Pernah gak kamu ngelakuin suatu kegiatan berjam-jam tanpa merasa capek dan kelelahan, dan bahkan bisa sampai lupa waktu karena saking asiknya? Yup, itulah yang dinamakan passion, atau dalam kata lain kegiatan yang dilakukan dengan semangat dan penuh hasrat.

Punya passion itu berguna banget, guys. Selain bisa bikin hidup kamu lebih berwarna, memiliki suatu passion juga ngebantu buat nentuin tujuan-tujuan dalam hidup kamu. Bahkan gak sedikit lho orang-orang yang nyari uang lewat passion mereka, penulis novel dan pelukis misalnya. Passion juga bisa jadi “pelarian” dari jenuhnya rutinitas pekerjaan dan bikin otak kamu jadi lebih freshSekarang kebayang kan pentingnya punya passion dalam hidup?

Tapi meskipun passion itu penting, faktanya sebagian orang masih ada yang kebingungan menentukan passion mereka karena berbagai alasan tertentu. Nah, kalau kamu termasuk dalam kategori tersebut, 5 tips berikut bisa bantu menggali passion yang kamu inginkan dan bikin kamu lebih bersemangat menjalani hidup!

Pertama, dimulai dari…

1. Ingat-Ingat Lagi Masa Kecilmu dan Kegiatan yang Dulu Suka Kamu Lakukan

via thedailybeast.com

Gak bisa dipungkiri, masa kanak-kanak adalah masa paling menyenangkan dalam hidup kamu, kan? Tapi seiring bertambah usia, tentunya banyak hal yang berubah dan mungkin aktivitas yang dulu suka kamu lakukan sewaktu kecil udah kamu tinggalkan gitu aja.

Buat nemuin passion kamu, coba deh inget-inget lagi masa kanak-kanakmu dan hal-hal yang dulu pernah kamu sukai kayak hobi, permainan, makanan, acara, dan sebagainya. Kalau perlu kamu bisa bikin daftar hal yang kamu sukai tersebut dan cari tau apakah di umur kamu yang sekarang, kamu masih enjoy ngejalanin kegiatan yang ada di dalam daftar. Siapa tahu, dengan cara ini, kamu bisa membangkitkan passion kamu atau bahkan menggugah passion yang baru. Misalnya, kalau kamu suka menggambar waktu kecil, kamu bisa tekuni lagi dan kembangkan lagi menjadi seni desain grafis. The possibilities are endless!

Jangan lupa buat mengeksplorasi daftar yang udah kamu buat dan sesuaikan kegiatan tersebut dengan umur kamu yang sekarang ya, misalnya kalau waktu kecil kamu suka bermain susun balok, sekarang kamu bisa nyoba buat bikin miniatur bangunan dari barang bekas atau bahan lainnya.

2. Perbanyak Observasi

via reference.com

Mungkin salah satu penyebab kamu belum menemukan passion yaitu karena pikiran yang terlalu fokus kepada satu hal dan cenderung menutup diri terhadap hal-hal baru.

Guys, coba deh rileks sejenak, tenangkan diri. Kemudian sempatkan diri kamu untuk memperluas pandangan dan pengetahuan tentang apapun, terutama tentang hal-hal positif yang pernah bikin kamu penasaran. Cara yang paling simpel misalnya membaca artikel-artikel di internet mengenai gaya hidup, hobi, event, dan sebagainya.

Kamu juga bisa mulai dari mengobservasi lingkungan sekitar dan nyari sesuatu atau tempat yang menarik buat kamu. Cara ini sering dilakukan banyak penulis, seniman, dan orang yang sering berkarya, lho. Kenapa? Biasanya dengan mengobservasi sekitar kita, kamu bisa mendapatkan ilham dan inspirasi, dan disitulah kamu juga bisa menemukan passion kamu.

3. Cari Teman “Sejiwa”

via chippendaleschool.com

Perjalanan kamu untuk menggali passion bakal lebih asik kalau kamu punya teman, kan? Bukan teman sembarang saja, lho. Tapi teman “sejiwa.” Coba deh ajak satu teman terdekat kamu yang paling nyambung jalan pikirannya dengan kamu untuk mencoba hal yang baru bersama. Selain jadi tempat bertukar ide, teman “sejiwa” juga bikin kamu gak gampang bosen buat ngejalanin suatu kegiatan. Selain itu, kamu juga bisa bertukar pikiran dan brainstorming ide-ide yang lebih asik dilakukan bersama dari pada sendiri. Iya, kan?

Nah, bagi yang udah nemuin passion tapi belum punya teman “sejiwa”, mungkin sekarang waktunya kamu nyari nih, guys. Salah satu caranya yaitu dengan bergabung ke komunitas yang satu passion dengan kamu. Dengan bergabung ke satu komunitas, kamu bisa memperluas pengetahuan passion kamu dan berkesempatan mengikuti acara-acara yang berhubungan dengan passion dan minat kamu, lho.

4. Jangan Dulu Memikirkan Uang

via pexels.com

Mungkin bisa dibilang tips nomer 4 ini gak realistis, karena semua orang butuh uang buat mencukupi kebutuhannya. Tapi tunggu dulu, maksud sebenarnya dari tips yang satu ini adalah supaya kamu mengesampingkan dulu pikiran-pikiran yang berhubungan dengan uang dan bisnis yang cenderung dapat menimbulkan stress.

Dengan cara ini kamu bisa ngembangin passion kamu dengan lebih efektif. Sebab, pikiran yang fresh bisa melahirkan ide-ide cemerlang dan bikin kamu jadi lebih kreatif. Coba ukur dulu sejauh mana kamu sudah menggali dan ngembangin passion kamu, dan teliti seberapa besar peluang yang kamu punya untuk survive dalam persaingan di dunia bisnis.

5. Tunjukkan Passion Kamu Pada Dunia

via pexels.com

Guys, jangan ragu-ragu buat nunjukkin passion yang kamu punya ke orang lain, apalagi kalau kamu memang punya bakat. Kamu bisa nunjukkin passion kamu dengan mengikuti event-event terkait atau sekedar berbagi kepada netizen melalui media sosial.

Share alias tebarkan passion kamu di media sosial bisa memperbanyak teman dan membuka kesempatan bisnis, lho. Terus, kalau memang passion kamu positif, gak menutup kemungkinan bakal ada orang lain yang terinspirasi dan ingin mengikuti passion yang kamu jalani.

Kamu juga bisa menginspirasi orang lain dengan passion kamu melalui event Passionville 2017. Event ini punya tema #PassionForNation yang mana Passionville mengundang anak muda Indonesia untuk “mengemas” passionnya ke dalam sebuah proyek yang bisa ngasih dampak positif bagi masyarakat, lingkungan, dan negara. Dengan mengikuti event ini, kamu berkesempatan mewujudkan proyek passion kamu, lho. Caranya gampang, tinggal buka situs passionville.id, isi biodata, lalu submit rencana proyek yang kamu punya. Buat kamu yang ikutan event ini cukup kemas idenya dalam bentuk proposal #ProjectPassion yang bisa di submit sebelum 14 Oktober 2017.

So, tunggu apa lagi ayo kirim ide #PassionForNation-mu dan buktikan kalau kamu passioner sejati!

 

8K Shares