Bahaya! 5 Keahlian Manusia Ini Akan Digantikan Oleh Teknologi Yang Semakin Maju


:

Sekarang kita sedang berada di era teknologi yang cukup maju. Hal ini membuat kita banyak terbantu oleh perkembangan teknologi itu sendiri. Tapi di sisi lain perkembangan teknologi itu nggak selamanya baik, lho. Terutama untuk mereka yang sedang mengalami masa perkembangan, berikut ini bahaya teknologi yang dapat menggantikan keahlian manusia di era modern.

1. Sering menggunakan mesin dalam menghitung meskipun sederhana


via zdnet11.com

Akibat teknologi semakin berkembang, orang-orang menjadi ingin berpikir lebih praktis dalam segala hal. Sederhananya, kita tinggal menggunakan kalkulator untuk berhitung daripada berhitung secara manual menggunakan otak. Hal seperti ini yang membuat kemampuan alamiah manusia menurun dan menjadi ketergantungan oleh teknologi.

2. Kurangnya komunikasi secara langsung

via malaysianpsychology.com

Dampak selanjutnya adalah kurangnya komunikasi secara langsung. Nggak bisa kita pungkiri lagi kalau sekarang jarak bukan masalah yang berat untuk kita. Banyak aplikasi chat yang memungkinkan kita untuk berkomunikasi dari jarak jauh, selain itu kita bisa saling melihat satu sama lain (video call). Harusnya hal seperti ini digunakan untuk mereka yang jauh yah, tapi sekarang mau yang jauh atau yang dekat apa bedanya? Hehehe

3. Menulis surat dengan menggunakan tangan

Kecanggihan teknologi membawa orang-orang untuk hidup lebih maju dalam segala hal. Dengan teknologi kita bisa melakukan apa saja, seperti menulis surat contohnya. Kalau jaman dulu pasti sering banget yang namanya nulis surat menggunakan tangan, karena keterbatasan teknologi pada waktu itu yang kurang mendukung. Tapi kalau jaman sekarang kita udah bisa kirim surat menggunakan E-mail. Nggak perlu kertas, nggak perlu pulpen dan yang pasti nggak pake lama yah hehehe


4. Malasnya mengkoreksi tulisan, karena ada autocorrect

via readersdigest.ca

Penggunaan autocorrect membuat kita  jarang untuk mengkoreksi tulisan. Hal ini yang buat kita jarang mengkoreksi tulisan kita ketika sedang chatting. Tapi autocorrect ini bikin kita malah jadi salah ketik, padahal tulisan kita udah bener. Jadi buat kalian yang sering menggunakan autocorrect hati-hati yah, bisa-bisa kalian salah ketika nama orang kan jadi repot. Hehehe

5. Peran manusia digantikan oleh mesin

Japan Teacher Robotvia womaninthrisis.com

Jepang akhirnya menggunakan teknologi untuk menggantikan peran manusia dengan robot. Para ilmuwan yakin bahwa robot bisa lebih pintar dari manusia. Padahal yang membuat teknologi itu manusia, kan? Tapi kok bisa digantikan oleh robot? Hmmm…

Seharusnya perkembangan teknologi bisa membantu manusia, bukan malah menggantikan peran manusia. Menurut kalian peran teknologi macam apa yang akan menggantikan peran manusia di masa depan? Comment dibawah yah.

Komentar:

Komentar