Dilahirkan Berbeda, Achmad Zulkarnain Jadi Fotografer Pro yang Mendunia

Mengharukan banget kisahnya, coba deh kamu lihat di sini

Achmad Zulkarnain dilahirkan dengan kondisi yang berbeda dari orang kebanyakan. Namun, semangatnya untuk berkarya jauh lebih tinggi dibanding orang lain.

Meskipun tak memiliki tangan dan kaki, pria difabel ini dapat menjadi fotografer handal bahkan dikenal dunia.

Pria yang akrab disapa Dzoel ini juga diliput oleh media ternama Aljazeera. Dalam video 4 menit 10 detik itu, Dzoel membeberkan kisah hidupnya yang penuh perjuangan karena kondisinya yang berbeda.

Menurut pengakuannya, saat baru dilahirkan, ibunda Dzoel hampir saja memasukkannya ke kantong kresek untuk dibuang. Namun, hal itu dicegah oleh ibu angkatnya yang kemudian merawatnya.

via boredpanda.com

Kisah miris tentang hidupnya belum berakhir, ketika duduk di kelas 6 SD, Dzoel sempat ingin bunuh diri karena minder. Meski tak ada yang menghina dan mengolok-oloknya, Dzoel merasa aneh karena ia tak memiliki tangan dan kaki.

Namun, akhirnya, Dzoel mengurungkan niat tersebut dan melanjutkan pendidikannya di SMPLB kemudian SMA.

Sementara itu, Dzoel mengawali karirnya di dunia fotografi sebagai tukang foto KTP dikampungnya. Kamera yang digunakan pun milik orang lain yang dipinjamnya.

Setelah 18 bulan menggeluti dunia fotografi dengan kamera pinjaman, Dzoel akhirnya memberanikan diri untuk kredit kamers DSLR. Kamera pertamanya itu digunakan untuk memotret pre-wedding salah satu temannya.

via boredpanda.com

Karena kondisi fisiknya, pria asal Banyuwangi, Jawa Timur, ini harus menempelkan badan kamera ke wajah karena tak memiliki jari-jari sat akan memotret. Sedangkan untuk menekan tombol on dan off Dzoel memanfaatkan bibirnya dan bagian bawah tangannya digunakan untuk menekan shutter.

Meski memiliki keterbatasan terkait kondisinya, namun hasil foto Dzoel boleh dibandingkan dengan karya fotografer pro lainnya.

Nggak percaya? Intip deh, hasil karya Dzoel berikut.

Siapa sangka, hasilnya bisa sekeren ini?

via boredpanda.com

Bukan cuma prewedding, indahnya alam pun terpotret dengan sempurna

via boredpanda.com

Mau foto ala selebgram? Dzoel juga bisa

via boredpanda.com

Bahkan, soal editing pun dilakukannya sendiri

via boredpanda.com

Ini nih bukti bahwa keterbatasan bukan alasan untuk berhenti berjuang

Yuk, tonton videonya!

Kisah tentang Dzoel, perjuangan hidupnya, hingga karyanya yang luar biasa tentu bisa jadi inspirasi bagi siapa saja. Jika Dzoel yang memiliki keterbatasan terus mengembangkan dirinya dan berkarya, kenapa kamu tidak?

Komentar:

Komentar