Ternyata Orang Yang Berantakan Itu Pintar, Lho! Inilah 5 Alasannya!

Dibalik ketidakrapian seseorang ternyata mereka memiliki kecerdasan tertentu, lho!

Kecerdasan orang itu berbeda-beda dan sebetulnya angka bukanlah ukuran karena, selain IQ, banyak aspek lain yang harus dipertimbangkan. Kalau menurut Howard Gardner yang mengemukakan konsep multiple intelligence, ada banyak jenis kecerdasan yang dimiliki seseorang, makanya tes IQ saja tidak cukup untuk mengukurnya. Nah, tapi ada satu hal nih yang sering kali dimiliki orang yang pintar, salah satunya adalah kebiasaannya yang cenderung berantakan.

Dilansir dari lifehack.org, katanya orang yang berantakan itu ternyata menunjukan bahwa dia itu pintar, lho! Berikut adalah 5 alasan mengapa orang yang berantakan itu pintar:

1. Menemukan inspirasi di dalam keadaan yang tidak beraturan

via Pexels.com – Kaboompics

Ada istilah seperti ini: “there is order in chaos“, istilah ini berlaku ketika seseorang melihat pola-pola tertentu yang beraturan di keadaan yang sebetulnya tidak beraturan secara kasat mata. Misal kamu sedang melihat ranting-ranting yang berserakan di hutan ketika kamu jalan-jalan, tapi kamu bisa melihat sisi-sisi indahnya, lalu kamu memotretnya dan menghasilkan foto yang cantik. Hal ini sebetulnya adalah bentuk dari kecerdasan juga, lho. Kenapa? Karena orang yang pintar tapi berantakan itu lebih banyak memakai otak kanannya. Makanya orang berantakan dan pintar itu kreatif dan cenderung memiliki sifat artistik.

2. Pikirannya terlalu cepat sehingga tubuh kadang terlambat mengikuti

via Pexels.com

Hal ini biasanya paling terlihat dalam tulisan. Contoh yang paling mudah terbayang itu adalah tulisan dokter. Kalau kamu lihat tulisan dokter yang ada dalam resep, pasti paling sering lihat tulisan yang mirip cacing, kan? Nah, itu biasanya tubuhnya itu bergerak lebih lambat dibandingkan pikirannya yang bergerak terlalu cepat.

3. Berpikiran global

via Pexels.com – Simon Migaj

Orang yang tidak rapi itu cenderung seorang global thinker (pemikir global). Istilah global thinker ini sebenarnya adalah istilah psikologi pendidikan yang artinya adalah bahwa seseorang akan melihat hasil akhir dari sesuatu lalu dia akan melakukan hal-hal tertentu, yang menurutnya tepat, untuk menghasilkan apa yang ada di bayangannya tersebut. Beda halnya dengan yang disebut linear thinker (pemikir linear) yang cenderung mengikuti instruksi.

4. Memiliki kecerdasan secara verbal

via pexels.com

Kalau kamu perhatikan, orang yang berantakan itu sering memiliki solusi yang unik ketika memecahkan suatu masalah. Hal ini disebabkan oleh cara berpikirnya yang tidak mengikuti jalan pikiran pada umumnya. Mereka juga bisa mengungkapkan pikirannya secara verbal dengan mudah dan dikemas dengan cara yang unik pula dan juga dapat dengan mudah membuat analogi. Makanya jika diukur dengan tes IQ, mereka akan mendapatkan skor yang tinggi di kecerdasan verbal.

5. Terus belajar

via Pexels.com

Pernah lihat kamar orang yang berantakan tapi cerdas? Biasanya mereka punya banyak buku yang berserakan dimana-mana, ‘kan? Seorang peneliti dan ilmuwan dari Stanford University yang bernama Chris Fields mengatakan bahwa orang yang berantakan dan pintar itu kecanduan dengan yang namanya wawasan. Hal ini menunjukan bahwa dia itu suka menantang dirinya sendiri dan sangat kritis makanya mereka haus akan informasi dan terus belajar.

 

Meski demikian, terkadang orang yang pintar tapi berantakan itu susah untuk fokus pada pekerjaan tertentu dan hanya mengerjakan hal-hal yang dia sukai atau yang menarik perhatiannya saja. Makanya diperlukan usaha yang lebih keras bagi orang yang cenderung berantakan untuk mengatur dirinya sendiri.

Ya, meski kamu cenderung berantakan dan hal ini sebetulnya mengindikasikan kecerdasan tertentu, tetap coba mulai rapikan yang memang harus dirapikan karena dari satu sisi kamu juga bisa menemukan ketenangan dari ruangan yang tertata. Iya, kan? 

16 Shares

Komentar:

Komentar