Wah, Para Peneliti Menemukan Lubang Misterius di Dalam Piramida Giza! Buat apa ya?

Ada yang tahu buat apa lubang itu?

:

Kalau kamu mikirin tentang Mesir, yang pertama kepikiran itu pastinya gurun pasir yang tebentang luas, terik matahari, dan piramidanya. Atau bisa jadi kamu langsung kepikiran film The Mummy. Iya, kan? Diantara banyaknya piramida yang ada di mesir, ada satu piramida yang paling terkenal dan paling besar. Nama piramida itu apa coba? Yup, piramida terbesar itu adalah Piramida Giza.

Piramida Giza ini dibangun lebih dari 4500 tahun yang lalu sebagai tempat peristirahatan atau makam firaun dinasti keempat yang bernama Khnum-Khufu, atau biasa disebut dengan Cheops, yang memimpin Mesir Kuno pada tahun 2509 sampai 2483 SM.

Meski sudah banyak peneliti yang mendedikasikan waktu dan pikirannya untuk mempelajari bangunan kuno ini, ternyata masih banyak misteri yang belum terpecahkan, lho. Salah satunya adalah tentang ketika ditemukannya lubang misterius di dalam piramida ini.

Seperti apa ya kira-kira? Yuk, simak lebih lanjut!

via trvl.com

Berita tentang penemuan lubang misterius di dalam Piramida Giza baru-baru ini dipublikasikan dalam sebuah paper di jurnal Nature. Yang bikin membanggakan, penemuan ini merupakan penemuan struktur dalam piramida pertama sejak abad ke-19. Wah, congrats ya.

Wajar aja baru-baru ini ketemunya soalnya teknologi yang digunakan menggunakan teknologi yang sangat canggih yang hanya ada pada saat ini yaitu The ScanPyramids yang memanfaatkan fisika partikel dalam penelitian ini. Mereka menggunakan teknologi pemindaian noninvasif yang memanfaatkan teknik muon tomography untuk mempelajari struktur piramida-piramida yang ada di Mesir. Teknik muon tomography ini cara kerjanya mirip-mirip x-ray dan CT scans, bedanya yang dipindai adalah bebatuan yang ada di dalam piramida. Teknik muon tomography ini sendiri biasa digunakan pada kontainer pengiriman untuk melakukan pemindaian barang selundupan atau inti inti reaktor nuklir. Bagi yang bingung dengan istilah-istilah ini, intinya mereka bisa scan piramida ini secara keseluruhan tanpa harus membongkar piramidanya.

Dan inilah yang mereka temukan…

The ScanPyramids via ScanPyramids

Lubang yang baru ditemukan ini panjangnya sekitar 30 meter dan mempunyai struktur yang mirip dengan Grand Gallery piramida. FYIGrand Gallery ini cukup panjang, tingginya bisa mencapai 7 meter, dan strukturnya mirip-mirip seperti katedral. Lumayan luas juga, ya.

Para peneliti masih belum tahu pasti kegunaan dan tujuan dari lubang ini sehingga mereka masih mempelajari lebih jauh lagi mengenai misteri lubang baru ini.

Apa kamu penasaran seperti apa bentuk lubang tersebut? Ini dia gambarnya.

via ScanPyramids

Sebelum penemuan lubang misterius ini, telah ada beberapa penemuan lainnya, yaitu gambar bagian dalam piramida yang didapatkan dengan bantuan robot pada tahun 90an, penemuan aliran angin pada ruang tersembunyi di dalam Piramida Giza pada tahun 2015, dan mengetahui adanya lubang di bagian utara piramida pada tahun 2016. Hanya saja pada saat itu para peneliti tidak dapat memastikan lokasi lubang tersebut dengan tepat dan baru bisa direalisasikan di tahun 2017 ini.

Penemuan-penemuan baru di situs terkenal ini tentunya nunjukkin kalau ternyata teknologi manusia di zaman Mesir Kuno itu canggih di luar zamannya sampai-sampai bikin kita yang tinggalnya di zaman moderen ini penasaran. Mind-blowing banget, ya!

Nah, menurutmu ada misteri seperti apa sih yang disimpan oleh piramida terbesar ini? Dan, menurut kamu, fungsi lubang besar yang ditemukan di tengah piramida ini buat apa sih dan seperti apa di dalamnya jika orang bisa masuk? Apakah seperti di film The Mummy atau Indiana Jones? Komen pendapatmu di bawah ya!

29 Shares

Komentar:

Komentar