:

Jika kamu orangnya jeli, kamu pasti sadar kalau dunia ini dipenuhi sama orang-orang yang susah berkonsentrasi di saat-saat penting. Kalau kamu nggak percaya, coba kamu lihat di ruang-ruang kelas. Kamu pasti bisa menemukan orang yang pura-pura mendengarkan dosen yang lagi “berceramah” di depan kelas, tapi sebenarnya dia itu lagi melamun. Di seluruh kampus yang ada di dunia ini, orang macam itu pasti ada. Dan mereka itu biasanya melamun karena, balik lagi, mereka nggak bisa mempertahankan konsentrasi.

Well, sesungguhnya, saudara-saudara, fenomena ajaib itu nggak cuma terjadi di ruangan kelas yang ada di kampus. Ke mana pun kamu pergi, kamu pasti bisa menemukan orang yang kurang fokus.

Tapi apakah sebetulnya penyebab terjadinya fenomena itu? Lewat artikel inilah kita akan mengupas (nggak sampai tuntas) penyebab-penyebab kenapa orang bisa kehilangan konsentrasi di saat mereka lagi membutuhkannya. Penyebab yang pertama adalah…

1. Kurang Tidur

Sumber: alexfergus.com

Dahulu kala, hiduplah seorang musisi yang digelari Kaisar Dangdut. Sang Kaisar tersebut sering mengimbau penggemar fanatiknya untuk jangan begadang. Meskipun nasihatnya itu mirip kayak nasihat para orangtua terhadap anak mereka yang berstatus pengangguran, tapi perkataan sang Kaisar ada benarnya juga, lho.

Kebiasaan begadang itu bisa berakibat berkurangnya waktu tidur seseorang. Jika orang itu kurang tidur, ia bakal cepat lelah saat beraktivitas. Dan rasa lelah pada akhirnya bakal berujung pada konsentrasi yang menurun. Jika mau meminjam istilah saintifik, kinerja kognitif otak bisa menurun saat kita kurang tidur.

Apa pun dalihnya, mau itu karena kerja lembur atau ngeronda, mendapat waktu tidur minimal delapan jam setiap hari itu penting buat manusia. Jadi solusinya? Ayolah, nggak usah dikasih tahu pun, kamu pasti tahu.

2. Otak kurang dilatih

Maksudnya bukan dilatih lari sprint 100 meter atau sit up 100 kali ya.

Dilatih di sini maksudnya lebih ke mengasah otak biar tetap tajam. Dan kamu pun nggak perlu sampai mengerjakan soal-soal matematika di buku LKS buat melakukannya. Cari saja cara yang efisien tapi tetap menyenangkan. Misalnya, dengan bermain shokudo atau permainan lain yang harus mengandalkan strategi. Atau bisa juga dengan mulai rutin mengisi TTS (teka-teki silang).

Sumber: smithsonianmag.com

3. Terlalu banyak Pikiran

Sumber: womeneat.com

Berapa banyak hal yang kita pikirkan dalam sehari? Bayar kostan; bayar listrik; beli kuota internet; tugas yang numpuk; deadline yang harus dikejar; gebetan yang hilang kabar, tapi pas dicek Instagram-nya, ternyata doi lagi asyik kongkow sama teman-temannya.

Oke, cukup. Memang bisa dipahami kalau kamu memikirkan banyak hal dalam keseharian. Tapi, jika dipikir-pikir lagi, nggak semua hal itu masuk dalam kategori genting. Kamu mungkin terlalu banyak memikirkan hal remeh yang seharusnya nggak usah dikhawatirkan.

Cobalah buat menyortir lagi semua masalah kehidupan kamu berdasarkan skala prioritasnya. Lebih penting mana misalnya, bayar kostan atau gebetan yang cuma read Whatsapp kamu tapi nggak pernah balas?

4. Dehidrasi atau Kurang Minum

Ini tuh masalah yang paling sederhana tapi juga paling sering disepelekan. Ayolah, kamu itu nggak lagi tinggal di padang pasir yang tandus. Air minum bisa didapatkan dengan relatif gampang.

Air itu elemen yang penting dimiliki oleh tubuh. Dengan minum air yang cukup, tubuh kita bisa berfungsi dengan baik. Sekarang coba bayangkan jika kamu dehidrasi. Selain sulit berkonsentrasi, badan kamu juga bakal gampang lemas dan ngantuk; daya ingat bisa visual bisa menurun; dan pikiran juga jadi gampang cemas dan tegang.

Itu baru efek jangka pendeknya. Efek jangka panjangnya jauh lebih dahsyat dan mengerikan: batu ginjal dan infeksi saluran air kemih. Duh, itu penyakit nggak ada keren-kerennya.

Jadi, sudah ingat ‘kan betapa pentingnya asupan cairan untuk tubuh? Tapi jangan asal pilih air minum juga ya. Pilih air minum yang…

  • Tidak berasa
  • Tidak berbau
  • Tidak berwarna/jernih
  • Tidak mengandung zat yang berbahaya bagi tubuh

Dan semua persyaratan air minum yang baik itu bisa kamu dapatkan di AQUA. Pasti kamu familiar ‘kan sama namanya?

Iya dong. Sebagai merek yang sudah lebih dari 45 tahun menyediakan air minum yang murni dari sumbernya, hampir semua orang di Indonesia bahkan menyebut nama AQUA jika membeli air mineral. Dan bukan tanpa alasan kenapa banyak orang begitu percaya pada kualitas tinggi yang dikandung AQUA. Air mineral kemasan yang dianugerahi sebagai merek paling terkenal di Indonesia ini selalu memilih sumber mata air terbaik. Sumber mata air itu pun sudah melewati proses pengecekan yang teruji dari segi kualitas, kuantitas, dan kesinambungan airnya. Di samping itu, AQUA juga memastikan setiap tetesnya terjaga keasliannya seperti di sumbernya dengan tidak memakai bahan kimia pemurni air.

Jadi bisa dibilang, minum air AQUA itu serasa minum langsung dari sumber mata air.

Sejarah membuktikan kalau melestarikan sesuatu hal itu terbukti bukan pekerjaan yang gampang. Tapi AQUA sudah terbukti dengan pengalaman lebih dari 45 tahun, AQUA menyajikan air dengan kualitas terbaik dari mata air terbaik untuk menyehatkan masyarakat seluruh Indonesia. Memiliki produk dengan high standar dengan lebih dari 400 parameter pengecekan membuat AQUA konsisten mengalirkan air mineral berkualitas. 

Nah, jadi jelas kan.. Buat kamu yang merasa susah konsentrasi akhir-akhir ini, bisa banget dibikin fokus lagi dengan istirahat yang cukup dan penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan AQUA. Jangan sampai jadi dijauhin orang-orang di sekitar karena kamu kebanyakan bengong dan gak fokus!

897 Shares