Nggak Selamanya Tidur Miring ke Kanan Lebih Baik daripada Miring ke Kiri, Ini Buktinya!

Penasaran? Cari tahu di sini

Setelah melalui berbagai aktivitas yang melelahkan selama seharian penuh, cara terbaik untuk melepaskan penat adalah dengan tidur. Tidur bukan melulu soal berapa lama kamu tidur atau terang gelapnya kamar tidurmu, posisi tidurmu pun juga memegang peranan penting, lho!

Sebagian orang menganggap bahwa tidur miring ke kanan lebih baik daripada tidur miring ke kiri. Bahkan bagi yang beragama Islam, disarankan untuk tidur miring ke kanan karena mengikuti sunnah nabi. Akan tetapi, apakah tidur miring ke kiri tidak lebih baik? Bagi sebagian orang, ternyata tidur miring ke kiri malah membuat dapat tidur lebih nyenyak dan lebih sehat.

Kok bisa? Ini dia 6 alasannya

1. Dapat memperkuat sistem limfatik

via healthylnb.com

Berdasarkan pengobatan Ayurvedic, tidur miring ke kiri dapat membuat tubuhmu lebih memungkinkan untuk menyaring cairan getah bening karena sisi kiri tubuh kita adalah sisi limfatik yang dominan jika dibandingkan dengan yang kanan.

2. Dapat memperbaiki pencernaan

via nydailynews.com

Berkat gaya gravitasi, ketika kamu tidur miring ke kiri, maka sisa-sisa makanan dapat dengan mudah berpindah dari usus besar ke kolon desendens yang menyebabkan peluangmu kebelet buang air besar pada saat bangun tidur lebih besar. Tidur miring ke kiri juga memungkinkan perut dan pankreas untuk menggantung secara alami, karena perut kita terletak di sisi kiri tubuh, sehingga dapat menjaga perkembangan enzim pankreas dan proses pencernaan lainnya.

3. Dapat memudahkan ibu hamil

Via pexels.com

Bagi ibu hamil, tidur miring ke kiri tidak hanya melancarkan sirkulasi, melainka juga dapat membantu meredakan tekanan pada punggung, menjaga rahim supaya tidak menindih hati, dan meningkatkan aliran darah ke rahim, ginjal, serta janin.

4. Mengurangi gangguan pada lambung

via lifehack.org

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan oleh The Journal of Clinical Gastroenterology, tidur miring ke kiri sangat bermanfaat bagi mereka yang mengalami gangguan pada lambung. Hal ini disebabkan karena tidur miring ke kiri akan membuat sambungan antara perut dan kerongkongan tidak terbuka meski kadar asam lambungnya tinggi. Sedangkan apabila tidur miring ke kanan, maka akan membuat esophageal sphincter (saluran antara perut dan kerongkongan) melemah dan membuat asam lambung naik ke kerongkongan yang dapat membuat lambung merasa perih.

5. Dapat meringankan sakit punggung

via healthtap.com

Bagi penderita sakit punggung kronis, cobalah tidur miring ke kiri. Dengan demikian, hal tersebut dapat membantu meringankan tekanan pada tulang belakang.

Nah, meski poin-poin di atas menjelaskan keuntungan tidur miring ke kiri, tidak semua orang dapat melakukannya. Ada beberapa orang yang lebih baik tidur miring ke kanan, bahkan ada yang tidak disarankan untuk miring sama sekali (pada kasus penderita penyakit jantung, sleep apnea, susah nafas saat tidur, glaukoma, dan sindrom terowongan karpal.

Kalau kamu ragu posisi tidur mana yang lebih baik untukmu, coba konsultasikan dengan tenaga ahli, deh. Satu hal lagi yang perlu diperhatikan, karena tidur miring dapat memberikan tekanan pada pinggul dan bahu, maka gunakan alas tidur yang empuk dan nyaman. Semoga bermanfaat ya.

 

- Advertisement -
Shares 21

Komentar:

Komentar