Gawat! Tidak Hanya Beras Plastik, Cina Menjual 8 Produk Ini


:

Astaga! Ternyata Bukan Cuma Beras Plastik, China Produksi 8 Makanan Ini

Bulan Mei lalu Indonesia sempat digegerkan oleh munculnya beras plastik yang secara disengaja dicampurkan dalam beras asli. Tidak hanya di Indonesia saja beras plastik ini beredar ternyata beras plastik juga ditemukan di Cina. Tidak hanya beras plastik, di Cina juga ditemukan produk makanan asli tapi palsu ini.

1. Bakpao isi daging palsu

b

Hati-hati jika membeli bakpao, karena di Cina telah ditemukan bakpao yang diisi dengan daging palsu. Isian daging tersebut ternyata diganti dengan kertas karton yang direndam dengan rasa daging babi sehingga orang-orang sulit membedakannya. Hal ini terungkap setelah adanya laporan investigasi di tahun 2007 soal kasus daging kukus berisi daging palsu.

2. Susu bubuk palsu

s

Entah apa yang ada dipikirkan orang-orang yang tega membuat susu bayi palsu ini. Pada tahun 2009 lalu terjadi sebuah kasus yang menggemparkan, puluhan ribu bayi di Cina keracunan susu bayi yang ternyata mengandung melamin. Berdasarkan penelitian, melamin memang bisa meningkatkan kadar protein susu namun karena sifatnya yang tidak bisa larut dalam air hal ini malah bisa menyebabkan gagal ginjal.

3. Telur ayam palsu

t

Entah karena terlalu kreatif untuk menghemat uang, Cina mampu membuat telur ayam palsu yang seluruhnya dibuat dari percampuran bahan-bahan kimia. Cangkang telur dibuat dari campuran kalsium karbonat sedangkan si kuning dan putih telur dibuat dari campuran tawas, gelatin, dan natrium alginat. Karuan saja mengkonsumsi telur ini akan membuat lambungmu hancur.

4. Bihun dan mie palsu

b

Bihun yang dibuat dari tepung ini memang asli dibuat dari tepung gandum hanya saja tepung yang digunakan adalah tepung yang sudah kadaluwarsadan berjamur. Jelas saja ini membuat siapun yang mengkonsumsi bihun dan mie palsu ini bisa mengalami diare hebat. Kasus ini juga pernah ditemukan di Indonesia dimana para pedagang mengakali pembuatan bahan mie yang murah dan tahan lama.

5. Daging babi palsu

d

Pada tahun 2011 seorang wanita di Cina membeli daging babi namun entah kenapa daging babi tersebut mengeluarkan cahaya biru. Setelah diselidiki ternyat itu adalah daging babi palsu. Daging babi ini ternyata adalah daging yang sudah busuk namun direkondisi menjadi daging baru dengan mencampurkan bakteri phosphorescent yang ternyata yang bisa menimbulkan cahaya warna biru.

6. Anggur palsu

a

Tidak hanya makanan sehari-hari saja yang dipalsukan tetapi juga minuman mahal seperti anggur. Seorang master wine dari Hongkong, Jeannie Cho Lie ketika ia mencicipi anggur di Cina daratan, ia mengatakan bahwa anggur tersebut adalah palsu.

7. Daging sapi palsu

d

Harga daging sapi memang cukup mahal dan inilah yang menyebabkan adanya daging sapi palsu. Daging palsu ini sebenarnya adalah daging babi yang diberikan campuran parafin dan garam sehingga tampilannya menjadi mirip daging sapi asli. Jadi berhati-hatilah jika mendapat daging sapi impor dari Cina.

8. Kacang walnut palsu

k

Yang selanjutnya ini adalah kasus pemalsuan kacang walnut. Di provinsi Henan ditemukan kacang walnut yang ternyata berisi semen, kok bisa?! Ternyata ada beberapa penjual nakal yang mengganti isi kacang asli dengan semen dan kemudian kacang tersebut direkatkan lagi seolah-olah belum dibuka.

9. Daging kambing palsu

d

Yang terakhir sama nasibnya dengan daging sapi, daging kambing pun dipalsukan. Daging kambing palsu dibuat dari daging rubah, musang, dan tikus yang lagi-lagi direkondisi. Padahal binatang-binatang tersebut menyimpan bakteri di dagingnya. Hiii, menyeramkan!

14 Shares

Komentar:

Komentar