Wah, Ternyata Ada 3 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Petik dari One Piece, Lho!

Setuju nggak nih kira-kira?

Siapa yang tidak tahu One Piece? Salah satu animanga legenda yang bisa bertahan selama 20 tahun, bahkan lebih! Keunikan One Piece terletak pada karakternya yang bervariasi dengan berbagai latar belakang, cerita yang tidak mudah ditebak, dan makna yang tersimpan di dalamnya.

via comicbook.com

Selama perjalanan panjang One Piece, ada beberapa saga yang menarik, mulai dari East Blue, Alabasta, Sky Island, Water 7, Thriller Bark, Summit War, Fishman Island, Dressrosa, dan yang terbaru Yonko Saga.

via onepiece.wikia.com

Maksud arc yang ada warna biru muda itu artinya ada filler selama penayangan animenya.

Dari berbagai saga dan arc tersebut, ada 3 arc yang menjadi favorit penulis. Alasan dibalik 3 arc ini karena selain berkesan, ada pelajaran hidup yang dapat dipetik di arc tersebut.

Apa saja 3 arc tersebut dan pelajaran hidup apa yang dimaksud? Ini dia daftarnya.

Water 7 Saga – Ennies Lobby Arc

via onepiece.wikia.com

Menakjubkan! Itu yang penulis rasakan ketika membaca manga One Piece ketika di arc Ennies Lobby ini. Demi menyelamatkan anggota mereka, Nico Robin, yang ditangkap, mereka rela menjadi musuh pemerintah dunia melalui aksi bakar bendera yang dilakukan oleh Soge King. Dan aksi bakar bendera itu adalah salah satu scene favorit penulis di One Piece.

Arc ini memang seperti tipikal komik Shonen pada umumnya, yaitu tentang semangat dan persahabatan. Pada arc ini kita bisa belajar dari kru Topi Jerami bahwa masa lalu seseorang tidak lah menentukan bagaimana masa depan mereka. Siapa yang menyangka bahwa Nico Robin yang pernah menjadi lawan di Arabasta ternyata bakal menjadi salah satu kru permanen.

Setiap orang pasti punya alasan dibalik tindakan mereka dan semua tergantung pada diri kita apakah kita mau menerima masa lalu mereka, memaafkan kesalahan mereka, dan melangkah bersama-sama atau terus berputar-putar mengungkit masa lalu yang hanya akan membuka luka lama.

Summit War Saga – Sabaody Archipelago Arc

via pt.onepiece.wikia.com

Kuingin marah… melampiaskan…

Udah jangan diteruskan, malah keasyikan nyanyi nanti.

Arc di pulau Sabaody ini memunculkan emosi yang campur aduk, antara senang, bangga, marah, sekaligus sedih. Mulai dari munculnya Supernova a.k.a. Generasi Terburuk yang terdiri dari 11 bajak laut pendatang dari 9 kru, yang salah duanya adalah Luffy dan Zoro, yang berpotensi menciptakan sejarah baru di Grand Line, penjualan manusia berbagai ras di rumah lelang, penghajaran Tenryūbito, kekalahan kru Topi Jerami, sampai hilangnya satu per satu kru tersebut.

Arc ini mengajarkan kita bahwa tidak semua hal dapat diatasi dengan semangat dan persahabatan. Bahkan karakter utama juga bisa kalah! Dunia itu luas dan di atas langit masih ada langit. Ketika kita memahami batas kemampuan kita, maka kita hanya bisa berusaha semampu kita dan biarkan takdir yang menentukan (ikhtiar) karena tidak semua hal akan selalu sejalan dengan apa yang kita inginkan.

Tapi tetep aja sih geram, masa karakter utama kalah 🙁

Summit War Saga – Marineford Arc

via wookmark.com

NANGIS!!!

Hayo ngaku, siapa aja yang nangis ketika scene heroik di atas terjadi? Kamu nggak sendirian.

Di arc ini kita bisa melihat seluas apa dunia One Piece dan sekuat apa pemerintah dunia. Sama seperti arc Sabaody, di arc ini bisa dibilang hasilnya tidak happy ending seperti manga mainstream pada umumnya.

Kita sudah tahu seberapa besar perbedaan kekuatan antara Luffy dengan pemerintah dunia di Sabaody, akan tetapi ternyata perbedaan itu semakin jauh terlihat jika dibandingkan dengan para tetua pemerintah dunia, terlebih Sengoku.

Begitu banyak yang harus dipertaruhkan, begitu besar pengorbanan yang dilakukan, namun hal itu hanya berujung pada kekalahan dan kematian dua orang penting, yaitu Whitebeard dan Ace. Hal ini tentu mengubah paradigma orang yang mengira bahwa Ace bakal diselamatkan. Siapa yang berpikir bahwa dia akan mati karena dia adalah saudara tokoh utama komik ini?

Arc ini mengajarkan bahwa kita harus siap setiap saat ketika semua yang kita lakukan tidak selalu berhasil. Namun kegagalan tersebut dapat memacu kita untuk menjadi lebih baik lagi.

Nah, sekarang giliran kalian. Coba sebutkan 3 arc favorit kalian di One Piece dan sebutkan alasannya.

Komentar:

Komentar