Nggak Perlu Malu Jadi Seorang Penulis, 4 Alasan Ini Bisa Bikin Kamu Termotivasi Kembali

Salah satunya karena penulis itu keren!

Masih banyak orang meremehkan profesi seorang penulis. Penulis sering dikaitkan dengan pekerjaan menjemukan di depan laptop atau mesin ketik dan hasil karyanya hanya belum tentu dibaca orang. Tapi, tunggu dulu! Saat ini profesi seorang penulis mulai menampakkan taringnya berkat kecanggihan teknologi dan terbukanya prospek dunia yang lebih luas. Profesi seperti blogger, content writer, atau bahkan penulis lepas alias freelance writer untuk portal berita online mulai banyak diminati banyak anak muda masa kini, lho.

Kalau kamu masih mencibir profesi penulis, coba simak 4 alasan ini biar kamu lebih melek sama profesi penulis yang ternyata nggak seperti yang dibayangkan, bisa jadi setelah membaca alasan ini kamu termotivasi untuk jadi seorang penulis profesional.

1. Berwawasan luas

via pexels.com

Seorang penulis butuh bahan untuk merangkai kalimat demi kalimat menjadi paragraf yang memiliki “isi”. Untuk itu seorang penulis harus memiliki wawasan yang luas tentang apapun itu untuk merangsang daya kreativitasnya dalam menulis. Tak jarang seorang penulis yang handal juga seorang pembaca buku yang baik.

Seorang penulis membutuhkan wawasan yang luas dengan materi-materi darimanapun agar tulisannya berkembang dan tak monoton. Riset langsung dan perbendaharaan pustaka yang banyak  membuat seorang penulis jadi pintar karena memiliki banyak pengetahuan. Jadi jika kamu seorang penulis, pastinya kamu punya wawasan yang luas dan pikiran yang terbuka dalam hal apapun.

2. Tempat kerja bebas

via pexels.com

Jika kamu berpikir bahwa menulis adalah aktivitas yang membosankan karena harus duduk berjam-jam di depan laptop atau mesin ketik untuk membuat tulisan yang menarik maka kamu harus memahami poin ini. Penulis bebas mau kerja di mana aja selama mereka nyaman dan pemikiran terus mengalir.

Penulis bisa nongkrong di kafe, di pinggir pantai, atau bahkan semakin liar saat menulis di tempat wisata. Nggak kayak pekerja kantoran yang hanya bisa menyelesaikan tugas di dalam kantor dan di jam-jam kerja saja. Penulis bisa menulis kapan pun di mana pun selama mereka nyaman melakukannya. Bukankah ini kegiatan yang sangat menyenangkan?

Editor’s Pick

Kamu Udah Tahu Belum Kombinasi Rahasia Tombol-Tombol pada Windows Ini?

Buat yang Suka Makan di Resto Fast Food, 9 Rahasia Ini Harus Kamu Tahu

Bikin Mata Terbelalak, Ini Dia 5 Bahan Makanan Termahal yang Ada di Dunia

3. Bekerja dan berkarya tak terbatas

jasa-penulis
via pexels.com

Menulis adalah sebuah profesi jika dikerjakan dengan baik dan mendapatkan imbalan yang sepadan dengan kerja keras yang dilakukan. Tapi tahukah kamu bahwa sebuah buku, artikel, atau tulisan apapun merupakan sebuah karya tulis yang bisa dibaca hingga ratusan tahun mendatang?

Kamu pasti pernah mendengar umur sebuah buku yang mencapai ratusan tahun dan masih bisa dibaca dan mendapatkan ilmu dari buku tersebut. Jadi penulis bisa bekerja sambil berkarya yang karyanya bisa dinikmati semua orang sampai kapan pun selama tulisan tersebut dipublikasikan.

4. Penghasilan menggiurkan

4.Hitung-Pajak-Penghasilan-Anda-3

Saat ini banyak situs di internet yang membutuhkan tulisan-tulisan bermutu seperti blogger atau content writer untuk mengisi websitenya. Perkembangan tersebut tentu saja berbanding lurus dengan harga sebuah judul tulisan yang diinginkan. Penghasilan yang didapatkan dari menulis pun cukup menggiurkan dan terkadang bisa melebihi penghasilan orang yang bekerja di kantor. Kamu bisa melihat lowongan penulis di banyak website yang membutuhkan tulisan-tulisan bertema tertentu. Lapangan kerja yang luas untuk kemampuan menulis yang berasal dari kamar tidurmu.

 

Intinya, bagi kamu para penulis disana, mulai dari penulis novel hingga freelance content writers, harus bangga bisa menulis ya! Mengungkapan isi pikiran dengan rapi dan sistematis dalam bentuk tulisan itu nggak gampang, lho. Kalau kamu suka menulis, coba share pengalamanmu di bagian komentar ya. 

 

 

Komentar:

Komentar