Demi Kualitas Hidup Yang Baik, Kenali 11 Ciri-Ciri Orang Yang Harus Kamu Hindari

Harus waspada ketika bersosialisasi, jangan sampai terperangkap orang toxic!

:

Apakah kamu merasa kalau kamu dekat dengan orang yang toxic alias orang yang mempunyai perilaku tidak sehat sehingga memengaruhi kamu secara negatif? Pengaruh negatif yang dirasakan mungkin pada umumnya adalah rasa tidak percaya diri dan rasa harus membuat orang tersebut senang akan tetapi membuat diri kamu sendiri tidak bahagia.

Kalau kamu merasa ada orang seperti itu di sekitarmu, dilansir dari powerofpositivity.com, inilah 11 tanda-tanda yang harus kamu perhatikan yang merupakan peringatan bahwa kamu harus segera menjauh darinya:

1. Tidak Mau Mendengarkan

Not Listening via giphy.com
Not Listening via giphy.com

Orang itu pada umumnya dan sewajarnya akan mendengarkan lawan bicaranya terlebih dahulu dan juga akan memikirkan respon apa yang tepat saat berpendapat. Sebaliknya, orang yang disebut bad listener atau pendengar yang buruk itu biasanya tidak memerhatikan pembicaraan, tidak merespon dengan tepat, atau sama sekali tidak mendengarkan, dan bahkan ujung-ujungnya malah membicarakan tentang dirinya sendiri. Pastinya, sikap seperti itu akan membuat orang lain yang menjadi lawan bicaranya merasa tidak dihargai.

2. Selalu Ingin Mengelompokkan Diri

Mean Girls 3 via tumblr.com
Mean Girls via tumblr.com

Perilaku buruk berikutnya adalah sikap yang selalu ingin mengelompokkan diri. Orang seperti ini akan merasa bahwa dirinya itu yang terbaik dan akan merendahkan orang lain yang ada di sekitarnya yang dinilainya berbeda dengannya. Contohnya, jika dia memiliki tas bermerek, dia akan menuntut orang-orang di sekitarnya untuk memiliki tas bermerek juga.

3. Selalu Menjadi Korban

Drama Queen via tumblr.com
Drama Queen via tumblr.com

Orang yang selalu merasa bahwa dia tidak memiliki kesalahan bahkan dalam hal-hal kecil sekali pun dan selalu menyalahkan disebut sikap yang ingin selalu menjadi korban. Mereka akan mengutarakan apa pun agar membuat seakan-akan hal lain yang menjadi faktor kesalahannya.

Meskipun memang sudah jelas bersalah, orang seperti ini tak akan mau mengakui kesalahannya dan akan mengutarakan berbagai macam alasan dengan cara mendramatisir segala hal.

4. Merasa Paling Hebat

Big Ego via tumblr.com
Big Ego via tumblr.com

Orang hebat yang ada dalam sejarah seperti Stephen Hawking tidak pernah mengatakan bahwa dia paling hebat dalam bidang fisika dan penulis Pramoedya Ananta Toer tidak pernah mengatakan bahwa dirinya adalah orang yang telah memberikan banyak inspirasi pada penulis lain.


Tentu beda dengan orang yang punya ego tinggi dan merasa paling hebat,  mereka akan terus-menerus membanggakan dirinya sendiri di depan orang lain tanpa ditanya dan meskipun bukan momen dia untuk dipuji.

5. Selalu Terlalu Cepat Menilai Alias Judgemental

Mean Girls via giphy.com
Mean Girls via giphy.com

Pernah tidak kamu berada dalam situasi dimana ada orang yang tiba-tiba menghina seseorang dan bahkan menjelekkan penampilan orang yang belum mereka kenal? Pastinya hal tersebut itu mengejutkan, tapi kenyataannya orang yang toxic akan melakukan hal tersebut.

6. Selalu Cari Perhatian

Attention Seeker via imgur.com
Attention Seeker via imgur.com

Sewajarnya, orang akan mendapatkan perhatian jika melakukan sesuatu yang penting atau memang berdampak pada sekitarnya. Namun, untuk orang toxic, mereka menginginkan perhatian setiap saat.  Perhatian disini tentunya berlaku di segala situasi sosial, bahkan hingga hal sekecil apa pun. Contohnya, jika dia memakai baju baru dia akan mengatakan bahwa dia memakai baju baru tanpa ditanya orang lain dan lain-lain. Intinya, mereka itu haus perhatian dan ingin selalu menjadi pusat perhatian.

7. Tidak Menghargai Orang Lain

No Respect via imgur.com
No Respect via imgur.com

Sudah jelas bahwa orang yang toxic itu tidak menghargai orang lain. Contohnya, dia akan selalu telat pada setiap acara yang dia datangi dan bahkan malah berlaku tidak pada tempatnya, seperti menyalahkan yang mengundangnya sehingga menyebabkanya telat atau malah membuat kekacauan pada acara yang diundangnya. Atau mungkin dia meminta bantuan orang lain tetapi dia malah menyuruh-nyuruh seenaknya dan tidak berterima kasih.

8. Selalu Menyela

Interrupt via vulture.com
Interrupt via vulture.com

Tentunya, orang seperti ini pastinya ingin mendapatkan perhatian dan karena sifatnya yang seperti itu dia akan sering menyela atau memotong omongan orang lain, berbicara hal-hal yang negatif demi mendapatkan perhatian, atau bahkan malah menghina orang yang berbicara padanya.

9. Tidak Mau Disalahkan

Wrong via tumblr.com
Wrong via tumblr.com

Orang yang toxic itu pastinya tidak mau disalahkan pada situasi apapun. Contohnya, jika motor miliknya menggores mobil ketika ada dalam kemacetan dia malah menyalahkan mobil tersebut karena terlalu dekat ke motor dia, atau ketika dia membuat orang lain menangis karena hinaannya dan dia tidak meminta maaf tetapi malah menyalahkan orang yang menangis karena dianggap cengeng.

10. Tidak Bertanggung Jawab

Irresponsible via allwomenstalk.com
Irresponsible via allwomenstalk.com

Tentunya orang yang toxic itu tidak bertanggung jawab dan malah akan membebankan tanggung jawabnya pada orang lain. Contohnya, ketika dalam suatu proyek grup dia akan meninggalkan tanggung jawabnya dan membiarkan orang lain mengerjakan pekerjaanya tanpa merasa hal tersebut itu salah. Tetapi, giliran mendapatkan bagian hasil proyek, dia akan protes jika tidak mendapatkan bagiannya padahal dia tidak bekerja sama sekali.

11. Tukang Manipulasi

Manipulator via pinterest.com
Manipulator via pinterest.com

Orang macam ini tentunya akan berusaha memanpulasi orang di sekitarnya. Dia akan membuat orang-orang di sekitarnya merasa tidak percaya diri dan merasa bersalah demi memuaskan egonya sendiri. Bahkan, dalam kasus yang ekstrem, terkadang mereka mencoba mencelakakan orang di sekitarnya. Tentunya, hal tersebut akan membahayakan mental orang lain dan dalam jangka pangjang akan memperburuk kesehatan fisik juga.

Wah… jangan sampai kamu terperangkap orang yang suka manipulasi ya… Bahaya.

Nah, itulah 11 tanda-tanda orang toxic yang harus kamu jauhi. Yuk, demi kesehatan mental dan fisik, kita harus mulai berhati-hati saat bersosialisasi!

Komentar:

Komentar