sering-sering melihat dan melakukan 5 hal ini dalam keseharian jika nggak ada smartphone.

1. Cara buat dapat foto yang kece

Zaman dulu

Zaman dulu sebelum ada smartphone, buat dapet foto yang kece itu ribetnya minta ampun. Pertama, kamu harus punya kamera analog (kalau nggak punya mesti pinjem ke tetangga); kedua, foto yang udah diambil nggak bisa langsung dilihat sebelum filmnya dicetak. Kalau anak zaman now ngambil foto pakai cara jadul pasti risau sampai mules karena nggak bisa langsung lihat hasil fotonya.

Apalagi motret pakai kamera jadul itu mesti pakai feeling. Buat mengatur pencahayaan sama fokusnya masih dilakukan secara manual. Belum lagi jumlah foto yang diambil masih terbatas sama roll film yang ada di kamera. Fotografer amatir zaman sekarang pun mungkin bakal kesulitan buat dapetin hasil foto yang maksimal dengan kamera lawas.

Proses edit foto zaman dulu juga nggak kalah rumitnya. Cara yang dipakai masih manual, yakni dengan manipulasi film sebelum dicetak. Prosesnya pun nggak instan, butuh ketekunan dan kesabaran buat memodifikasi film seperti yang diinginkan. Maklum, dulu belum ada Photoshop.

Ribet banget ‘kan? Beda sama…

Zaman sekarang

Ini nih salah satu ‘keajaiban’ smartphone/via home.bt.com

Setelah ada smartphone, anak muda masa kini nggak perlu khawatir kehabisan roll film. Mau ambil foto tinggal jepret, mau edit ya tinggal edit sesuka hati. Banyak banget fitur dan filter kamera yang bisa bikin foto jadi terlihat kece. Apalagi kalau kamu pakai smartphone teranyar dari pabrikan asal Korea, Samsung Galaxy Note9.

Fitur dual aperture di kamera Galaxy Note9 bisa diatur secara otomatis maupun manual (f1.5, f2.4). Alhasil, foto yang dihasilkan kameramu bakal lebih jernih, tajam, dan nampak cerah meski dalam kondisi yang minim cahaya.

Kamu pun bakal semakin puas dengan adanya Auto Scene Optimizer di kamera Galaxy Note 9. Fitur ini berguna buat mengatur kontras dan saturasi secara otomatis waktu kamu mengambil foto dan bikin hasilnya terlihat lebih nyata.

Tuh kan, kalau pakai Samsung Galaxy Note9 kamu nggak perlu khawatir dapet foto yang nggak bagus.Dari mulai ngambil gambar, edit foto, sampai upload ke media sosial semuanya bisa dilakukan dengan instan. Mungkin ini yang namanya the power of zaman now, ya.

2. Cara menjadi inspirator yang memotivasi massa

Zaman dulu

Zaman dulu, kita harus punya kemampuan bicara/orasi yang hebat supaya bisa menginspirasi banyak orang. Orang hebat zaman dulu yang mampu menghimpun dan menginspirasi banyak orang dengan kemampuan public speaking salah satunya ialah Presiden Soekarno. Lewat pidato-pidatonya yang mampu membakar semangat, beliau akhirnya dipercaya masyarakat Indonesia untuk menjadi presiden pertama.

Mungkin kalau presiden Soekarno masih hidup di zaman sekarang, beliau bakal bikin vlog atau kanal Youtube yang isinya pidato pembakar semangat atau motivasi kali ya.

Zaman sekarang

via giphy.com

Sedangkan di zaman sekarang, menghimpun dan menginspirasi orang itu jauh lebih gampang. Nggak usah jago orasi deh; bisa bikin konten berkualitas dijamin bisa dapat ribuan pengikut di Instagram. Belum lagi kalau kamu pintar bikin warganet tertawa atau tertarik sama aktivitas harian yang kamu bagikan di internet.

3. Sisi hiburan

Zaman dulu

Zaman dulu kalau kamu lagi bosan di rumah, pasti jadi mati gaya. Mau nonton TV atau dengar radio? Mending kalau ada acara yang seru. Pada akhirnya pilihan yang bisa kamu tempuh cuma satu: tidur!

Zaman sekarang

via trustedreviews.com

Zaman sekarang nggak terhitung jenis hiburan yang bisa kamu dapat di smartphone, salah satunya lewat aplikasi media sosial. Dari mencari berbagai video lucu sampai review gadget di Youtube, dengerin album musik terbaru, juga berbagi meme lucu di grup chat bareng teman-teman, semua jenis hiburan bisa kita temukan dengan mudah di smartphone. Beruntungnya anak-anak muda zaman sekarang.

4. Setiap hari kita bisa dapat penunjang kreativitas

Zaman dulu

Zaman dulu kebanyakan artikel di koran ditulis dengan gaya yang kaku. Judulnya pun cenderung to the point. Kalau pengin dapet bacaan yang menunjang kreativitas sekaligus menghibur di koran, kamu mesti nyari kolom humor atau komik yang porsinya nggak seberapa.

Zaman sekarang

Ilustrasi artikel clickbait/via john.cs.olemiss.edu

“Bikin Melongo! Setiap Hari Cowok Ini Chatting Sama Pacar Online-nya tapi Ternyata…”

“Bikin Ngakak! 12 Foto Orang-Orang yang Lagi Apes Ini Nggak Boleh Kamu Lewatkan”

Di zaman media sosial seperti sekarang, banyak banget artikel yang ngajak kamu ngakak bertebaran di internet. Walaupun kebanyakan isi artikel kayak gini tuh nggak penting-penting amat, tapi kayaknya bacaan kayak gitu udah jadi ‘santapan’ sehari-hari anak-anak muda masa kini deh.

Tapi mau bagaimana pun, bikin konten yang berkualitas ataupun lucu itu butuh kreativitas. Nah, buat kamu yang juga suka bikin konten kreatif, kamu bisa jajal S Pen di Samsung Galaxy Note9. Teknologi S Pen bakal bantu kamu bikin tulisan atau gambar di smartphone dengan lebih efisien.

Menguji kreatifitas bisa lebih mudah kalau kamu punya smartphone yang tepat. Tapi sebisa mungkin gunakan kreativitas kamu buat menginspirasi orang ya.

5. Bertransformasi menjadi orang yang rajin dan produktif

Zaman dulu

Produktivitas juga jadi aspek keseharian anak-anak muda yang berubah sejak adanya smartphone.

Di zaman dulu, orang-orang harus berusaha ekstra buat jadi produktif. Misalnya pas ngerjain tugas kuliah, mahasiswa harus jalan kaki ke perpus buat meneliti buku-buku yang tebal. Kayaknya sekarang jarang banget mahasiswa yang kayak gitu, kecuali pas ngerjain skripsi.

Nulis catatan juga masih pakai cara manual (baca: tulisan tangan) atau mesin tik yang bunyinya bisa bikin tetangga menggerutu nggak jelas. Sedangkan…

Zaman sekarang

via businessmagazinegainesville.com

Kamu bisa jadi lebih produktif hanya dengan smartphone di genggaman tangan. Toh telepon pintar ‘kan dirancang nggak cuma buat nelepon, tapi juga memudahkan kegiatan produktif manusia.

Nah, buat kamu yang ingin meningkatkan produktivitas lewat smartphone, kamu bisa pilih Samsung Galaxy Note9 sebagai smartphone andalan untuk bekerja dengan efektif.

Alasannya jelas, Samsung Galaxy Note9 ini punya layar Infinity Display 6,4 inci yang memungkinkan penggunanya mengatur jendela aplikasi dengan lebih mudah dan cepat. Cocok banget buat kamu yang sering multitasking; membuka beberapa aplikasi sekaligus di smartphone. Selain itu, kamu pun bisa menulis catatan, dokumen, atau jadwal dengan S Pen yang sekarang dilengkapi dengan bluetooth sehingga bisa menjadi remote control. Dengan S Pen, kamu jadi serasa lagi menulis dengan pulpen dan kertas.

Nggak cuma sebatas itu, Samsung S Pen juga berfungsi sebagai remote control yang bikin aktivitas harianmu lebih mudah. Mengambil foto, nonton video, dan memutar lagu di smartpone bisa kamu lakukan tanpa menyentuh layar smartphone.

Samsung S Pen juga bisa berfungsi sebagai clicker waktu kamu presentasi. Yup, buat kamu yang ingin menampilkan presentasi lewat smartphone, nggak usah khawatir. Samsung Galaxy Note9 mendukung fitur Samsung Dex, jadi kamu bisa menampilkan tampilan di layar smartphone Note 9 ke layar PC dengan kabel.

Kamu pun nggak perlu takut kehabisan baterai pas lagi kerja lewat smartphone deh. Sebab Samsung Galaxy Note 9 dilengkapi baterai 4000 mAh yang bisa bertahan sepanjang hari dengan satu kali isi ulang saja.

Performa Galaxy Note 9 semakin lengkap dengan kapasitas penyimpanan dan kinerja RAM-nya yang mantap. Ada dua varian yang bisa kamu pilih tergantung kebutuhan: 128GB/6GB RAM dan 512 GB/8 GB RAM.

Itu dia 5 hal di keseharian anak muda yang berubah karena adanya smartphone. Jadi, sebagai kawula muda zaman sekarang, fungsi smartphone kayak gimana yang bikin kamu nggak bisa lepas dari telepon pintarmu? Kalau nggak bisa lepas dari Samsung Galaxy Note9 sih wajar, soalnya kamu jadi lebih produktif sih.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Samsung Galaxy Note9 kunjungi situs resmi Samsung Indonesia.

16 Shares

Komentar:

Komentar