Ternyata Ini Nih Penyebab Saldo Rekening Udah Menipis Meski Belum Akhir Bulan!

Nggak penasaran nih apa yang bikin cepet abis?

Buat kamu yang ngerasa rekening di tabunganmu sudah tinggal serpihan-serpihan padahal belum akhir bulan, mungkin hal ini yang jadi penyebabnya. Dilansir dari Mentalfloss, penelitian terbaru dari menunjukkan bahwa belanja online dengan menggunakan gadget touchscreen, dapat membuat saldo di rekening bisa berkurang dengan cepat.

Penelitian yang dilakukan oleh Ying Zhu, profesor pemasaran di University of British Columbia Okanagan, ini mempelajari bagaimana teknologi touchscreen dapat mempengaruhi kebiasaan konsumen. Penelitian yang dipublish di Journal of Retailing and Consumer Services ini menunjukkan bahwa konsumen akan lebih sering melakukan pembelian impulsif apabila mereka berbelanja online di gadget touchscreen daripada saat berbelanja online di layar monitor komputer.

via abc.net.au

Zhu yang melakukan penelitiannya bersama Jeffrey Meyer dari Bowling Green State University ini melakuan serangkaian percobaan dengan menggunakan berbagai gadget yang berbeda untuk melihat perbedaan pola pikir dan niat konsumen dalam berbelanja hal-hal yang sebenarnya tidak begitu mereka butuhkan, misalnya makanan atau perlengkapan kantor.

Pada percobaan tersebut, partisipan diberikan komputer desktop dan gadget touchscreen secara random dan kemudian diberikan pilihan untuk memilih barang yang berguna, voucher belanja $50 (sekitar Rp 600 ribu seharga $30 (sekitar Rp 4oo ribu), atau barang yang sebenarnya tidak terlalu penting (voucher restoran $50 seharga $30). Nantinya, masing-masing item yang dibelanjakan oleh partisipan akan dinilai seberapa berguna nilai barang tersebut. Masing-masing partisipan sepakat bahwa voucher restoran tersebut lebih ‘wah’ apabila dibandingkan dengan voucher belanja.

via androidcommunity.com

Akan tetapi, dari hasil penelitian tersebut, partisipan yang menggunakan komputer desktop lebih banyak membeli barang-barang yang berguna apabila dibandingkan dengan partisipan satunya. Mereka yang menggunakan gadget touchscreen lebih banyak berbelanja barang-barang hedon.

Editor’s Pick

Kamu Udah Tahu Belum Kombinasi Rahasia Tombol-Tombol pada Windows Ini?

Mantap! Gini Nih Jadinya Kalau 9 Lagu Modern Ini Diremix Jadi Ala-ala Lagu Tahun 80an

5 Aplikasi Edit Foto Gratis yang Bisa Jadi Alternatif Filter Bawaan Instagram

Zhu menjelaskan bahwa sifat gadget touchscreen yang fun dan playful mendukung sifat hedon konsumen, sedangkan sifat komputer desktop yang lebih fungsional mendukung konsumen untuk bertindak logis dan memilih barang-barang yang memang mereka butuhkan.

via precious-forever.com

Penelitian tersebut juga menemukan fakta bahwa menggunakan teknologi touchscreen dapat meningkatkan “experiential thinking” pengguna, sedangkan komputer desktop dapat meningkatkan rational thinking. Ketika berada di mode experiential thinking, pengguna akan selalu mengidamkan kebahagiaan dan mencari pengalaman yang berbeda, sedangkan apabila pada desktop, antarmuka dari perangkat tersebut membuat pengguna lebih bisa berpikir rasional dan menilai kegunaan suatu produk terlebih dahulu sebelum membelinya.

Nah, jadi sekarang kalau kamu ngerasa udah boros banget, coba deh uninstall semua aplikasi belanja dan m-banking yang ada di smartphone atau tabletmu. Kalau ingin beli apa-apa, harus nyalain komputer dan transfernya lewat ATM. Tapi kalau masih boros aja gimana? Berarti kamu yang harus diperbaiki, nih. Haha.

Komentar:

Komentar