Ini Nih 6 Alasan Kenapa Kamu Harus Tinggal Di Kota Yang Berbeda-Beda Selagi Muda

Mumpung masih muda, kita tinggal di banyak kota yang berbeda yuk

:

Dewasa ini kita sering banget ngelihat orang-orang yang masuk usia 20-an atau bahkan 30-an masih kebingungan dengan tujuan hidup mereka. Rata-rata mereka masih linglung dan bertanya-tanya, kayak gimana sih jati diri mereka sebenarnya?

Pertanyaan-pertanyaan kayak gini sebenarnya wajar dan pasti bakal menghampiri siapa aja. Tapi kalau kamu punya pengalaman hidup yang lebih kaya dan beragam, jawaban atas pertanyaan-pertanyaan semacam itu bakal lebih mudah buat ditemuin.

Salah satu cara buat memperkaya pengalaman hidup adalah dengan tinggal di kota yang berbeda-beda selagi kamu muda. Supaya kamu makin semangat buat ngelakuin hal ini, kita bahas yuk alasan-alasannya.

1. Gak terikat apa pun

young-man-traveler-with-backpack-relaxing-outdoor_1421-190
via freepik.com

Usia muda bisa diartiin sebagai masanya kamu bebas berekspresi dan mengeksplorasi diri kamu sendiri. Status kamu yang masih lajang bikin kamu punya keleluasaan buat menjelajah dari satu tempat ke tempat yang lain.

Keleluasaan ini gak bakal bisa kamu rasain lagi kalau kamu udah menikah dan punya anak, karena tanggung jawab yang kamu pikul pasti jadi pertimbangan buat kamu tetap tinggal di kota asal kamu. Jadi selagi kamu muda dan masih single, manfaatin waktu yang kamu punya buat ngelihat dunia secara lebih luas.

2. Ajang pembuktian sama diri sendiri

young-female-traveler-peeking-out-from-behind-map_1262-5958
via freepik.com

Tinggal di luar kota berarti kamu cuma bisa ngandelin diri kamu sendiri. Gak ada mama-papa, apalagi pembantu, yang bisa kamu mintain tolong setiap waktu. Kamu harus bisa nyiapin segala kebutuhan diri sendiri dan berani buat mengeksplorasi hal-hal baru buat bertahan hidup.

Hal-hal kayak gitu yang bakal bikin kamu keluar dari zona nyaman dan jadi pribadi yang lebih tangguh. Bahkan gak jarang kamu bakal kaget, karena kemampuan kamu buat survive ternyata jauh di atas ekspektasi sebelumnya.

3. Saatnya bertemu teman baru

group-of-friends-making-selfie_23-2147679245
via freepik.com

Gak bisa dipungkiri kalau tinggal di lingkungan baru berarti memiliki teman baru. Ini adalah salah satu keuntungan yang pasti bakal kamu dapet kalau kamu ngabisin masa muda kamu di kota yang berbeda-beda. Teman baru di sini gak cuma bisa bikin hidup kamu jadi lebih seru loh, tapi juga bermanfaat buat jaringan kamu di masa depan.

4. Ngelatih rasa percaya diri

business-young-woman-looking-at-camera-in-the-office_1301-6547
Via: Freepik.com

Bertemu orang baru dengan latar belakang yang berbeda, mau gak mau bakal bikin kita untuk terus beradaptasi sama mereka. Kalau kamu termasuk orang yang pemalu, kegiatan kayak gini bakal jadi ajang yang bagus buat ngelatih rasa percaya diri kamu.

Percaya deh, semakin sering kamu berada di lingkungan baru, rasa percaya diri kamu bakal semakin bagus. Inget kata pepatah yang suka ada di sampul buku: practice makes perfect.

5. Lebih menghargai perbedaan

multiracial-group-of-young-people-taking-selfie_1139-1032
via freepik.com

Dibanding orang yang terus-terusan tinggal di satu tempat yang sama, orang yang terbiasa tinggal di tempat yang berbeda-beda bakal punya rasa toleransi yang lebih tinggi. Hal ini dikarenakan pengalaman mereka berinteraksi dengan perbedaan jadi lebih banyak. Kesempatan mereka buat mempelajari perbedaan itu sendiri juga lebih luas.

Makanya, tinggal di kota yang berbeda-beda bisa bikin kita jadi lebih menghargai perbedaan yang ada di sekitar kita.

6. Media pencarian jati diri

silhouette-of-handsome-asian-man-praying_1150-861
via freepik.com

Masa muda yang kita punya gak akan abadi selamanya; dia bakal berlalu dan berganti sama fase kehidupan selanjutnya. Jangan sampai pas kamu beranjak dewasa, kamu masih kebingungan sama jati diri kamu. Makanya mumpung masih muda, jadiin waktu kamu lebih berharga dengan mencari tujuan hidup kamu sebenarnya apa supaya kamu enggak jalanin hidup kamu tanpa arah.

Ternyata banyak ya keuntungan yang bisa didapat kalau kita berani keluar dari zona nyaman, atau tinggal di kota yang itu-itu melulu? Kalau kamu udah pernah tinggal di mana aja, guys?

62 Shares

Komentar:

Komentar