:

Apakah ada pembaca Selipan yang sedang menjalani LDR (long distance relationship)? LDR yang dimaksud pada artikel ini terpisah oleh jarak atau beda daerah ya, bukan LDR beda dimensi dan dunia seperti di film Kimi no Nawa atau Upside Down.

Nah, buat kamu yang sedang menjalani masa-masa LDR, bersyukurlah karena kamu menjalaninya di zaman serba canggih ini. Beragam produk digital bisa kamu manfaatkan untuk menjaga hubungan tetap seru dan asyik. Soalnya membuat hubungan tetap seru dan asik tuh nggak mudah bagi para pejuang LDR. Ketemu aja jarang. Benar, nggak?

Memangnya produk digital seperti apa sih yang bisa kamu manfaatkan?

1. Komunikasi itu penting, maka rutinkan berkabar via IM

via pixabay.com/LoboStudioHamburg

Karena kunci utama dalam hubungan adalah komunikasi, kamu harus manfaatkan dengan sebaik-baiknya beberapa instant messaging: Whatsapp, Telegram, atau LINE. Nggak perlu pakai semua, janjian aja bakal lebih sering pakai yang mana.

Tapi patut dicatat juga nih, kalian nggak usah terlalu sering saling berkabar dalam sehari. Misalnya setiap 30 menit sekali kamu kirim pesan ke si dia. Semuanya kamu tanyakan, dari mulai pertanyaan semacam, “Kamu udah makan belum?” sampai “Tetangga di sebelah udah makan belum?” Nantinya dia malah merasa mual karena serasa lagi diinterogasi.

Waktu yang paling ideal buat memberi kabar itu kayak waktu minum obat, tiga kali sehari: setiap pagi, siang, dan malam. Kecuali bila kamu punya pesan yang mendesak atau urgent buat si dia.

2. Dan sering bertatap muka via video call

via pocket-lint.com

“Karena jarak adalah rindu yang terhebat.”

Mau status kalian pacar atau pasutri, kamu dan si dia harus rutin bertatap muka. Percuma dong punya pasangan kalau nggak pernah lihat mukanya, alias komunikasinya cuma lewat teks. Kamu juga nggak bisa lihat ekspresinya dia. Emoji itu bisa menipu lho.

Untuk aplikasinya sendiri, kamu bisa pilih layanan video call di IM seperti Whatsapp dan LINE; medsos seperti Instagram dan Facebook Messenger; aplikasi khusus seperti Google Duo, Hangout, dan Skype.

Kenapa, kamu takut sesi video call bareng si dia terganggu karena koneksi internet yang kurang stabil? Mulai sekarang singkirkan keraguan kamu itu. Kamu bisa baca solusinya di artikel ini.

3. Saling membantu kegiatan pasangan lewat jarak jauh

via thedigitalbridges.com

Kalau kamu sudah kehabisan topik untuk dijadikan bahan obrolan, kamu bisa tetap saling berinteraksi dengan cara membantu mengurangi beban kerjaan atau tugas dia.

Misalnya saja doi lagi sibuk menerjemahkan dokumen, nggak ada salahnya ‘kan kalau kamu menawarkan bantuan. Apalagi kalau ternyata kerjaannya penting banget dan harus cepat selesai, itu kesempatan kamu jadi dewa penolong buat si dia. Daripada pakai fitur kirim file di IM atau medsos cuma untuk mengirim gambar atau video doang, bakal lebih berfaedah kalau kalian gunakan untuk saling mengirim file penting yang bisa meringankan beban kerjaan.

Tapi jangan sampai beban kerja kamu lebih banyak dari dia. Nantinya dia keenakan dong.

4. Streaming video pasangan yang ada di situs video sharing

via chroomebookhq.com

Kalau doi punya channel Youtube, Twitch, Tiktok, atau yang sejenisnya, kamu bisa membantu beri dukungan dengan cara menonton videonya tanpa melewati iklan. Soalnya, yaah… kamu juga pasti tahu lah, iklan bisa menambah pundi-pundi penghasilan dia.

Selain itu kamu juga bisa turut berpartisipasi memberikan ide untuk konten selanjutnya. Terlepas nanti idenya dipakai atau nggak, itu urusan nanti. Kan yang punya channel bukan kamu, jadi jangan sampai malah marahan hanya karena ide kamu nggak dia pilih.

Kalian sama-sama nggak punya channel? Kalau gitu, kenapa kamu nggak bikin mulai dari sekarang? Kamu malah bisa memulainya dengan membuat konten tentang pengalaman hubungan jarak jauh dengan pasangan.

5. Habiskan waktu berkualitas dengan mabar game online

via apkpure.com/ZlongGames

Kalau kalian kebetulan sama-sama demen main game, coba deh main game online bareng si doi. Lagi pula ada banyak banget genre yang bisa kamu pilih: mulai dari game papan (Ludo Online, Let’s Get Rich, Chess Online), game kartu (UNO), game FPS (PUBG, Fortnite, CS:GO, Free Fire), game MMORPG (Laplace M, Ragnarok M, TERA), sampai game serba ada seperti Hago.

“Ta… tapi, tapi ‘kan, untuk melakukan semua itu saya butuh koneksi internet yang kencang? Apalagi untuk main game online atau video call…”

Iya, dong. Kalau ada orang yang nggak masalah memakai koneksi internet yang lambat, kesabaran orang itu harus diacungi jempol! Tapi seperti kata pepatah, kesabaran orang pasti ada batasnya. Sekarang coba kamu bayangkan kalau pas lagi asyik-asyiknya ngobrol sama pacar, mukanya dia tiba-tiba hilang dari layar gara-gara koneksi internet yang kurang stabil. Pasti bikin bete banget tuh.

Biar hidup kamu kamu #JadiLebihBaik, terutamanya kehidupan asmara, mau nggak mau kamu memang perlu koneksi internet yang stabil dan jaringan data yang kuat. Itu adalah keharusan jika kamu mau punya hidup yang #JadiLebihBaik di era digital ini.

Mau dikasih tahu nggak rahasia buat mendapatkannya? Caranya mudah sekali, wahai saudaraku. Kamu tinggal pakai XL Axiata. Kenapa harus XL? Dengan memakai XL Axiata, kamu bisa:

  • Komunikasi sama pasangan lewat video call dengan lancar. Dijamin, kamu nggak akan lihat mukanya si doi jadi kotak-kotak karena jaringan internet yang lambat;
  • Main game tanpa harus mengeluarkan kata-kata kasar dan umpatan hanya karena diganggu koneksi yang nggak stabil. Saat lagi streaming pun, kamu nggak akan menemukan buffering.
  • Kirim file penting dengan cepat. Meskipun ukuran file yang mau kamu kirim itu besaaaar banget, proses unggahnya pasti secepat kilat. Kamu nggak mau ‘kan bikin si doi menunggu file penting yang harus dia kirim ke atasan atau dosennya?

Dan itu cuma secuil dari semua kelebihan yang dipunyai XL Axiata. Kalau kamu penasaran dengan keunggulan dan fitur lain dari XL Axiata, klik saja link ini. Kamu pun bakal tahu kenapa kami sangat merekomendasikan XL. Buktikan sendiri deh #JaringanDataTerkuat dari XL.