Ternyata Manusia Nggak Harus Minum Air Putih Sebanyak 8 Gelas Sehari Lho!


Sepertinya pemahaman kita selama ini tentang minum air putih minimal 8 gelas sehari harus segera diperbaharui. Pasalnya penelitian terbaru dari para ilmuwan melalui Harvard Health Letter akan mengganti peraturan minum air putih sebanyak delapan gelas cairan per hari.

Dalam tulisan tersebut para ilmuwan Harvard mengatakan bahwa selama ini aturan minum delapan gelas per hari tidak berdasarkan sains, tapi hanya berupa perkiraan jumlah yang dibutuhkan tubuh agar tidak dehidrasi. Peneliti menyarankan minum 900 ml sampai 1.500 ml perhari sudah cukup. Itu setara dengan 4 hingga 6 gelas.

Ahli tak lagi sarankan minum 8 gelar air per hari

Selain itu hal yang perlu dipahami adalah bahwa cairan yang dimaksud bukan hanya air putih saja, tapi termasuk air yang berasal dari buah dan sayur yang dikonsumsi seperti semangka, selada, bayam, dan sup. Ini sudah termasuk ke dalam takaran jumlah 6 gelas perharinya.

Ditambah lagi sebuah studi yang diterbitkan dalam Clinical Journal of Sports Medicine menambahkan bahwa minum air berlebihan dapat membahayakan tubuh. Manusia bisa mengalami hyponatremia jika terlalu banyak minum air. Ginjal akan dibanjiri terlalu banyak cairan sehingga tidak bisa memproses cairan dengan efisien. Ini akan mengakibatkan tubuh kekurangan kadar garam dan dapat menyebabkan gangguan kesadaraan seperti orang mabuk.

 

 

sumber: beritagar.id

0 Shares

Komentar:

Komentar