:

Untuk para ibu yang memiliki buah hati, memasukkan anak ke sekolah adalah fase yang harus dilalui dalam memenuhi kebutuhan pendidikan anak. Meski tampaknya biasa saja, tapi ternyata fase ini cukup penting bagi anak dan ibu sendiri. Anak harus siap secara mental dan fisik, begitu pula dengan ibu sudah harus mempersiapkan semuanya secara matang. Jadi pastikan 5 hal ini sudah dipersiapkan sebelum si kecil mulai bersekolah ya, bu.

1. Mencari sekolah yang tepat

siswa-paud-tb-amanah
sumber: paud.kemdikbud.go.id

Hal pertama yang mesti dilakukan tentunya mencari sekolah yang tepat. Tidak hanya sekolah terbaik, tapi juga sekolah yang bisa menunjang produktivitas anak dan keluarga. Mungkin ada sekolah yang bagus tapi lokasinya sangat sulit dijangkau dari rumah sehingga ibu akan kesulitan untuk mengantar anak setiap harinya. Namun ada juga sekolah yang dekat namun tidak terlalu cocok dengan kriteria yang ibu idamkan.

Oleh karena itu ;akukan survey sekolah-sekolah terbaik dan sesuai dengan pertimbangan lainnya. Bisa mencari rekomendasi dari sepupu atau tetangga sehingga ibu bisa mempertimbangkan dari aspek manapun. Ingat, cari sekolah yang tepat untuk anak, bukan hanya sekolah dengan kualitas terbaik.

2. Menyiapkan mental anak untuk sekolah

lomba-mewarnai-paud-makarima-1
sumber: m.semarangpos.com

Anak akan memiliki kegiatan baru di sekolahnya nanti. Siapkan mental anak untuk menjalaninya. Asah terus kepekaan sosialnya agar bisa berteman dengan anak-anak lain di sekolah. Latih juga kemandiriannya agar nanti ia bisa memakai sepatu sendiri, mengancingkan baju sendiri, atau buang air sendiri. Berikan pemahaman bahwa sekolah adalah hal menyenangkan sehingga anak tidak berpikiran negatif dan takut untuk masuk ke sekolah yang baru nantinya.

3. Memastikan nutrisi anak tercukupi

thumb_4619_article_image_383x254
sumber: sahabatnestle.co.id

Kegiatan bersekolah akan menuntut anak untuk tetap sehat, aktif, dan juga cerdas. Memastikan nutrisi anak tercukupi sedari awal adalah keputusan bijak. Untuk mendapatkan nutrisi yang tercukupi, ibu bisa memberikan Dancow Fortigro sebagai persiapan sebelum sekolahnya. Dancow Fortigro memiliki kandungan nutrisi yang lengkap seperti vitamin A, C, E, dan zinc untuk memberikan daya tahan tubuh, Omega 6 untuk membantu proses belajarnya, serta kandungan protein dan kalsium untuk mendukung perkembangannya. Dengan pemberian nutrisi yang cukup, maka anak siap untuk memulai kegiatan di sekolah barunya.

4. Merencanakan biaya pendidikan dengan matang

3-Cara-Jitu-Mempersiapkan-Biaya-Pendidikan-Anak
sumber: bravob.net

Proses pendidikan bertahun-tahun tentunya berpengaruh pada pembiayaan yang perlu dipersiapkan dengan matang. Merencanakannya dari awal membuat pemetaan finansial keluarga lebih jelas. Apalagi jika ibu memiliki lebih dari satu anak, tentu perencanaan biaya pendidikan ini mesti didiskusikan dengan ayah. Menyiapkan tabungan pendidikan atau asuransi pendidikan mungkin langkah yang bisa ditempuh sebelum anak benar-benar masuk sekolah.

5. Merelakan anak dengan dunia barunya

gosumbarcom_xwe79_252
sumber: gosumbar.com

Meski tak semua orang tua memiliki sisi emosional yang sama, tapi menyekolahkan anak dan melepaskan anak ke dunia baru terkadang belum seratus persen bisa dilakukan oleh ibu. Perasaan takut dan cemas berlebih sering dirasakan ibu saat anak lepas dari pelukan. Apalagi berada di tempat yang baru ia datangi. Seorang ibu harus bisa meredam dramatisasi sekolah ini dengan baik. Jika tidak, anak akan merasa terbebani saat pergi ke sekolah.

dancow

Setelah membaca 5 hal di atas, ibu mulai tercerahkan bukan? Sekali lagi menyiapkan anak masuk sekolah tidak hanya mendaftarkan di sekolah terbaik dan peralatan tulis yang bagus ya, bu. Jika ibu ingin mengetahui lebih lanjut tentang kesiapan nutrisi yang lengkap bisa langsungĀ ke sini.

1K Shares