:

Kalau kamu memikirkan tentang Great Britain atau Britania Raya yang pastinya pertama kepikiran adalah bendera Union Jack, logat British yang khas, Kerajaan Inggris, tentara bertopi tinggi, dan film Harry Potter. Iya, ‘kan? Tapi, ternyata tidak hanya Harry Potter dan Kerajaan Inggris saja yang unik di Britania Raya. Kalau kamu amati film-film Inggris lebih jauh, pastinya bangunan serta lokasi bersejarah selalu melekat pada image Britania Raya.

Yup! Di Britania Raya banyak banget gedung-gedung indah nan bersejarah yang sampai sekarang masih kokoh dan dikunjungi banyak orang. Cara mendatangkan wisatawan ke tempat tersebut juga tidak dengan cara biasa, karena cara yang dipakai adalah dengan menggelar kegiatan meriah di bangunan atau lokasi bersejarah tersebut!

Bisa dibilang cara mereka menggunakan tempat bersejarah untuk mengadakan acara yang modern itu seperti menggabungkan #ZamanOld dan #ZamanNow. Penasaran seperti apa kerennya perpaduan tersebut? Yuk, siapkan liburan kamu ke Britania Raya dan segera booking kamar hotel dan tiket pesawat dari sekarang supaya kamu bisa lihat konsep #OMGB yang anti-mainstream ini! Tapi, supaya ada gambaran, seperti ini nih suasana festival serta acara meriah yang digelar di berbagai kota Britania Raya…

London – Movie Nights at the Museum

Natural History Museum, Kensington, London, London, England – Date shot: 17-MAR-09 – Credit: ©VisitBritain / Britain on View

Kamu pernah ngebayangin nonton film-film science fiction dan superhero di museum, nggak? Idenya nyentrik dan kreatif banget, ‘kan? Kalau kamu ke Inggris, kamu bisa menikmati Movie Nights at the Museum yang diadakan di Natural History Museum di Kota London. Gedung museum ini usianya sudah lebih dari seratus tahun, lho! Meskipun demikian, museum ini selalu mengadakan acara seru agar pengunjungnya yang berasal dari berbagai kalangan terhibur. Jadi, selain melihat koleksi batuan alam dan kerangka binatang purbakala, museum ini rutin mengadakan berbagai macam acara menarik. Salah satunya adalah acara Movie Nights at the Museum.

Coba bayangkan ketika kamu masuk ke museum berusia lebih dari 100 tahun berarsitektur Romanesque yang megah untuk menikmati film science fiction modern seperti Star Wars dan Star Trek, pastinya suatu pengalaman tersendiri, bukan? Kalau kamu foto-foto dengan latar gedung bersejarah yang megah seperti Natural History Museum tentunya bakal bikin foto kamu jadi Instagrammable banget! #OMGB!

Kalau kamu sudah tiba di London dan pengin banget mampir ke Natural History Museum, alamatnya terletak di Cromwell Rd, Kensington, London SW7 5BD, UK. Kamu bisa cari tahu lebih jauh tentang acara Movie Nights at the Museum lewat laman Natural History Museum. Hingga awal Maret movie nights ini masih diadakan. Jadi, tunggu apa lagi!? #AyoKeUK!

Apa? Kamu bingung mau menginap di mana? Oke, oke, daripada kamu tidur di museum, coba cek apa ada kamar hotel yang tarifnya pas sama kantong kamu. Sudah ketemu? Bagus! Sekalian juga kamu pesan tiket pesawatnya dari sekarang. Tak perlu pakai alasan lagi malas gerak, karena kamu cukup klik di sini. Gimana nggak gampang, tuh?

Selesai berwisata ke Natural History Museum, selanjutnya kamu bisa menikmati hal-hal yang lebih santai. Destinasi berikutnya adalah…

Manchester  RHS Flower Show at Tatton Park

The RHS Flower Show at Tatton Park, near Knutsford – Date shot: 2009-07-23 – Credit: VisitEngland/Marketing Cheshire

Kalau kamu adalah tipe orang yang suka menikmati keindahan taman serta rangkaian bunga, kamu wajib datang ke RHS Flower Show yang diadakan di Tatton Park, Manchester. Ya, bukan hanya klub sepakbolanya saja yang terkenal, tapi ternyata kota ini juga menyediakan ekshibisi bunga yang spektakuler dan sangat instagrammable. Kalau hobi kamu berkebun, kamu bisa banyak dapat inspirasi di acara yang akan memberikan berbagai macam ekshibisi bunga yang beraneka ragam ini. Selain itu kamu juga bisa mendapatkan berbagai sajian makanan sambil nonton pertunjukkan live.

Tentunya, lokasi ini begitu unik karena ketika festival modern #ZamanNow seperti RHS Flower Show diadakan di lokasi #ZamanOld yang bersejarah seperti Tatton Park. Mau tahu kenapa Tatton Park disebut lokasi yang bersejarah? Itu karena bangunan yang ada di dalamnya didirikan di abad 16 untuk keluarga Egerton dan dihuni keluarga tersebut hingga pertengahan abad ke-20. Tatton Park terkenal akan pengunjungnya yang terdiri dari orang-orang penting seperti keluarga kerajaan dan bangsawan dari mancanegara. Tamu-tamu yang pernah singgah ke sini contohnya adalah Shah of Persia dan Crown Prince of Siam di akhir abad ke-19.

Info lebih lanjut mengenai RHS Flower Show bisa kamu lihat di sini. Kalau sudah tidak sabar ingin melihatnya, kali ini kamu bisa terbang dari Jakarta ke Manchester, lho! Harga tiket PP sekitar Rp10 juta. Alternatifnya, kamu bisa naik bus atau kereta dari London untuk menuju lokasi. Untuk urusan kamar hotel, kamu tak perlu khawatir. Di sana banyak banget hotel yang nyaman. Tapi, kalau kamu tak mau dompet kamu sampai terkuras, mending bandingkan dulu tarif antar hotelnya di sini.

Jika Manchester itu identik dengan Manchester United, rasanya kurang sempurna kalau kita tak membahas kota asal dari musuh bebuyutan MU, Liverpool…

Liverpool – LIVERPOOL BIENNIAL: BEAUTIFUL WORLD WHERE ARE YOU?

Liverpool Biennial – Matej Andraz Vogrincic, St Luke’s Church, Liverpool, UK, 2006 via virtualsacredspace.blogspot.com

Liverpool terkenal juga akan tim sepak bolanya. Tapi, kalau kamu cari tahu tentang kotanya lebih jauh, kamu bisa menemukan berbagai macam bangunan dan lokasi bersejarah, contohnya adalah St. Luke’s Church yang dapat terlihat di foto di atas. Gereja yang dibangun pada awal abad 19 ini sekarang sudah tidak berfungsi lagi sebagai gereja melainkan situs reruntuhan bersejarah. Tapi, meskipun begitu, bangunan #ZamanOld ini masih sering dikunjungi wisatawan dan karena itu masih tetap terawat sehingga bentuk aslinya masih bisa terlihat jelas. Mau dijadikan lokasi fotografi? Cocok banget. Selain itu St. Luke’s Church juga kerap dijadikan lokasi untuk ekshibisi, salah satunya adalah Liverpool Biennial yang amat #ZamanNow karena berbau kontemporer.

Seperti namanya, acara yang dihelat setiap dua tahun sekali di Liverpool ini merupakan perayaan terbesar di UK yang sudah eksis semenjak lebih dari dua dekade lalu. Liverpool Biennial adalah acara khusus seni kontemporer yang tersebar di seluruh kota, baik itu di gedung maupun area terbuka.

Tapi, jangan kira ini cuma acara lokal. Dengan peserta yang mencapai jumlah ratusan orang, Liverpool Biennial merupakan acara berskala internasional. Deretan seniman ternama seperti Yoko Ono dan Ai Weiwei pernah turut terlibat di dalamnya.

Setiap dua tahun sekali ada tema acara yang ditentukan, dan tahun ini temanya adalah Beautiful World, Where Are You? yang terinspirasi dari puisi karya Friedrich Schiller dan diiringi musik Franz Schubert.

Jadi, di satu acara ini saja, kamu sudah bisa melihat berbagai macam instalasi seni, mendapatkan pengalaman yang unik banget, dan menikmati pemandangan kota sambil mengagumi karya seni yang bisa membuat kamu memikirkan tentang kehidupan. Penasaran? Yuk, jadwalkan kapan mau terbang ke sana dan buruan reservasi hotelnya dari sekarang! Festival ini diadakan dari pertengahan bulan Juli hingga akhir bulan Oktober. Untuk info lebih lengkapnya kamu bisa kunjungi situsnya.

Selain Liverpool Biennial yang diselenggarakan di seluruh kota, kamu juga bisa datang ke…

Edinburgh – Edinburgh Festival Fringe

Fire-juggling unicyclist performing in the city streets at the Edinburgh Festival, Edinburgh, City of Edinburgh, Scotland. – Date shot: 17-MAR-09 – Credit: VisitBritain / Grant Pritchard

Kalau kamu ke Skotlandia, coba kunjungi Edinburgh. Salah satu tempat paling terkenal di sana adalah Edinburgh Castle atau Kastil Edinburgh. Bangunan yang juga merupakan situs warisan dunia ini memiliki sejarah yang panjang; bagian St. Margaret’s Chapel didirikan di abad ke-12, bagian Great Hall dibangun di abad awal ke-16, dan di akhir abad ke-16 the Half Moon Battery turut pula ditambahkan. Di samping itu, kastil ini juga menyimpan perhiasan mahkota kerajaan Skotlandia dan juga memiliki National War Museum of Scotland. Pokoknya, saking banyak sejarah yang terkandung di dalamnya, #ZamanOld-nya terasa banget. Sentuhan #ZamanNow di kota ini bisa terlihat lewat festival besar yang sering diadakan, salah satunya adalah Edinburgh Festival Fringe.

Edinburgh Festival Fringe termasuk festival yang sudah lama ada karena dimulai di tahun 1947. Festival ini diselenggarakan setiap bulan Agustus selama tiga minggu berturut-turut. Seniman dari berbagai penjuru dunia pun bakal turut memeriahkan festival ini. Nantinya, pertunjukan-pertunjukan tersebut akan tersebar di seluruh kota, mulai dari pinggir jalan hingga auditorium bergengsi. Berbagai macam jenis pertunjukan seperti komedi, tari, musik, puisi, dan pameran nggak akan membiarkanmu bosan selama mengikuti festival ini. Jika kamu datang ke sana, jangan lupa untuk mengeksplorasi semua sudut kota, ya! Coba cek situsnya deh supaya lebih tahu detailnya. Kalau mau berangkat, coba klik di sini dan untuk bermalam kamu bisa tengok link ini.

Di samping adanya festival performance arts yang tersebar di seluruh penjuru kota, di Edinburgh kamu juga bisa melihat pemandangan countryside atau daerah pinggiran Skotlandia yang indah. Dijamin bakal lebih indah daripada yang pernah kamu lihat di film animasi Brave.

Selain berbagai festival yang memanjakan mata, jangan lewatkan pula festival yang memanjakan perut ini..

York – York Chocolate Festival

The Shambles, York, Yorkshire, England, UK – Date shot: 15-JUL-10 – Credit: VisitBritain / Britain on View

Ada satu hal paling krusial yang nggak bisa dilupakan begitu saja ketika liburan: makanan enak nan nikmat. Meskipun tidak semuanya, tapi sebagian besar umat manusia banyak yang menyukai kelezatan dari cokelat. Nah, pertanyaannya, apakah kamu salah satu penggila cokelat?

Kalau jawabannya iya, coba kunjungi kota York, deh. Karena di kota tersebut, cokelat adalah makanan manis andalan yang bahkan punya festival tersendiri, yaitu York Chocolate Festival. Festival yang merupakan bagian dari York Food Festival ini diselenggarakan pada 9-10 Juni (Taster Festival) dan 21-30 September (Main Festival).

Ketika di York, kamu jangan sampai melewatkan lokasi yang bernama The Shambles. Di tempat yang nyentrik ini, kamu bisa menemukan bangunan-bangunan #ZamanOld gaya abad pertengahan dengan bentuk rumah yang masih bernuansa Eropa tradisional. Tapi, jangan sampai kamu terus memandang kagum bentuk rumah-rumahnya sampai lupa tentang cokelat, karena di The Shambles kamu bisa temukan banyak tempat yang membuat cokelat handmade yang terkenal kelezatannya. Satu tempat yang paling ternama adalah Chocolate Heaven yang, seperti ditunjukkan namanya, memiliki wewangian seperti surganya cokelat.

Kalau kamu dari London dan ingin mengunjungi York, kamu tinggal naik kereta selama dua jam dari stasiun London. Simpel, ‘kan?

A red bus going over Tower Bridge in London – Date Shot: 2012-11-23 – Credit: VisitEngland/Daniela Luquini

Ternyata memang tidak hanya Harry Potter dan Kerajaan Inggris saja yang menjadi ciri khas Britania Raya. Hal yang paling menarik justru adalah hal-hal yang sebelumnya tak pernah kamu duga. Festival dan acara yang disebutkan di atas bisa jadi bukti bahwa #ZamanOld dan #ZamanNow itu bisa disatukan, untuk kemudian memberikan suatu pengalaman tersendiri yang unik bagi wisatawan. Jadi, kalau kamu memutuskan berwisata ke Britania Raya, kamu bakal dapet full package ketika liburan; bisa dapat foto yang Instagrammable banget, bisa mencari food scene yang oke, menemukan music scene yang beragam, dan juga melihat seni dan budaya yang patut diapresiasi.

Sudah siap berkunjung ke Britania Raya? Kamu bisa menikmati liburan seru di sana tanpa perlu pusing memikirkan rencana liburan yang ribet, lho. #OMGB! Cukup dengan mengunjungi situs Wego, temukan berbagai hotel yang nyaman dan jadwal penerbangan yang sesuai untuk liburanmu. Jadi, tunggu apa lagi? #AyoKeUK

9K Shares