Wow! Tulisan Tangan Bisa Ungkap Kepribadian? Buktiin Yuk!


:

Tuhan menciptakan manusia di berbagai macam daerah, suku dan karakter. Kamu tahu nggak? Untuk menganalisa karakter, biasanya memakai ilmu psikologi. Bahkan sekarang karena pesatnya perkembangan ilmu psikologi, kepribadian bisa diungkap hanya melalui tulisan! Sistem seperti ini disebut grafologi.

Grafologi sudah ada sejak tahun 1622, dan mulai terkenal pada abad ke-19. Udah lama banget yah! Hadirnya grafologi sudah memberi banyak kemajuan dan manfaat terhadap beberapa bidang, lho! Contohnya seperti bidang pendidikan untuk membantu guru untuk memahami karakter siswa, bidang pekerjaan untuk memilih orang yang tepat untuk dijadikan karyawan, bidang kriminal untuk menganalisis tulisan tangan untuk mengidentifikasi tersangka, bahkan bidang kesehatan untuk menganalisis kesehatan lebih dalam (seperti penyakit Alzhheimer).

Menurut ahli Grafologis Kathy Mcknight, grafologi bisa menganalisis lebih dari 5.000 macam kepribadian. Banyak banget yah! Analisis kepribadian melalui grafologi ada 4 jenis yaitu…

 

1. Ukuran

via blog.ctnews.com
via blog.ctnews.com

Berukuran Besar

Kalau kamu tulisan tangganya besar tandanya kamu itu orangnya terbuka dan senang bersosialisasi dengan teman-teman (seperti hang out, pesta, dan pertemuan lainnya). Maka tak heran, orang-orang di sekeliling sangat suka kalau dekat denganmu, karena kamu gampang akrab dengan siapapun.

Berukuran Kecil

Kamu adalah orang yang tertutu dan tidak suka bertemu dengan banyak orang, dan lebih suka menyendir. Tapi kelebihan kamu yaitu bisa sangat fokus dan konsentrasi kalau lagi belajar ataupun bekerja. Makanya pasti tugas cepet selesainya.

 


2. Kemiringan

via digitaljournal.com
via digitaljournal.com

Miring ke kanan

Yang tulisannya miring ke kanan biasanya bertipe sentimental, impulsif, dan sangat suka berekspresi. Karena kamu orangnya gampang akrab dengan siapapun, makanya kamu suka bersikap hangat ke mereka. Contohnya, memeluk teman-temanmu kalau bertemu dan cipika-cipiki. Semua orang tahu kalau kamu orang yang spontan. Jadi kamu suka melakukan aktivitas secara mendadak, tanpa mempersiapkan dengan matang.

Tidak miring

Kamu berkepribadian pragmatis dan logis. Makanya kamu suka berfikir matang dan panjang. Sebelum melakukan sesuatu, biasanya kamu akan memikirkan akibatnya. Baik itu manfaatnya ataupun resikonya.

Miring ke kiri

Orang yang tulisannya miring ke kiri, termasuk orang yang lebih suka bekerja sendiri. Karena itu, kamu lebih suka bekerja dengan objek langsung daripada bekerja dengan orang.

 

3. Tekanan

via askastrologer.com
via askastrologer.com

Tekanan yang berat

Kamu lebih suka mengandalkan emosi. Karena kamu memiliki jiwa empati yang tinggi, makanya kamu suka bergerak cepat. Jadi kalau melihat orang yang sedang kesulitan, kamu tak akan ragu untuk langsung menolongnya. Walaupun resikonya besar, tapi kamu tidak peduli. Itu artinya kamu orang yang sangat perhatian terhadap orang lain.

Tekanan yang ringan

Kamu orangnya santai dan tidak mau ribet. Kamu selalu menerima keadaan apapun yang terjadi. Karena itu, sebuah masalah pun tak akan terlalu diambil pusing. Makanya kamu jarang mengeluh, karena mengeluh hanya membuat pikiran stres saja. Kamu juga bukan tipe orang yang peduli dengan masalah orang lain, karena menurutmu itu hanya membuang waktu dan energi saja.

 

4. Spasi baris

era 3
via lifehack.org

Spasi sempit

Kamu orangnya tidak pandai mengatur waktu, makanya kamu sering lupa waktu. Terlambat pun menjadi hobi kamu, kalau ada janjian seperti hang out, meeting, dan lain-lain. Kamu juga sering telat mengumpulkan tugas sekolah atau pekerjaan.

Spasi lebar

Kamu suka datang on time kalau janjian sama orang lain. Kamu juga jarang telat kalau mengumpulkan tugas. Itu semua karena kamu tidak ingin membuat orang yang menunggumu tidak nyaman. Kalau ada rencana main ke rumah teman pun, kamu pasti akan meminta izin dulu kepada temanmu. Pokoknya kamu patuh banget deh!

 

Canggih ya? Ternyata tulisan juga bisa mengungkap kepribadian! Setelah melihat semua kategori di atas, kira-kira kepribadian kamu seperti apa ya? Share yuk, biar teman-temanmu juga tahu!

 

Sumber: lifehack.org

Komentar:

Komentar