Jangan Anggap Remeh Para Kutu Buku, Biasanya Mereka Lebih Pintar Dari Orang Yang Suka Nge-bully Mereka, Lho!


:

“Be nice to nerds. You may end up working for them. We all could.” ― Charles J. Sykes

‘Nerd‘ atau biasa diterjemahin jadi ‘kutu buku’, adalah sosok orang yang erat banget sama image penyendiri dan orang yang bertingkah canggung. Image kayak gitu sering banget bikin mereka jadi sasaran becandaan bahkan pem-bully-an. Hal ini umumnya terjadi karena mereka dianggap aneh akibat gak mau bergaul sama lingkungannya. Padahal meskipun begitu tindakan becanda apalagi sampai pem-bully-an tetap aja bukan hal yang bisa dibenarkan. Apalagi riset terakhir nunjukin kalau orang yang penyendiri ini seringkali lebih pintar dari orang-orang pada umumnya, termasuk orang yang suka nge-bully mereka.

Buat para nerd, kebayang gak kalau 10 tahun dari sekarang, kamu jadi atasan orang yang dulu suka nge-bully kamu? Makanya buat kamu yang suka dicap aneh karena gak suka bergaul sana-sini, kamu gak perlu khawatir karena jadi kutu buku justru punya banyak keuntungan buat hidup kamu. Apa saja ya kira-kira?

Menjadi Penyendiri Adalah Bukti Kamu Gak Butuh Pengakuan

Via: Freepik.com

Mencari jati diri adalah hal yang gak bisa dihindari saat kita masuk ke usia remaja, salah satu keuntungan jadi sosok penyendiri adalah kamu gak perlu sibuk mikirin penilaian orang. Kamu bisa jadi diri sendiri karena kamu bisa memusatkan perhatian pada pengembangan diri. Dengan begitu, beban kamu buat muasin penilaian orang dan dapetin pengakuan lingkungan soal eksistensi kamu jadi gak begitu besar.

Umumnya Penyendiri Punya Tingkat Intelektual Di Atas Rata-Rata

Via: Freepik.com

The Washington Post berhasil mewawancarai seorang peneliti dari Brooking Institute yang bernama Carol Graham yang menuturkan bahwa orang-orang yang dianggap sangat pintar menghabiskan waktu yang lebih sedikit untuk bersosialisasi karena mereka fokus sama tujuan mereka.

Hal ini masuk akal sih, dengan jumlah waktu yang kamu punya buat menyendiri, kamu bisa manfaatin waktu itu buat nekunin hobi kamu sampai ngerancang tujuan hidup kamu dalam jangka panjang. Jadi waktu yang kamu punya bisa lebih bermanfaat, daripada dipakai sibuk hangout gak jelas sana-sini yang cuma bikin capek dan abis duit.

Meski begitu, ada semacam cap pada para nerd bahwa mereka merupakan sosok yang anti sosial. Hal ini bisa diatasi dengan memilih mana teman yang secara tulus mau bergaul dengan kamu dan mana yang tidak dan ini akan sangat bermanfaat untuk kamu dalam jangka panjang; karena gimana pun kita gak bisa hidup sendirian di dunia ini. Dan ini tentunya nyambung ke hal berikutnya yaitu bahwa nerd…


Punya Ikatan Pertemanan Yang Lebih Kuat

Via: Freepik.com

Sebuah penelitian yang dikeluarkan oleh the British Journal of Psychology menyatakan bahwa orang pintar lebih mudah bergaul sama lingkungan yang lingkupnya kecil. Selain itu, kepala penelitian tersebut yang bernama Satoshi Kanazawa dan Norman Li nemuin fakta kalau tigkat kebahagiaan orang-orang pintar yang disurvei oleh mereka berbanding terbalik sama jumlah orang yang bergaul sama mereka. Jadi orang-orang pintar tersebut cenderung lebih bahagia disaat mereka gak bergaul sama teman-temannya.

Hal ini sejalan sama ungkapan yang bilang kalau sedikit teman menghasilkan pertemanan yang lebih bermakna. Semakin sedikit orang yang berinteraksi sama kita, otomatis frekuensi dan kualitas komunikasi yang kita jalin jadi semakin fokus dan intens. Itu lah kenapa orang yang penyendiri jadi punya kesempatan lebih banyak buat mengenal orang yang dia anggap sebagai teman.

 

Jadi, kalau kamu memang ngerasa lebih bahagia ngabisin waktu sendirian, gak perlu maksain diri buat bergaul sama banyak orang cuma biar gak dianggap aneh, ya. Be proud of yourself and love yourself!

Komentar:

Komentar