Setelah Menunggu Beberapa Puluh Abad, Akhirnya Misteri Satu ini Terpecahkan Juga!

Emang misteri apa? Cari tahu di sini, yuk

:

Banyak sekali misteri di dunia ini yang masih belum bisa dipecahkan. Termasuk salah satunya adalah dari mana logam mulia, seperti emas atau perak, dan elemen, seperti platinum atau uranium, berasal. Memang sih, emas bisa didapatkan dengan cara menambang. Akan tetapi, terbentuk dari apa emas tersebut? Apakah memang sudah dari sononya tertanam di perut bumi?

Nah, jawaban dari misteri ini akhirnya dapat terjawab juga setelah berabad-abad lamanya. Logam mulia dan elemen tersebut terbentuk dari hasil tabrakan dua bintang yang letaknya sejauh 130 juta tahun cahaya dari Bumi. Selain itu, tabrakan tersebut juga sekaligus telah mengkonfirmasi teori tentang asal-usul bintang neutron yang selama ini masih misterius.

via nasa.gov

Tabrakan tersebut memantik sinyal gelombang gravitasi, yang diberi nama GW170817, dan terdeteksi pada tanggal 17 Agustus pukul 1.41 PM waktu bagian Inggris Raya. Dua bintang yang memiliki diameter sebesar 19 km ini membentang, berputar hingga menyimpang ruang dan waktu, dan akhirnya bertabrakan. Tabrakan ini mengakibatkan adanya riak seperti batu yang dilemparkan ke kolam. Riak yang berupa gelombang gravitasi ini menyebar ke seluruh alam semesta dengan kecepatan cahaya. Nah, riak ini yang dideteksi oleh detektor yang dioperasikan oleh Laser Interferometer Gravitational-Wave Observatory (LIGO) di Washington dan Louisiana. Mereka bahkan bisa menyaksikan proses langka tersebut melalui teleskop.

Kalau kamu ingin melihat seperti apa tabrakannya, tonton deh ilustrasinya pada video di bawah ini.

 

Atau di video ini.

 

 

Penemuan fenomena langka ini sontak menjawab 3 misteri sekaligus, yaitu apa yang terjadi ketika bintang neutron berfusi, apa yang menyebabkan ledakan sinar gamma berdurasi singkat, dan bagaimana logam mulia, seperti emas, tercipta. Peneliti asal Inggris dari University of Cardiff yang mewakili LIGO, Professor BS Sathyaprakash, mengatakan bahwa penemuan ini menandai titik balik dalam observasional astronomi dan akan mengarahkan kepada koleksi harta karun hasil ilmiah.

Professor Laura Cadonati dari Georgia Institute of Technology, Amerika Serikat, juga mengatakan bahwa penemuan ini telah membuka pintu menuju cara baru dalam melakukan astrofisika dan akan selalu diingat sebagai salah satu peristiwa astrofisika yang paling banyak dipelajari dalam sejarah.

Nah, sekarang udah tahu kan asal-usul dari mana logam mulia berasal? Ternyata bukan dari tambang emas, melainkan dari pecahan dua bintang yang saling bertabrakan. Pecahan itu lah yang tertanam di perut Bumi. Memang alam semesta ini penuh dengan keajaiban, ya!

217 Shares

Komentar:

Komentar