Indonesia merupakan negara yang indah. Apakah kamu setuju dengan kalimat itu? Tentu saja kalimat tersebut memang benar karena bisa dibuktikan dengan berbagai macam keindahan yang diberikan negara kita tercinta ini baik dari segi seni-seni dan kerajinan tangan yang bisa diapresiasi dan juga keindahan alamnya yang dipenuhi dengan sumber daya alam yang melimpah. Karena hal itu, di negara kita banyak tersebar tempat-tempat bernilai seni tinggi serta lanskap-lanskap indah yang bisa memanjakan mata.

Makanya tidak heran kalau banyak turis mancanegara yang berwisata ke Indonesia. Contohnya pulau Bali yang punya pantai-pantai menawan, kuil-kuil yang eksotis, tradisi adat yang unik, dan masyarakatnya yang ramah. Hal-hal ini membuat orang asing betah deh tinggal di Bali.

Mungkin Bali memang jadi tempat wisata paling populer di Indonesia, tapi ternyata masih banyak tempat lain yang gak kalah menarik dan wajib kamu kunjungi, lho! Di artikel ini, Selipan.com bakal ngajak kamu buat “keliling Indonesia” menelusuri beberapa keindahan di 5 pulau terbesar di Indonesia, sekaligus membuktikan kalau keindahan Indonesia itu merata, dan bisa ditemukan di seluruh tempat. Yuk, mari kita menjelajah!

Sumatera

Taman Nasional Kerinci Seblat – via thebeautyoftravel.com

Sumatera terkenal memiliki sumber daya alam yang melimpah. Di pulau tersebut masih banyak terdapat hutan rimba, dan beberapa taman nasional yang menjadi tempat tinggal hewan khas Sumatera seperti harimau dan badak Sumatera. Salah satu taman nasional yang bisa kamu kunjungi adalah Taman Nasional Kerinci Seblat.

Sumatera juga punya provinsi Aceh yang terkenal dengan berbagai jenis destinasi wisatanya, seperti Masjid Raya Baiturrahman, pulau Weh, dataran tinggi Gayo, dan air terjun Pria Laot. Coba lihat deh video #unboxing Indonesia bersama Nicholas Saputra di Aceh berikut ini:

Kalau sekarang kamu belum berminat nyantumin Sumatera di daftar destinasi wisata kamu, mungkin beberapa tahun ke depan kamu bakal lebih sering datang ke pulau ini. Sebab, Sumatera memiliki potensi tempat-tempat wisata yang indah tapi masih jarang dikunjungi wisatawan, diantaranya adalah keindahan pantai-pantai di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Kamu bisa menikmati keindahan kepulauan tersebut sambil menjernihkan pikiran jauh dari hiruk pikuk peradaban kota.

Tradisi Lompat Batu Nias – via travelingyuk.com

Selain keindahan alamnya, masyarakat Sumatera juga punya tradisi unik yang jadi daya tarik wisatawan lokal dan asing, seperti tradisi lompat batu masyarakat pulau Nias.

Jawa

Dieng Plateau – via findingbeyond.com

Pulau terpadat, sumpek, banyak polusi dsb. Eits tunggu dulu! Justru di pulau inilah banyak keberagaman menyatu, mulai dari suku, etnis, agama, semua bersatu di pulau Jawa. Meskipun jadi pulau terpadat, tapi hal itu gak bikin keindahan alam Jawa berkurang, buktinya Dieng masih hijau dan asri.

Air Terjun Madakaripura – via canuckabroad.com

Jawa memang pulau kecil, tapi sudah sejauh mana nih kamu menjelajahi Jawa? Hmm mungkin banyak tempat-tempat eksotis yang belum kamu tahu, contohnya seperti Air Terjun Madakaripura yang spektakuler.

Suku Baduy – via sejarahsenibudaya.blogspot.com

Jawa itu penuh dengan keragaman. Nah, di antara keragaman tersebut, terdapat orang-orang suku Baduy yang di zaman modern ini yang masih memilih cara hidup tradisional. Gaya hidup tradisional ini sudah jadi kebiasaan mereka turun temurun. Unik, kan? Berminat gak mengunjungi keunikan suku Baduy dan mengeksplorasi kehidupan mereka? Pasti seru!

Kalimantan

Suku Dayak – via kisah-dayak.blogspot.com

Sama dengan Sumatera, Kalimantan memiliki sumber daya alam yang kaya, khususnya sumber daya kayu. Kalimantan juga menjadi tempat tinggal berbagai macam suku seperti suku Banjar, Melayu, Kutai, Paser, Berau, dan Dayak.

Labuan Cermin – via pojoksudiro.com

Nah, di Kalimantan ternyata terdapat sebuah hidden paradise yang bernama Labuan Cermin. Danau kecil tersebut memiliki air yang sangat jernih, bahkan kalau kamu naik perahu di danau itu, bayangan dari perahu kamu bisa terlihat di dasar danau karena saking jernihnya, hehe.

Kepulauan Derawan – via ngulon.com

Kalimantan juga punya beberapa pulau kecil yang asik buat dikunjungi nih, contohnya Kepulauan Derawan, yang udah jadi destinasi wisata favorit turis lokal maupun asing.

Sulawesi

Taman Nasional Kepulauan Togean – via journesia.com

Yeah! Akhirnya kita sampai di Taman Nasional Kepulauan Togean yang menjadi habitat berbagai jenis terumbu karang dan surga bagi para diver lokal maupun asing. Tapi jangan sampai melukai terumbu karang ya, soalnya mereka termasuk makhluk hidup yang dilindungi pemerintah. Selain Taman Nasional Kepulauan Togean, tentunya ada Taman Nasional Bunaken, Sulawesi. Yup, memang Sulawesi menyimpan pantai-pantai yang indah dan terumbu karang yang eksotis. Pecinta laut dan pantai wajib datang ke sini deh! Soalnya, panorama di sana dijamin bakal membuat kalian terharu saking indahnya!

Tana Toraja – via torajaparadise.com

Gak cuma cuma dari segi alamnya, Sulawesi juga punya Tana Toraja. Masyarakat suku Toraja punya rumah tradisional yang disebut Tongkonan, dan beberapa upacara adat yang unik, diantaranya yaitu pemakaman Rambu Solo dan pekuburan Goa Londa yang jadi daya tarik wisatawan.

Papua

Kepulauan Raja Ampat – via rajaampat.biz

Bicara mengenai keindahan Papua rasanya gak lengkap tanpa ngomongin Raja Ampat. Yup, gugusan pulau yang kecil, laut yang biru, serta pasir putih yang menawan jadi andalan para turis lokal dan asing buat memanjakan mata atau menenangkan pikiran mereka.

Hutan Tempat Tinggal Suku Korowai dan Rumah Pohon Mereka – via dailymail.co.uk

Tapi buat kamu yang berani wisata ekstrim di Papua, coba kunjungi hutan Papua Selatan dan lihat keunikan suku Korowai yang bermukim di pedalaman hutan Papua. Selain punya gaya hidup yang unik, suku Korowai punya rumah adat khas yang dibangun di atas pohon.

Taman Nasional Teluk Cendrawasih – via thebluebirdpatch.com

Wisata unik Papua lainnya berada di Taman Nasional Teluk Cendrawasih, yang merupakan Taman Nasional perairan terluas di Indonesia. Nah, di sini kamu bisa diving sambil menikmati berbagai macam terumbu karang. Kalau beruntung, kamu juga bisa berenang bareng ikan hiu paus, lho!

Akhirnya selesai juga penjelajahan kita nih guys. Sekarang sudah terbukti kan kalau keindahan Indonesia itu bisa ditemukan di seluruh penjuru, hehe. Bahkan, masih banyak lho hidden paradise yang menunggu buat ditemukan, ibarat kotak yang nunggu buat di-unbox tuh. Makannya, jangan bosen-bosen buat menjelajahi negeri kita.

Tapi setiap penjelajahan pasti butuh “teman” buat mengabadikan momen berharga. Iya, kan?

Teman yang bisa banget kamu andalkan ketika menjelajahi keindahan Indonesia adalah Samsung Galaxy S8Smartphone canggih terbaru dari Samsung ini punya desain layar yang unik (5.8″) dan teknologi kamera dual megapixel teranyar yang memungkinkan kamu mengambil gambar yang bagus di malam hari. Selain itu, ada fitur Pro Mode yang bikin kamu seakan-akan fotografer professional. Fitur Pro Mode ini memungkinkan pengguna untuk mengatur gambar sesuai 6 opsi: ISO, shutter speed, exposure value, color tone, manual focus, dan WB (white balance). Selain itu, hp ini memiliki fitur selfie kamera dan anti air. Tunggu apa lagi, ayo unbox Samsung Galaxy s8 kamu untuk pengalaman unboxing Indonesia yang lebih berkesan! Jadi, let’s unbox Indonesia with Samsung Galaxy s8!

22K Shares