Ini Lho 4 Tradisi Unik Lebaran di Indonesia, Mana Favoritmu?


:

Nggak terasa, bulan Ramadan yang penuh berkah akan segera berakhir. Ini artinya Hari raya Idul Fitri alias Lebaran akan segera tiba. Pasti udah nggak sabar kan menyambut hari penuh kemenangan ini?

Tapi, sadar nggak sih ternyata ada tradisi unik yang selalu mewarnai setiap Lebaran di Indonesia? Nggak percaya? Coba deh intip ulasannya berikut ini.

1. Mudik Lebaran

lebaran4
via otonity.com

Lebaran belum lengkap rasanya tanpa mudik. Mudik nggak cuma sekedar pulang kampung lho, tapi juga bertujuan untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga. Biasanya mulai dari cucu, cicit, hingga buyut akan berkumpul saat Lebaran untuk saling bermaafan. Duhh,,,, jadi pengen buruan mudik, kan?

2. Mercon dan kembang api

lebaran3
via depok.go.id

Mercon dan kembang api, selalu menjadi benda yang bakal memeriahkan Idul Fitri. Biasanya, sejak awal bulan puasa, banyak mercon dan kembang api yang dijual di pinggir jalan. Harganya pun murah meriah, mulai Rp 2.000 saja.

Mau mercon bantingan, kembang api berukuran kecil, hingga kembang api yang menyemburkan beragam warna indah, sangat mudah didapatkan dengan harga terjangkau.

3. Baju dan perabot rumah tangga baru

lebaran1
via tribunnews.com

Entah sejak kapan tradisi ini dimulai, tapi setiap bulan puasa, toko baju, sepatu, serta alat rumah tangga akan ramai dipenuhi orang, mulai dari yang masih balita hingga lansia. Katanya, apa yang mereka beli itu untuk persiapan Idul Fitri.

Meski begitu, saat Idul Fitri nggak semuanya harus baru kok, kamu cukup memperbarui hati dan keimananmu agar makin dekat dengan sang pencipta. Ya, kan?


4. Ketupat dan Nastar

lebaran2
via kompasiana.com

Kalo ngomongin sajian nikmat saat Lebaran, dua makanan ini emang nggak bisa dilewatkan. Ketupat yang dibuat secara tradisional dengan lauk opor ayam memang paling nikmat disantap bersama keluarga. Bikin suasana Idul Fitri makin hangat terasa.

Sedangkan nastar menjadi salah satu kue kering andalan yang seakan menjadi suguhan wajib saat Lebaran. Kue berisi selai nanas dengan topping keju ini emang endess.

Kalo gini mah, jadi nggak sabar pengen cepet-cepet Lebaran, kan?!

Komentar:

Komentar