Suka Mendengarkan Musik? Ternyata Musik Memiliki 11 Manfaat ini, Lho!

Apa saja ya kira-kira manfaatnya? Cari tahu di sini

:

Setiap orang pasti memiliki musik favoritnya masing-masing. Entah itu karena iramanya yang pas di telinga atau ada memori yang berkaitan dengan musik tersebut. Sebagian dari kita ada yang suka menyanyikannya, memainkannya, memproduksinya, atau malah sekedar mendengarkan saja. Nggak ada yang salah dengan hal itu, karena tidak ada yang benar atau salah dalam menikmati musik.

Tahu nggak, ternyata belajar tentang musik atau sekedar mendengarkannya itu mempunyai beberapa manfaat, lho. Apa saja sih manfaatnya? Ini dia daftarnya.

1. Dapat meningkatkan daya ingat

via pexels.com

Ketika kamu memainkan musik atau menghafalkan lirik lagu, kamu sebenarnya menggunakan keahlian mengingatmu dalam melakukan hal tersebut. Apabila sering dilatih, bukan tidak mungkin hal ini akan membawa pengaruh kepada hal yang lain juga.

2. Membantu mengembangkan kemampuan berbahasa dan berpikir

via pexels.com

Hal ini disebabkan area pada otak yang berurusan dengan musik juga berkaitan dengan bahasa dan pemikiran. Oleh karena itu, apabila kamu sering menggunakan otak bagian ini, maka hal tersebut dapat membantu otak kita tetap tajam.

3. Meningkatkan koordinasi

via pexels.com

Sama seperti olahraga, ketika memainkan instrumen musik, hal ini dapat meningkatkan koordinasi tangan dan mata kita. Musik dan olahraga juga dapat membantu anak-anak untuk mengembangkan kemampuan motorik.

4. Meningkatkan kedisiplinan

via pexels.com

Mereka yang ahli memainkan alat musik, biasanya akan lebih disiplin. Hal ini disebabkan karena setiap hari mereka harus berlatih dalam mempelajari atau membuat musik baru. Dengan membiasakan latihan setiap hari secara disiplin, kebiasaan ini akan menular dalam hal lain.


5. Mempunyai nilai akademis yang lebih tinggi

via pexels.com

Dalam beberapa penelitian, siswa yang mempelajari musik cenderung memiliki nilai akademis yang lebih tinggi. Apa mungkin hal ini berkaitan dengan meningkatnya daya ingat dan kedisiplinan dalam belajar?

6. Menanamkan nilai kerjasama

via pexels.com

Tidak hanya olahraga, musik juga dapat mengajarkan kerjasama, lho. Tanpa kerjasama, yang namanya orkestra atau band tidak akan bisa melakukan performa yang luar biasa di atas panggung. Meski tetap mengandalkan kemampuan individu, namun tetap diperlukan adanya kerjasama antar pemain.

7. Dapat mengembangkan creative thinking

via pexels.com

Mereka yang mempunyai latar belakang di dunia seni cenderung akan berpikir secara kreatif. Skill ini tidak hanya berguna ketika melakukan kegiatan yang berkaitan dengan seni, tapi juga dapat membantu di bidang lain pada kehidupan kita.

8. Mengembangkan keingintahuan intelektual

via pexels.com

Saat mempelajari musik, setelah bisa menguasai satu hal, mereka akan cenderung mencari hal baru yang bisa dipelajari. Rasa ingin tahu ini berperan penting dalam membentuk diri mereka menjadi orang yang lebih baik.

 

Nah, itu dia 8 manfaat dari musik. Dari 8 manfaat tersebut, ada yang sudah merasakannya? Atau ada yang baru sadar kalau ternyata musik mempunyai manfaat seperti yang tertera di atas? Tulis pendapatmu di kolom komentar, ya.

Komentar:

Komentar