Bukan Duit, Ini 7 Hal Ini yang Bikin Kamu Bahagia Secara Emosi

Karena standar bahagia orang itu beda-beda!

Kebahagiaan hidup kayaknya jadi impian semua orang dan pencapaian terbesar seseorang yang membuatnya terus berjuang dengan mimpi di kelapa dan hati. Tentu mencapai kebahagiaan itu susah-susah gampang karena kebahagiaan setiap orang nggak bisa diukur sama. Setiap individu punya pencapaiannya sendiri-sendiri tentang kebahagiaan yang dimaksud.

Ada yang menganggap bahwa kebahagiaan diukur dari uang, tapi ternyata uang nggak jamin bikin bahagia secara emosional, lho. Dilansir dari Curiosity, berikut ini 7 pandangan hidup untuk mencapai kebahagiaan emosional yang disampaikan oleh Dr. Hellen Hendrikson. Mau tahu?

1. Konsisten

via david-pranata.com

Orang yang mencapai kebahagiaan emosional cenderung punya sikap konsisten terhadap rencana jangka  panjang dalam hidupnya. Kamu berjuang untuk bertahan dengan prinsipmu meski hasilnya baru bisa kamu nikmati beberapa bulan atau bahkan beberapa tahun kemudian. Kamu nggak akan terbuai dengan kenikmatan sementara untuk berleha-leha dan jadi nggak konsisten sama rencanamu sendiri.

2. Keluar dari zona nyaman

via hipwee.com

Orang yang bahagia secara emosional cenderung berupaya untuk keluar dari zona nyaman. Hal-hal yang selama ini dibenci dicoba untuk ditaklukkan demi mengejar kepuasan batin dan memuaskan rasa penasaran. Orang bahagia akan melakukan hal-hal yang dibenci karena waktu akan membuat benci tersebut menjadi kenyamanan ketika dinikmati.

3. Fleksibel

via hatajie.com

Dalam hidup selalu ada yang namanya cobaan dan rintangan. Orang yang merasa bahagia akan mencoba sekuat tenaga mencari jalan keluar dari masalahnya dan memecahkan persoalan di depannya. Kamu bisa ke kiri atau ke kanan, selama rencana besar di depanmu tetap fokus dan kamu bisa jadi orang yang fleksibel untuk mengambil keputusan yang sulit.

4. Saling menghargai

via cantikbijak.com

Sebenarnya cara sederhana untuk merasa bahagia adalah dengan membahagiakan orang lain. Kamu akan merasa dihargai ketika mencoba menghargai orang lain, tanpa memperhitungkan siapa dirinya dan latar belakang kehidupannya. Kamu nggak akan mendapatkan kebahagiaan emosional kalo kamu memandang rendah orang lain dan merasa kamu yang paling layak untuk dihargai.

5. Menerima kekurangan

via kompas.com

Semua orang pernah melakukan kesalahan, dan tentu nggak ada manusia yang sempurna termasuk kamu sendiri. Menerima kekurangan diri sendiri dan memaknai hal-hal bodoh yang pernah kamu lakukan sebagai proses pendewasaan diri adalah salah satu pemikiran orang-orang bahagia.

6. Percaya diri

via simomot.com

Semua pencapaianmu saat ini adalah hasil dari rasa percaya dirimu yang membuat semua pekerjaanmu selesai dengan baik. Meski nggak selalu sempurna, tapi dengan kepercayaan diri yang tinggi tentu nggak ada masalah untuk berkompetisi di luar sana. Dan kamu akan bangga dengan dirimu sendiri karena kepercayaan pada diri sendiri selalu membawa kebahagiaan.

7. Mencintai dan dicintai

via merdeka.com

Nggak berlebihan ketika membuat pernyataan jika kebahagiaan adalah cinta. Semua orang bisa bahagia dengan adanya cinta. Sosok yang mencintaimu dan menjadi sosok yang dicintai adalah pengalaman kebahagiaan yang bisa diraih oleh seseorang dalam interaksi sosial yang sehat.

 

Jadi, mana nih diatara 7 hal diatas yang bikin kamu bahagia? Kasih pendapat ya 🙂

 

Komentar:

Komentar