:

Padatnya rutinitas setiap hari kadang membuat kita lupa untuk memikirkan kesehatan tubuh kita. Apalagi untuk kita yang tinggal di kota besar kondisi lingkungan di luar ruangan juga harus diantisipasi, salah satunya adalah polusi. Tanpa disadari polusi ini bisa menyebabkan banyak efek buruk terhadap kesehatan tubuh, mulai dari ancamann terhadap saluran pernafasan, kondisi kulit dan bahkan rambut.

Selain kecantikan wajah masih ada perawatan lain yang wajib dilakukan terutama untuk melawan bahaya polusi. Setiap harinya polusi di kota-kota Indonesia selalu bertambah. Jadi jika kamu ingin terus tampil cantik dan sehat sekaligus melawan bahaya polusi, 5 cara sehat ini wajib kamu lakukan, lho.

Pertama-tama dimulai dari…

1. Olahraga rutin

Sumber: smh.com.au

Tidak hanya menjaga bentuk tubuh saja. Dengan berolahraga rutin minimal 3x seminggu, kamu bisa mendapat segudang manfaat seperti daya tahan tubuh terjaga, menajamkan daya fokus dan ingatan serta menurunkan kolesterol tubuh. Psst, tips buat kamu yang tinggal di kota besar, usahakan berolahraga di pagi hari sebelum banyak kendaraan berlalu lalang karena berolahraga di tengah polusi kendaraan sangat berbahaya bagi kesehatan paru.

2. Meditasi untuk ketenangan jiwa

Sumber: mindbodygreen.com

Sering terpapar bahaya polusi membuat tubuh rentan terhadap bahaya penyakit. Melakukan meditasi bisa menghilangkan stress karena rutinitas sehari-hari dan juga jika diselingi dengan yoga bisa sekaligus mendetoksifikasi tubuh. Faktanya menurut Dr. Handrawan Nadesul, rutin melakukan meditasi bisa membuat wajah berbinar tanpa perlu mengoleskan make up tebal, tidak pucat dan semua organ tubuh berfungsi normal.

3. Air putih dan nutrisi seimbang

Sumber: freepik.com

Tidak hanya sekadar mengilangkan rasa haus, rutin meminum air putih bisa melawan bahaya polusi yang masuk ke tubuh. Air putih bisa melacarkan proses detoks sekaligus menjaga kulit tetap lembab dan tidak kering karena polusi yang masuk ke kulit.

Tidak ketinggalan, makanan yang mengandung nutrisi yang sehat terutama Vitamin E sangat dianjurkan. Berdasarkan penilitian dari King’s College, orang yang mengonsumsi makanan dengan sumber Vit. E tinggi seperti alpukat dan bayam bisa melawan efek dari bahaya polusi partikulat.

4. Exfoliating tubuh

Sumber: khoobsurati.com

Terpapar sinar matahari dan polusi terus menerus setiap hari bisa membuat kulit kusam dan kasar. Tidak mau kan, kulit cantikmu kehilangannya sinarnya? Lakukan exfoliating tubuh minimal 1 minggu 1x agar kulit mati karena efek polusi bisa terkikis dan terganti dengan kulit baru.

5. Perawatan rambut

Rambut adalah mahkota kebanggaan seorang wanita. Sibuk beraktivitas di luar ruangan membuat rambutmu sering terpapar sengatan matahari dan efek buruk polusi1.  Bahkan faktanya rambut itu tiga kali lebih rentan pada efek polusi dibandingkan kulit2, Alhasil bikin rambut lepek, kusam dan rusak, sehingga kerontokan rambut tidak bisa dihindari. Jelas tidak mau kan, hal ini terjadi pada rambutmu? Biar rambut indahmu tetap indah dan sehat, kamu wajib melakukan perawatan rambut dengan keramas menggunakan shampoo dan kondisioner yang mampu melawan bahaya polusi yaitu Pantene Hair Fall Control Shampoo dan 3 Minute Miracle conditioner. Dengan P3K (Pertolongan Pantene Pada Kerontokan), kamu tidak perlu khawatir lagi akan masalah rambut rontok3.Kamu bisa cari tahu info mengenai Pantene di sini.

Dengan kandungan Pro V formula, Pantene Hair Fall Control mampu mengembalikan rambut ke kondisi tersehatnya. Kandungan bermanfaatnya juga mampu menghilangkan debu hingga partikel terkecil polusi yang bisa menyebabkan rambut rontok.

Lawan rontok, lawan polusi dan taklukkan dunia dengan cantikmu!

 

Keterangan:

1: debu dan asap

2: Berdasarkan studi komputasi yang dilakukan P&G pada permukaan rambut dan kulit terhadap paparan polusi (asap dan debu) 2014] di Singapura

3: rontok karena patah