Memilih jurusan kuliah itu bisa dibilang gampang-gampang susah. Kalau nggak begitu, kamu pun nggak akan dibuat bingung sekarang, ‘kan? Dan belum tentu juga jurusan pilihan kamu itu bisa membuka peluang kerja yang memuaskan setelah lulus nanti.

Ya, ya, menentukan minat dan jurusan kuliah itu memang nggak segampang memilih baju. Tapi, jika kamu sudah punya target mau kerja apa nanti, memilih jurusan kuliah bakal jadi sedikit lebih gampang.

Untuk itulah di artikel ini Selipan bakal kasih kamu info tentang 5 pekerjaan antimainstream yang masih jarang diminati orang. Biar begitu, 5 pekerjaan ini nggak membosankan, kok. Setiap harinya kamu pasti bisa menemukan pengalaman baru nan seru lewat pekerjaan-pekerjaan ini. Bayarannya pun menggiurkan lagi.

Bila kamu tertarik dengan salah satu dari 5 pekerjaan di bawah ini, selanjutnya kamu bisa daftarkan diri di jurusan kuliah yang mendukung.

1. Seniman makanan (food stylist)

via flickr.com

Hal utama yang diperhatikan orang saat menyantap makanan adalah cita rasanya. Tapi, jika penampakan makanannya buruk rupa, boro-boro bisa bikin orang nafsu makan. Di sinilah food stylist mengerahkan kreativitasnya untuk menghias hidangan sehingga punya nilai estetis.

Tapi, jangan kira kerjaannya itu simpel. Kamu juga bertanggung jawab dari mulai mengurusi persiapannya, sampai menghitung takaran gizi makanan.

Dan dengan menjadi food stylist, kemungkinan besar kamu juga bakal mengurusi penampilan makanan untuk kebutuhan iklan. Untuk itu, kamu butuh kreativitas dan ketelitian tingkat tinggi.

Jurusan kuliah yang bisa kamu ambil untuk jadi food stylist: Tata Boga, Ilmu Pangan (Food Science).

2. Mak Comblang Profesional

via pexels.com

Siapa sangka kegiatan menjodoh-jodohkan orang ternyata bisa jadi pekerjaan yang serius. Dilakukannya pun secara profesional pula.

Sebagai mak comblang (atau matchmaker), syarat utamanya tentu harus bisa menilai chemistry dari orang-orang yang akan kamu jodohkan. Nggak terbatas sampai di situ, kamu juga harus:

  • Punya koneksi luas.
  • Bisa kasih rasa empati, nasihat, tips seputar masalah hubungan pada klien kamu.
  • Profesional. Jangan sampai kamu malah naksir sama klien, atau meninggalkan klien sebelum mereka mendapat jodoh.
  • Mengerti sifat dan kepribadian manusia yang berbeda-beda.

Jurusan kuliah yang bisa kamu ambil: Psikologi.

3. Hacker profesional

via unsplash.com

Hacker itu sebutan untuk mereka yang menemukan kerentanan dalam keamanan sistem komputer. Sedangkan mereka yang memanfaatkan kerentanan itu untuk hal-hal yang kurang baik disebut Cracker. Mereka belum tentu bisa memperbaiki celah keamanan tersebut.

Maka dari itu, banyak perusahaan yang menggunakan jasa Hacker profesional untuk memeriksa keamanan jaringan dan meningkatkannya, biar nggak bisa dieksploitasi oleh Cracker.

Tertarik jadi Hacker profesional? Asalkan kamu punya kemampuan dasar dan komputer, sebenarnya kamu bisa belajar secara otodidak. Tapi, jika kamu pengin memulai dari nol, sebaiknya masuk dulu ke jurusan kuliah yang berhubungan dengan Teknologi Informasi.

4. Ahli linguistik forensik

via pixabay.com

Linguistik forensik adalah ilmu dan teori yang dipakai untuk menganalisis bahasa dalam konteks hukum. Konsekuensinya, ahli linguistik forensik bakal banyak bekerja di ruang penyidikan atau pengadilan. Karena biar bagaimanapun juga, orang-orang yang terlibat dalam proses penyidikan dan pengadilan itu memakai bahasa untuk berkomunikasi. Dan di sinilah peran dari ahli linguistik forensik, untuk menemukan kebenaran dari suatu kasus melalui penggunaan bahasa.

Tapi, ini hal menariknya: ahli linguistik forensik di Indonesia masih terhitung langka. Jurusan kuliahnya pun masih terhitung sedikit, bahkan di seluruh dunia sekalipun.

Kalau kamu tertarik jadi ahli linguistik forensik, kamu bisa ambil jurusan Bahasa dan Sastra dengan konsentrasi Linguistik untuk S1, lalu ikut program beasiswa S2 Prodi Linguistik Forensik.

5. Travel writer

via unsplash.com

Bekerja sambil jalan-jalan ke luar negeri? Wah, kayaknya itu jadi pekerjaan impian banget, ya. Tapi, kamu bisa kok melakukannya dengan menjadi travel writer. Enaknya lagi, kamu bisa melakukannya tanpa mengeluarkan uang sepeser pun.

Satu hal yang harus kamu ingat, dengan menjadi travel writer, itu berarti kamu harus menuliskan laporan atau pengalaman saat mendatangi suatu tempat. Cara penulisannya pun bukan kayak gaya menulis di buku harian, ada teknik penulisan khususnya. Apalagi zaman sekarang, travel writer itu dituntut untuk nggak sekadar bisa menulis, tapi juga harus punya kemampuan fotografi dan terkadang juga videografi.

Menulis sendiri bukan kemampuan yang mudah buat dipelajari. Makanya, asah kemampuan menulis kamu di jurusan Komunikasi, Jurnalistik, atau Sastra.

 

Tertarik nggak menjajal 5 pekerjaan unik di atas?

Ya, lima pekerjaan itu membutuhkan kemampuan yang bisa didapat di bangku kuliah. Dan semua orang juga tahu, biaya kuliah itu nggak murah. Tapi, kamu nggak perlu putus asa dulu. Sekarang ada banyak beasiswa, kok.

Kamu perempuan yang pengin lanjut kuliah tapi terbentur sama masalah keuangan? Kesempatan terbuka bagi kamu untuk mendaftar di Fair & Lovely Bintang Beasiswa 2019.

Fair and Lovely Bintang Beasiswa merupakan komitmen sosial dari Fair and Lovely untuk membagi kesempatan bagi remaja perempuan Indonesia yang baru lulus SMA, untuk meraih tingkat pendidikan tinggi. Ini sudah ketiga kalinya Fair and Lovely mengadakan program Bintang Beasiswa, lho.

Pendaftarannya gampang pula. Kamu tinggal kunjungi situs voteuntukimpanku.com dan isi formulir. Tapi sebelum daftar, kamu lihat persyaratannya terlebih dahulu. Kriteria pendaftarnya di antara lain:

  • Kamu adalah siswi kelas 12 atau lulusan SMA/SMK/MA/sederajat yang dapat mendaftar seleksi masuk PTN tahun 2019
  • Berasal dari wilayah: D. I. Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Madura, Jawa Barat, Banten, Palembang, Makassar, dan Pontianak.

Untuk syarat lengkapnya, mending kamu langsung lihat langsung di voteuntukimpianku.com.

Nggak perlu ragu untuk mendaftar Fair and Lovely Bintang Beasiswa, jika kamu memang punya impian yang ingin dicapai. Nggak usah pedulikan mereka yang bilang perempuan itu nggak butuh pendidikan yang tinggi. Kamu adalah perempuan, dan itu bukan hal yang bisa menghalangi kamu untuk berkuliah.

Yuk, segera siapkan berkas-berkas pendaftarannya. Pendaftarannya dibuka sampai tanggal 31 Maret 2019.

Oh ya, jika kamu punya produk Fair and Lovely edisi terbatas, kamu bisa mengakses Ruang Guru dengan gratis. Jangan lupa untuk cek kode unik yang ada di kemasan produk tersebut ya. Lumayan ‘kan, kamu bisa belajar dengan cara yang asyik di Ruang Guru.

 




6K Shares