Apakah yang pertama kali kamu pikirkan ketika kamu mendengar kata “cantik”? Apa kamu memikirkan sosok seorang perempuan yang memiliki paras elok? Atau kamu memikirkan seorang artis cantik yang menurut kamu memiliki kecantikan yang “ideal”? Pada akhirnya, semua orang punya konsep kecantikan perempuan yang berbeda-beda karena hal ini bisa dibilang suatu hal yang subjektif.

Sebenarnya, kecantikan tidak cukup dilihat hanya dari paras saja. It’s More Than You Can See. Jika seorang perempuan memiliki karisma yang terpancarkan, maka kecantikan dari dalam juga akan turut terpancarkan. Kecantikan yang sesungguhnya ini bahkan dapat menggerakkan massa dan bahkan membuat suatu perubahan. Contohnya seperti yang sudah dilakukan 5 perempuan hebat yang sudah tercatat dalam sejarah ini.

1. Cleopatra: Ratu yang terkenal akan kecantikan dan kecerdasannya

via pexels.com

Jika kamu mendengar nama Cleopatra, mungkin kamu berpikir ratu yang pernah menguasai Mesir Kuno selama 30 tahun lamanya ini menggunakan kecantikan sebagai kekuatan andalannya. Dalam budaya populer, kecantikan parasnya saja konon bisa menggerakan massa.

Pada kenyataannya, Cleopatra atau Cleopatra Ke-VII bukanlah sembarang ratu. Dia sangatlah berpendidikan dan cerdas. Disebutkan bahwa dia bisa berbicara berbagai bahasa yang mempermudah interaksi dengan orang-orang asing. Plusnya lagi, dia merupakan pemimpin di tiga wilayah. Jadi, meski dalam banyak cerita dan mitos Cleopatra dapat meluluhkan hati pemimpin Romawi seperti Julius Caesar dan Mark Anthony hanya dengan parasnya, hal tersebut tidaklah benar. Sebetulnya sisi intelektual dan karismanyalah yang membuat banyak orang tunduk, dan sekaligus membuat namanya tercatat dalam sejarah.

2. Mary Wollstonecraft: Penulis, filsuf, dan advokat hak-hak perempuan

via pexels.com

Ibu dari Mary Shelley (penulis novel terkenal yang berjudul Frankenstein) dan penggerak gelombang feminisme yang pertama ini pada awalnya banyak sekali yang menentang. Di abad ke-18, Mary Wollstonecraft mengemukakan gagasan tentang kesetaraan antara laki-laki dan perempuan, khususnya hak-hak perempuan di bidang pendidikan dan di ranah pekerjaan. Meski pada masanya dia ditentang, gagasannya yang revolusioner hingga saat ini masih bertahan.

3. Amelia Earhart: Penulis dan pilot perempuan pertama yang terbang sendirian melewati Samudra Atlantis

via pexels.com

Amelia adalah pilot perempuan pertama yang pernah terbang sendirian melewati Samudera Atlantis di tahun 1928. Pada saat itu, dia juga merupakan satu dari enam perempuan yang diberikan surat izin untuk menerbangkan pesawat.

Di tahun 1931, dia bergabung dengan grup perkumpulan pilot perempuan yang dimanakan “The Ninety-Nines” untuk mendukung kaum perempuan di bidang penerbangan. Sayangnya, Amelia menghilang ketika dia terbang di atas Samudera Pasifik di tahun 1937. Kala itu dia mencoba untuk mengelilingi dunia. Tapi sayangnya dia tidak pernah ditemukan lagi. Meskipun gagal, keberanian Amelia Earhart masih mengispirasi banyak orang untuk terbang menjunjung mimpinya.

4. Malala Yousafzai: Aktivis HAM dan hak pendidikan perempuan, pemenang penghargaan Nobel termuda

via flickr.com

Kalau kebanyakan anak remaja zaman now sibuk menambah followers di media sosial, Malala Yousafzai sudah berhasil mendapatkan penghargaan Nobel di usia 17 tahun. Apa kira-kira jasanya? Tahun 2012 di Pakistan, Malala pernah jadi korban penembakan ketika dia berada di dalam bus sekolah. Bayangkan, itu terjadi hanya karena dia mengutarakan pendapatnya tentang pendidikan untuk perempuan.

Tapi hal tersebut tak membuatnya berhenti memperjuangkan kaum perempuan untuk mendapatkan hak pendidikan yang setara. Malala terus melanjutkan perjuangannya hingga saat ini dan turut menjadi panutan banyak orang, khususnya perempuan yang ingin memiliki hak yang setara di bidang pendidikan.

5. Raden Adjeng Kartini – Penggerak kebangkitan perempuan di Indonesia

via kabarnesia.com

Terlahir dari keluarga bangsawan, Kartini muda tak bisa melanjutkan pendidikan karena pendidikan yang tinggi tidak tersedia untuk perempuan pada saat itu. Tapi hal inilah yang membuat dia termotivasi. Akhirnya dia utarakan pikirannya dalam surat-surat yang dipublikasikan di majalah berbahasa Belanda. Surat-surat ini lalu dikompilasikan menjadi buku yang sekarang dikenal sebagai Habis Gelap Terbitlah Terang.

Ulang tahunnya kini dirayakan seluruh Indonesia dan diberi nama Hari Kartini. Meski sudah tiada, seperti lagunya, namanya tetaplah harum sebagai sosok pahlawan yang terkenal akan gagasannya mengenai emansipasi perempuan dan penggerak hak pendidikan bagi perempuan Indonesia.

Keharuman nama seorang perempuan seperti kelima sosok hebat di atas memang tidak didapat dengan cara yang mudah tentunya. Mereka berjuang tidak hanya dengan mengatasnamakan perempuan saja, tapi juga dengan usaha keras agar mereka didengar. Ada yang berjuang menggunakan kemampuan menulis, kecerdasan dalam memimpin rakyat, hingga dengan mempertaruhkan nyawanya. Semua sosok perempuan tersebut yakin dengan dirinya sendiri dan, tentunya, dampaknya adalah semua orang dapat merasakan karisma mereka.

Hal inilah yang membuat mereka semua cantik, tidak hanya di luar tetapi dari dalam juga. Karena kecantikan sesungguhnya itu More Than You Can See alias lebih dari apa yang terlihat.

Tapi apa kamu tahu dari mana seseorang bisa mendapatkan karisma?

Ya, rasa percaya diri. Rasa percaya diri akan berdampak besar terhadap seberapa besar karisma yang terpancarkan seorang perempuan. Karisma seseorang, layaknya Cleopatra, dapat menggerakan massa dan bahkan bisa berdampak pada perubahan, mulai dari yang kecil hingga yang besar.

Lalu, dari mana kamu bisa mendapatkan rasa percaya diri?

Diperkaya dengan Floral Fusion Oil, LUX Velvet Jasmine dapat membantu perempuan Indonesia untuk mendapatkan rasa percaya diri dengan kulit halus dan wangi. Siapa yang tidak akan merasa percaya diri dengan kulit halus dan wangi?

Rasa percaya diri bisa bikin siapa pun termotivasi! Setelah kamu mendapatkan kepercayaan diri dengan LUX Velvet Jasmine, maka kamu bisa tantang diri kamu sendiri dan buktikan pada dunia bahwa kamu adalah perempuan yang hebat! Tunjukkan pada dunia bahwa kamu bisa. Because it’s ‘More Than You Can See’!




Shares 10K