:

Sebut saja namanya Agus Karagounis (23). Dia merupakan sosok pria modern yang sangat memerhatikan kondisi kesehatannya. Setiap hari dia bangun sebelum ayam jago berkokok, lalu lari pagi, dan menyantap sarapan dengan menu yang disarankan pakar kesehatan terkondang. Pola hidupnya sangatlah sehat, mungkin sama seperti kamu. Tapi di balik pola hidup sehatnya, ternyata Agus Karagounis punya satu kebiasaan aneh. Dia jarang mandi!

Punya pola hidup sehat tapi jarang mandi? Nggak salah tuh?

Tunggu dulu, guys. Kebiasaan aneh bukan berarti bakal merugikan kamu. Beberapa kebiasaan yang kedengarannya aneh justru bisa kasih manfaat besar buat kesehatan. 5 kebiasaan ini bisa jadi buktinya.

1. Pengin tidur siang yang nikmat dan efektif? Jangan takut minum kopi sebelum tidur

via pixabay.com

Kalau kamu berpikir kopi bisa bikin kamu susah tidur, kamu nggak salah. Kandungan kafein yang ada dalam kopi memang bisa bikin kamu terjaga. Tapi beda ceritanya jika kamu minum kopi sebelum tidur siang. Beberapa penelitian sudah membuktikan kalau minum kopi sebelum tidur siang bisa bikin kamu lebih segar dan menaikkan daya konsentrasi.

Caranya, sebelum tidur siang kamu harus minum sekitar 200 mg (satu gelas) kopi. Minumnya harus cepat, jangan sambil ngemil gorengan dan ngobrol ngalor-ngidul bareng teman. Setelah kopi habis baru deh kamu tidur siang. Nggak usah terlalu lama tidurnya, cukup 20 menit. Ketika kamu bangun, dijamin badan dan pikiran kamu bakal fresh lagi.

Kok efeknya bisa kayak gitu? Gimana cara kerjanya?”

Begini Kapiten, efek dari kopi itu baru bisa bekerja sekitar 20 menit setelah kamu teguk. Jadi kalau kamu minum kopi lalu tidur siang selama 20 menit, efek dari kopi bakal bekerja begitu kamu terbangun. Metode coffee-nap ini malah jauh lebih efektif ketimbang jika kamu cuma tidur siang doang selama satu setengah jam.

“Tapi, saya gak punya kebiasaan tidur siang. Saya bukan anak kecil yang harus tidur siang!” Guys, tidur siang itu bagus buat kesehatan.

2. Setelah menyelesaikan panggilan alam, tutup kloset ketika kamu akan menyiram toilet

via pixabay.com

Alasannya logis banget. Karena ketika kamu menekan tombol flush toilet, partikel-partikel kecil yang berasal dari zat yang kamu buang dalam toilet bakal melayang ke udara, berputar-putar, lalu kemungkinan besar hinggap di… sikat gigi yang kamu pakai setiap pagi dan malam!

Sekarang bayangkan jika kamu membersihkan mulut dengan sikat gigi yang mengandung bakteri dan partikel zat pembuangan. Ughh…

Oke, penelitian lebih lanjut memang masih dibutuhkan buat membuktikan apakah fenomena yang disebut toilet plume ini menyebabkan penyakit atau nggak. Tapi ada baiknya kamu biasakan menyiram toilet dengan keadaan tertutup. Apalagi kalau kamu tinggal dengan banyak orang. Beberapa bakteri penyakit bisa tertular lewat mulut lho.

3. Singkirkan smartphone dan laptop kamu, dan mulai mencatat hal penting dengan tulisan tangan

via pixabay.com

Zaman sekarang sudah nggak aneh jika kita lihat orang mencatat sesuatu pakai smartphone atau laptop. Mungkin kamu juga sering melihatnya di ruang kelas atau ruang rapat. Kenyataannya, mencatat pakai gadget itu memang lebih cepat.

Tapi berdasarkan penelitian, orang yang mencatat dengan tulisan tangan di kertas justru bisa mengingat lebih baik materi yang ditulis. Nggak cuma itu, mereka pun lebih bisa memahami materi dalam jangka panjang. Hal itu bisa terjadi karena orang yang mencatat dengan tulisan tangan cenderung lambat. Jadi mereka harus mencerna kata-kata yang didengar, nggak asal catat. Di penelitian, mahasiswa yang mencatat di atas kertas bahkan cenderung dapat nilai yang lebih tinggi dibanding mereka yang mengandalkan laptop.

Jadi masih ada yang bilang kita sudah nggak perlu kertas lagi? Salah satu cara mudah untuk menguatkan kemampuan berpikir ya dengan mencatat pakai tulisan tangan.

4. Jangan langsung menyikat gigi setelah kamu makan

via youtube.com

Alih-alih membuat senyum kamu terlihat menawan di depan gebetan, langsung menyikat gigi setelah selesai makan malah bisa bikin gigi rusak. Terlebih lagi kalau kamu menyikat gigi setelah makan atau minum hidangan yang tinggi kandungan asam. Contohnya soda, jus buah, atau bahkan keripik yang mengandung garam dan gula.

Kalau mau dianalogikan ke cerita silat, gigi kamu itu berada dalam keadaan yang lemah dan babak belur setelah makan makanan asam. Dan menyikat gigi itu bagaikan menenggak pil racun (yang dikirim musuh dari perguruan saingan) yang justru bakal merusak enamel atau lapisan email gigi.

Sebelum kamu menyikat gigi, sebaiknya tunggu dulu sekitar 30 menit sampai satu jam. Dan sambil main game di handphone, kamu bisa menunggu waktu berlalu dengan berkumur pakai air bersih atau mengunyah permen karet yang nggak mengandung gula. Tujuannya? Biar air liur bisa membersihkan mulut kamu dari asam.

5. Berkumur dua kali sehari pakai mouthwash

via thehealthsite.com

“Ngapain saya mesti berkumur? Toh, saya rajin sikat gigi siang-malam sambil tersenyum riang kayak di iklan-iklan.”

Iya sih, menyikat gigi secara rutin memang penting dan harus. Tapi faktanya, menyikat gigi saja nggak cukup. Menyikat gigi itu cuma bisa membersihkan sekitar 25 persen area mulut kamu. Sisa 75 persennya? Susah terjangkau, terutama bagian gusi. Kalau kamu biarkan, area yang nggak terjangkau itu nantinya bakal dipenuhi bakteri. Efek yang paling terasanya napas kamu nggak akan terasa segar alias berbau tak sedap. Nggak keren juga ‘kan kalau badan kamu sehat tapi napas tak berasa sedap di hidung? Sayang banget tuh.

Nggak cuma soal napas, bakteri pun bisa menyebabkan penyakit gusi. Dan lama-kelamaan, penyakit gusi juga bisa menimbulkan penyakit lain; dari mulai gigi yang copot, infeksi mulut, sampai penyakit jantung. Ya, hasil penelitian bilang kalau orang yang menderita penyakit gusi lebih rentan terkena penyakit jantung.

Jadi masih mau mengabaikan kesehatan mulut? Selain badan, bagian dalam mulut juga harus diurus dong.

Nah, untuk merawat kesehatan gusi, selain rajin menyikat gigi kamu juga harus rajin berkumur dengan mouthwash. Ingat, berkumurnya harus dua kali sehari. Masing-masing selama 30 detik sehabis kamu menyikat gigi, biar lebih maksimal. Jadi kalau misalnya kamu berkumur setiap sehabis sarapan, kamu sebaiknya berkumur lagi sebelum tidur. Dengan begitu napas kamu juga bakal terasa segar 24 jam bahkan ketika kamu tidur. Berkumurnya coba pakai varian terbaru dari LISTERINE®, yaitu LISTERINE® Gum Care! Karena varian ini bisa melawan 99,9% kuman penyebab masalah gusi.

Untuk membuktikannya, kamu bisa coba tantangan #21HariUpgradeDiri dengan LISTERINE® Gum Care. Cek warna gusimu dari waktu ke waktu untuk memastikan kalau gusi kamu sehat dengan berwarna merah muda!

Di hari ke 21, kamu akan merasa mulutmu extra bersih. Pastinya dong! Napas kamu pun bakal terasa segar dan kamu bisa upgrade senyummu. Tapi bukan berarti setelah 21 hari kamu gak usah lagi berkumur pakai LISTERINE®. Lanjutkan terus kebiasaan berkumurmu dengan LISTERINE® Gum Care biar gusi kamu tetap sehat. Gak usah bingung carinya di mana, kamu bisa klik di sini.

Sudah siap ikutan tantangan #21HariUpgradeDiri bareng LISTERINE® Gum Care?

4K Shares