Dulu Berjaya Sekarang Hilang Ditelan Zaman, Inilah 10 Teknologi Jadul yang Bikin Anak 90an Bernostalgia


Kamu yang lahir di tahun 90an apa ngerasa kalau teknologi di jaman modern ini berkembang sangat pesat? Saya masih ingat waktu kecil dulu ayah saya kalau ingin menelepon harus pergi ke telepon umum atau wartel (warung telekomunikasi). Maklum, dulu memang keluarga saya belum punya telepon rumah, hehe.

Gak kerasa waktu berlalu gitu aja, dan sekarang kita dipertemukan sama alat yang namanya smartphone. Kalau mesti dibandingkan, tentunya smartphone ini jauh lebih canggih ketimbang telepon jaman dulu. Soalnya selain buat nelpon, smartphone juga bisa dipakai buat ngambil gambar, nonton video, nyetel musik, main games, dan masih banyak lagi.

Karena smartphone juga kini wartel favorit ayah saya menghilang entah ke mana.

Smartphone cuma satu contoh yang bisa dipetik dari inovasi-inovasi baru di bidang teknologi yang terus bermunculan. Teknologi lama harus merelakan tempatnya digantikan teknologi-teknologi yang lebih anyar sekaligus simpel buat digunakan. Tapi terlepas dari munculnya teknologi modern, nggak bisa dipungkiri jika teknologi-teknologi jadul pun pernah memberikan “jasanya” pada kita dulu.

Yuk, kita bernostalgia sebentar sama 10 barang jadul yang sangat berjasa dalam hidup kita ini.

1. Pager

kelleystc.com
via kelleystc.com

Sebelum ada SMS, pager pernah jadi pilihan utama buat berkomunikasi. Saking tenarnya benda yang satu ini, bahkan pernah dijadikan lagu juga, lho. Yah walaupun saya lupa judul lagunya apa, hehehe. Ada yang ingat?

Tapi kalau dibandingkan dengan ponsel,  alat ini memang agak ribet buat digunakan. Kita harus nelepon dulu ke operator pagernya, sebelum pesan kita disampein ke nomer pager yang dituju. Itu juga selama pengguna pager lainnya berada di jangkauan sinyal provider.

Lupakan dulu soal kekurangannya, dulu pager bisa disebut barang mewah. Makanya waktu kecil dulu saya sempet bermimpi punya pager sendiri. Tapi sebelum kesampean, teknologi ini udah keburu digeser sama ponsel.

Nggak kebayang kan kalau sekarang saya masih nungguin ayah saya buat beliin pager? Siapa yang mau saya hubungi lewat alat ini?

2. Mesin Tik

Type-Writer.org
via Type-writer.org

Hayo ngaku siapa yang pernah mainin mesin tik ayahnya dulu? Kertas karbonnya juga masih ingat kan? Pokoknya alat ini pernah jadi obat di saat gabut dan gak ada kerjaan waktu kecil dulu.

3. Televisi Hitam Putih

BcHydro.com
via BcHydro.com

Kalau ingat tv hitam putih saya langsung teringat saluran TVRI. Yang pernah nonton sinetron bareng di rumah tetangga pake tv ini ngacung!

4. Jam Kalkulator

lazada.co.id
via lazada.co.id

Mungkin sampai sekarang gadget ini masih beredar. Tapi dulu kalau pakai jam kalkulator Casio ini dijamin kamu bakal jadi anak paling beken di sekolah.

5. Disket

PCWorld.com
via PCWorld.com

Nah, dulu waktu SMP kalau ngetik dan ngerjain tugas disimpennya di disket. Meskipun cuma bisa nyimpen data dengan kapasitas 1,44 mb, alat ini pernah berjaya di masanya dan banyak digunakan orang-orang. Tombol protectnya udah digeser? Awas kalau enggak nanti kena virus, haha.

6. Kaset

kaskus.co.id
via kaskus.co.id

Dulu kalau pengen dengerin lagu band kesayangan ya harus beli alat ini. Kalau pita kasetnya kusut, ngerapihinnya butuh kesabaran ekstra.

7. Walkman

techtalks.ideacellular.com
via techtalks.ideacellular.com

Yang pernah punya alat ini pasti masih inget dulu harus nyiapin tas kecil atau saku celana yang cukup gede buat nampung alat ini biar bisa dibawa jalan-jalan. Dulu dengerin lagu lewat walkman terasa lebih asik dibanding lewat mini compo.

8. Gimbot

post-factum.net
via post-factum.net

Anak tahun 90an keterlaluan banget kalau gak kenal alat yang satu ini. Kalau belum pernah main tetris di Gimbot, kebahagiaan masa kanak-kanakmu patut dipertanyakan, haha.

9. Tamagotchi

dribbble.com
via dribbble.com

Waktu kecil dulu, saya pernah punya tamagotchi hadiah ulang tahun dari nenek. Tapi setelah saya coba main, saya gak terlalu suka dengan gamenya, hehe. Walaupun begitu gadget ini pernah booming banget dan jadi topik pembicaraan paling hangat di sekolah. Yang pernah punya tamagotchi apa masih ingat peliharaannya udah tumbuh sampai mana?

10. Nintendo Jadul

arstechnica.co.uk
via arstechnica.co.uk

Generasi 90an pasti udah pernah dong ngalamin keseruan bermain game Mario Bros, Contra, Bomberman, atau Donkey Kong  di Nintendo? Dulu saya gak sempet punya Nintendo sendiri. Kalau ingin main ya harus ngelobi temen yang punya nintendo dulu atau nyewa di tempat rental. Gak mahal kok buat nyewa, cuma 500-1000 rupiah per jamnya.

Nah, itu dia teknologi tahun 90an yang bikin kita nostalgia dengan masa muda kita dulu. Tapi inget ya, jangan baper!

93 Shares

Komentar:

Komentar