Saking Kerennya, Foto-foto ini Bisa Dianggap Sebagai Editan, Lho!

Nggak percaya? Buktikan sendiri

Buat kamu para fotografer, pasti sudah paham kalau ingin mendapatkan foto yang keren tidaklah mudah. Selain butuh tekad, skill, dan pengalaman, kamu juga butuh keberuntungan. Telat sedetik saja bisa-bisa hasil fotomu sudah berubah dari yang seharusnya luar biasa keren menjadi biasa saja, bahkan buruk, terlebih foto alam, lansekap, atau hewan. Tapi ketika kamu mendapatkan foto yang super keren, bisa-bisa disangka editan. Seperti 8 foto yang diambil dari Livescience ini nih contohnya.

Mau tahu seperti apa fotonya? Ini dia daftarnya.

1. Papan catur raksasa

via NASA Earth Observatory

Salah satu pemandangan yang tidak biasa ditemukan di Idaho, dimana terdapat tumpukan salju yang jatuh ke kawasan hutan gundul sehingga menyebabkan timbulnya pola seperti papan catur. Kurang pionnya aja nih.

2. Cahaya biru di tengah lautan

via Alyn Wallace/Caters news

Pada tanggal 18 Juni, fotografer Alyn Wallace berhasil mengabadikan cahaya biru yang ada di Three Cliffs Bay dekat Swansea, Wales. FYI, cahaya biru ini tercipta akibat kontak antara bioluminescent plankton dengan arus atau percikan ombak.

3. Es batu raksasa

via Peter Convey

Foto ini bukan miniatur es batu dan pesawat super mini, melainkan pesawat beneran yang sedang terbang melintasi Antartika.

4. Pegunungan Rocky dari luar angkasa

via ESA/NASA

Pada akhir 2016, Stasiun Luar Angkasa Internasional atau International Space Station (ISS) berhasil menangkap foto Pegunungan Rocky dari luar angkasa. Pemandangan ini mirip jejak roda di atas tanah berlumpur ya, bedanya ini putih karena salju.

- Advertisement -

5. Man of War

via Matty Smith, Ocean Art Competition 2016

Apa hubungannya man of war dengan foto di laut ini? Buat kamu yang belum tahu, man of war adalah salah satu jenis hydrozoan laut dari keluarga Physaliidae yang biasa ditemukan di Samudra Atlantik, Hindia, dan Pasifik. Nah, Matty Smith berhasil mengabadikan makhluk laut ini ke dalam foto yang fantastik. Berkat foto ini, dia berhasil memenangkan Kompetisi Foto Bawah Air pada tahun 2017 untuk kategori “Best in Show”.

6. Mereka juga suka main voli

via Lim Choo How/Caters

Foto karya Lim Choo How ini menunjukkan seolah-olah si tawon sedang bermain voli atau semacamnya, padahal dia menyedot air yang masuk ke sarangnya dan menjentikkannya.

7. Letusan gunung? Bukan!

via Greg Vitalich

Sekilas foto ini seperti foto awan gelap yang ditempel di belakang gunung, tapi ini bukan foto rekayasa, lho. Masih ingat kasus kebakaran hebat yang terjadi di California pada bulan Desember ini? Kombinasi antara udara panas dan asap dari kebakaran tersebut membuat terciptanya awan pyrocumulus ini.

8. Air terjun api

via Peggy Sells/Shutterstock

Kalau foto ini dipublikasikan tanpa diberi keterangan apa-apa, pasti banyak yang percaya kalau foto ini adalah foto rekayasa. Padahal ini adalah foto Air Terjun Horsetail di Taman Nasional Yosemite. Tapi, kenapa bisa berwarna merah seolah-olah seperti lava? Jadi warna merah pada air terjun disebabkan karena cahaya dari matahari saat terbenam, keren ya.

Nah, itu dia 8 foto yang terlampau keren, sehingga nggak salah kalau ada yang menyangka kalau foto-foto di atas adalah foto editan. Dari delapan foto tersebut, mana yang menurutmu paling keren?

- Advertisement -
Shares 560

Komentar:

Komentar