Wow! 8 Binatang Ini Bisa Hidup Sampai Ratusan Tahun Bahkan Ada yang “Abadi”!

Umur kamu gak ada apa-apanya dibanding 8 hewan ini

Rata-rata angka harapan hidup manusia mulai meningkat sejak beberapa dekade terakhir. Berdasarkan data statistik terakhir tahun 2014, angkanya mencapai 71.5 tahun. Peningkatan itu sebagian besar disebabkan oleh inovasi dan temuan baru dalam dunia medis, termasuk obat-obatan untuk beberapa penyakit yang sebelumnya belum ada penawarnya.

Nah uniknya, di saat manusia terus ngembangin cara untuk bertahan hidup lebih lama, di sisi lain beberapa ikon dari kerajaan hewan bisa hidup ratusan tahun lebih lama dari kita lho. Bahkan ada yang bisa hidup “abadi”. Dan mereka melakukannya secara alami, nggak perlu bantuan obat segala.

Hmm hewan apa aja ya kira-kira? Yuk kita intip bareng.

1. Ikan Koi

Koi Fish via pexels.com

Ikan koi biasa dipelihara untuk hiasan kolam. Selain jinak, salah satu jenis ikan mas ini populer karena punya berbagai macam warna dan dianggap sebagai pembawa keberuntungan oleh sebagian masyarakat. Tapi siapa sangka hewan ini ternyata bisa hidup puluhan sampai ratusan tahun.

Hanako, ikan koi asal Jepang punya cerita yang unik. Pemiliknya yang bernama Dr. Komei Koshihara mendadak terkenal waktu diwawancara di stasiun radio lokal Jepang karena keluarganya memiliki ikan koi yang mampu bertahan hidup selama empat generasi. Setelah ditelusuri, umur Hanako sejak lahir sampai mati diperkirakan mencapai 226 tahun. Wow!

2. Spons Laut

Kalian tahu kan karakter kartun Spongebob Squarepants? Ternyata hewan yang menginspirasi karakter Spongebob ini termasuk hewan tangguh yang bisa bertahan hidup ratusan hingga ribuan tahun. Spons laut tertua yang pernah ditemukan berumur 2.300 tahun. Tapi, ilmuwan memperkirakan spons laut bisa hidup sampai 11.000 tahun.

Ngomong-ngomong, walaupun lebih terlihat seperti tumbuhan, ternyata para ilmuwan mengklasifikasikan spons laut sebagai hewan karena memiliki beberapa indera dan kemampuan adaptasi terhadap lingkungan yang hanya dimiliki hewan. Meskipun demikian, secara praktis Spons laut berkembang biak dan bertahan hidup layaknya tumbuhan.

3. Kura-Kura Mata-Mata

Biar gak salah paham aja, kura-kura ini gak ada hubungannya sama mata-mata macam James Bond, atau Jhonny English, hehe. Anyway, hewan ini berasal dari dataran Amazon dan merupakan hewan unik yang terancam punah. Kenapa unik? Karena bentuk lehernya yang lebih panjang dan kebiasaannya yang agak “nyeleneh” dari spesies kura-kura lainnya.

Secara keseluruhan, bentuk hewan ini mirip potongan kayu dan daun yang tenggelam di dasar rawa. Dengan tubuh uniknya pula mereka berkamuflase dan mengelabui pemangsa. Mereka lebih banyak menghabiskan waktunya di dasar rawa atau sungai, dan hanya pergi ke darat kalau ingin bertelur saja.

Hewan ini bisa dibilang malas bergerak dan lebih memilih diam menunggu mangsanya ketimbang pergi berburu. Meskipun “mager”, kura-kura mata-mata bisa bertahan hidup sampai 75 tahun lho. Bahkan ada yang sampai 100 tahun.

4. Immortal Jellyfish

Jellyfish via pexels.com

Kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia artinya adalah “ubur-ubur abadi”. Abadi? Yup, hewan ini secara teori bisa bertahan hidup selama yang diinginkan. Penelitian membuktikan ubur-ubur jenis ini bisa memanipulasi masa hidupnya dengan cara mengembalikan sel-sel tubuhnya ke tahap muda (polip) ketika sakit atau terluka.

Meskipun demikian, hewan berukuran kecil ini tidak benar-benar abadi karena proses regenerasinya yang unik hanya bisa dilakukan saat mereka tumbuh dewasa. Ubur-ubur abadi bisa mati kalau terkena penyakit dalam masa polip, atau jika dimangsa hewan lain.

Hewan ini masih terus diteliti oleh para ilmuwan untuk mengungkap lebih jauh mengenai sistem regenerasinya dan menerapkannya dalam dunia medis.

5. Quahog Laut

Kamu yang suka seafood tentunya pernah makan kerang kan? Tapi gimana kalau kerang yang kamu makan ternyata sudah berumur ratusan tahun? Mungkin skenario ini sedikit menggelitik, tapi faktanya quahog laut yang biasa ditangkap untuk disajikan di restoran seafood memang bisa hidup hingga ratusan tahun. Umur hewan ini bisa dihitung dari garis lingkar di cangkangnya yang diperkirakan bertambah setiap tahunnya.

Quahog laut bernama Ming pernah masuk rekor dunia sebagai hewan tertua yang umurnya sudah bisa dipastikan, yaitu 507 tahun. Dinamakan Ming karena hewan tersebut lahir pada masa dinasti Ming berjaya di Tiongkok. Ming ditangkap di lautan Islandia pada tahun 2006. Ironisnya, ilmuwan yang meneliti Ming waktu itu tidak sengaja membunuhnya. Mungkin kalau tidak terbunuh, Ming bakal hidup 100 tahun lagi, atau 200? 300? Hmm, siapa yang tau.

6. Hiu Greenland

Shark via pexels.com

Hiu jenis ini hidup di Samudra Atlantik. Hewan ini sedikit misterius dibanding hewan lainnya dalam daftar ini. Sebab untuk melihat dan meneliti hiu Greenland bukanlah perkara yang mudah. Mereka hidup di laut dalam yang ekstrim dan bersuhu dingin. Oleh karena itu, informasi yang didapat oleh para ilmuwan tentang hewan ini masih sangat terbatas.

Akan tetapi sebuah penelitian pernah mengungkap berapa lama hiu Greenland bisa bertahan hidup, dimana hasil penelitian didapat dari hiu yang sudah mati. Setelah diteliti terungkaplah bahwa hewan ini adalah vertebrata dengan umur terpanjang, yaitu bisa mencapai 272 atau bahkan 500 tahun.

7. Tortoise

Tortoise via pexels.com

Masih ingat dengan kura-kura mata-mata? Gak bisa dipungkiri lagi kura-kura memang keluarga hewan yang terkenal berumur panjang, dan saya “terpaksa” harus mencantumkan kura-kura lagi dalam daftar ini.

Kalau kura-kura mata-mata lebih senang hidup di dalam air dan memangsa hewan lain yang lebih kecil, tortoise justru sebaliknya. Tortoise tidak bisa berenang dan merupakan hewan herbivora. Sejak dulu tortoise memang terkenal akan umurnya yang panjang. Ada beberapa spesies tortoise di dunia seperti aldabra, sulcatas, dan galapagos. Spesies galapagos punah pada tahun 2012. Waktu itu, George, kura-kura galapagos terakhir, mati di penangkaran pada umur 80 tahun.

Kisah lain tentang tortoise tertua ada di India. Pada tahun 2006, tortoise yang diberi nama Adwaita meninggal di kebun binatang Alipore. Saat itu Adwaita diperkirakan meninggal pada usia 250 tahun. Tetapi satu cerita menyebutkan bahwa Adwaita ditangkap di pulau Sychelles sekitar tahun 1700, kemudian didonasikan ke kebun binatang Alipore pada tahun 1875. Jadi berapa tuh umurnya? Sekitar 300 tahunan deh kayaknya.

8. Hydra

Hewan mikroskopis yang satu ini banyak menghuni perairan tawar di daerah tropis. Hydra bertahan hidup dengan memakan hewan-hewan yang lebih kecil dan berkembang biak dengan dua cara: kawin dan membelah diri. Membelah diri yang dimaksud tidak sama seperti apa yang dilakukan amuba, melainkan dengan cara menumbuhkan tunas dari selnya yang tumbuh seiring waktu, kemudian lepas dan menjadi hydra baru.

Sama seperti ubur-ubur abadi, hydra punya potensi sebagai hewan yang “abadi”. Setiap sel dari tubuhnya adalah sel induk yang bisa tumbuh menjadi individu baru. Ibaratnya kalau kamu potong makhluk ini jadi beberapa bagian, dia gak akan mati. Malah setiap potongan tubuhnya akan tumbuh lagi jadi hewan yang baru. Gak cuma itu, hydra juga ternyata gak ngalamin ciri-ciri penuaan seperti hewan lain pada umumnya. Satu penelitian sudah membuktikan ini. Sekitar 2200 hydra dipelihara dan diteliti, setelah 8 tahun para ilmuwan gak menemukan adanya tanda-tanda penuaan pada hydra.

Ilmuwan memperkirakan 5% populasi hydra di dunia hidup sejak 1400 tahun yang lalu. Wow!

Itu dia 8 hewan yang secara alami berumur panjang dan bisa terus hidup ngalahin umur kamu, bahkan mungkin anak cucu kamu juga nanti, hehe. Dari kesemuanya, menurut kamu hewan mana yang paling menarik?

- Advertisement -
Shares 1K

Komentar:

Komentar