Masih Pedulikah Kamu dengan 8 Hewan Yang Terancam Punah Ini?


Tingkat kepunahan alami menjelaskan bahwa tanaman, mamalia, burung, serangga, dan lainnya akan lebih cepat mati jika manusia jauh dari mereka. Para ilmuwan berpendapat bahwa kita telah kehilangan sekitar 150 hingga 200 spesies setiap harinya.

Populasi manusia yang meningkat menyebabkan lebih banyak tanah dialokasikan untuk pengembangan kota, eksploitasi sumber daya alam, dan membangun pertanian yang menyebabkan spesies hewan langka semakin mengalami penurunan drastis. Ini artinya hilangnya habitat lebih banyak bagi spesies hewan karena ulah manusia. Selain karena hal di atas, hewan juga harus bertahan hidup dari bencana lain yang juga disebabkan oleh ulah manusia seperti hujan asam, tumpahan minyak dan perubahan iklim. Tidak hanya sampai di situ saja, pemburuan ikan dan hewan yang melampaui batas serta pasar ilegal yang memperdagangkan hewan langka dengan harga tinggi juga termasuk penyebabnya.

Berikut adalah 8 hewan yang terancam punah sebelum manusia mati.

1. Dugong

hewan 3

Rusaknya habitat dan perburuan yang melampaui batas menyebabkan dugong kini terancam punah. Di Indonesia kini jumlah dugong kurang dari 1000 ekor. Perburuan masif untuk pemanfaatan daging, taring, serta air mata dugong yang disinyalir memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi.

2. Gharial

hewan 5

Gharial adalah reptil berukuran besar yang banyak ditemukan di perairan keruh India Utara dan negara di sekitarnya. Hewan ini memiliki moncong yang panjang seperti pedang. Gharial kini terancam punah karena penebangan hutan hujan yang merajalela. Kulit, daging dan telurnya turut diambil sebagai makanan manusia.

3. Pesut Mahakam

hewan 8

Pesut Mahakam banyak terdapat di Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Hewan ini memiliki moncong yang pendek serta berdahi bulat. Kini populasi mamalia unik tersebut tidak pernah bertambah, bahkan cenderung merosot. Pesut Mahakam kini jumlahnya hanya tersisa kurang dari 100 ekor. Penyebab menurunnya populasi hewan ini karena akibat erosi dan pendangkalan sungai.

4. Markhor

hewan 1

Markhor atau kambing liar adalah binatang nasional dari negara Pakistan. Tetapi sayangnya sekarang jumlah hewan ini hanya tinggal 2500 ekor saja. Bentuk tanduknya yang unik menjulang ke atas seperti mata bor membuat hewan ini sangat banyak di buru oleh  para trophy hunter untuk kemudian di ambil tanduknya.

5. Golden Snub-Nosed Monkey

hewan 6

Golden Snub-Nosed Monkey memiliki bentuk yang mungil dan hidung sangat kecil. Hewan ini bisa di temukan di Cina Daratan. Kerusakan hutan menyebabkan populasi hewan ini berkurnng drastis.

6. Quokka

hewan 2

Hewan lucu ini bernama quokka. Hewan ini merupakan spesies asli dari Australia. Quokka merupakan jenis hewan yang ramah terhadap manusia. Tingkat reproduksi yang rendah menjadikan Quokka terancam punah.

7. Kakapo

hewan 4

Burung Kakapo merupakan burung yang unik. Kakapo adalah jenis burung beo terberat dan satu-satunya burung yang tidak bisa terbang. Burung Kakapo adalah salah satu burung yang terancam punah. Di seluruh dunia burung Kakapo kini jumlahnya hanya tersisa 125 ekor.

8. Axolotl

hewan 7

Hewan eksotis nan unik ini bukanlah sejenis ikan, melainkan sejenis salamander langka. Axolotl banyak di temukan di Mexico City. Saat ini, axolotl terancam punah karena semakin banyaknya pulau diubah untuk tempat kunjungan, sehingga air tempat habitatnya diserang limbah.

Oke deh, itu tadi adalah beberapa hewan yang keberadaanya terancam punah. Mulai saat ini berhentilah untuk memburu hewan-hewan liar serta merusak alam sekitar. Dengan menjaga kelestarian alam, hewan-hewan ini akan bisa hidup dengan tenang.

Sumber : malesbanget.com

 

Komentar:

Komentar