Anak 90an, Masih Ingatkah dengan 12 Lagu ‘Jadul’ Favorit Kamu Ini?


:

Apa kamu merasa bosan dan nggak suka mendengarkan mayoritas lagu populer zaman sekarang? Apa pernah terbesit rasa kangen dalam diri kamu sama lagu-lagu tahun 90an dan 2000an yang sering menghiasi radio/TV dulu? Kalau iya, sama! Memang sih, selera musik setiap orang itu berbeda satu sama lain. Tapi di sisi lain, itu berarti saya serta orang-orang yang sependapat dengan saya berhak untuk mengatakan: lagu-lagu dulu lebih bagus dan enak terdengar di telinga, nggak peduli genre musiknya apa. Setuju nggak? Kalau mau tahu lebih banyak alasannya, kamu bisa baca di sini.

Maka dari itu, sekarang kita nostalgia sama lagu-lagu hits dari tahun 90-an. Nih, 12 di antaranya.

1. Nirvana – Smells Like Teen Spirit (1991)

Siapa sih anak 90an yang nggak kenal nyanyian paling ikonik dari band yang digawangi almarhum Kurt Cobain (meninggal 5 April 1994) ini? Status ikonik ini bukan hanya pendapat pribadi, tapi banyak pihak yang beranggapan sama. Bahkan ada yang menyebut lagu ini sebagai lagu paling ikonik sepanjang masa, walaupun itu masih bisa diperdebatkan sih.

2. Sugar Ray – Every Morning (1999)

Dentingan gitar pada pembuka lagunya benar-benar memorable. Lagu yang cocok didengarkan pada hari Minggu pagi atau saat kamu mengawali hari. Ke mana perginya Sugar Ray, yah? Sekarang mereka jarang terdengar.

3. Pearl Jam – Jeremy (1991)


At home, drawing pictures of mountain tops, with him on top.” Dari lirik pembukanya aja lagu ini udah memberi kesan kuat. Salah satu hits dari band beraliran grunge ini mengisahkan tentang seorang anak yang mengalami tindakan perisakan/bullying di sekolahnya. Ya, Jeremy Delle memang pernah ada, hidup di dunia ini, dan jadi korban perisakan hingga dia memutuskan untuk menarik pelatuk pistol yang merenggut nyawanya. Yang bikin sedih, Jeremy melakukan bunuh diri di depan kelas, di hadapan anak-anak yang suka mengganggunya itu.

4. Blink 182 – All The Small Things (1999)

Salah satu lagu populer yang melejitkan nama band pop punk ini. Liriknya sebenarnya sih bisa disebut… dangkal dan nggak karuan. Tapi kualitas musiknya nggak perlu diragukan lagi. Belum lagi kalau kamu lihat kejenakaan Mark Hoppus, Tom Delonge, dan Travis Barker di video klipnya yang seolah menyindir boyband dan penyanyi yang lagi tenar kala itu, seperti Backstreet Boys dan Britney Spears.

Sayang, kenapa Tom harus keluar dari band hebat ini…

5. Weezer – Buddy Holly (1994)

Lagu yang ada di album pertama sekaligus menjadi tonggak kelahiran Weezer di kancah musik dunia. Nggak cuma lagunya, video klipnya pun bagus dan sangat populer lho kala itu. Dan sampai sekarang pun Weezer masih bisa mempertahankan kualitas mumpuni dari musiknya.

6. Sixpence None the Richer – Kiss Me (1997)

Sekarang aja kamu mungkin masih bisa lihat remaja yang iseng menyanyikan Kiss Me dengan gitar mereka di waktu luang, bahkan ada juga orang/band yang mengcover lagu ini. Yup, meskipun lirik serta musiknya sederhana tapi lagu ini bisa merasuk ke dalam otak dan terkenang di memori kita dalam waktu yang lama. Kalau kamu lupa sama lagu ini, coba deh dengerin lagi. Mungkin tanpa sadar kamu bakal ikut bernyanyi saat mendengarkannya.

Satu lagu rekomendasi lain dari Sixpence None the Richer yang bisa bikin kamu nostalgia: There She Goes.

7. No Doubt – Don’t Speak (1995)

Saking enaknya, tembang yang mengisahkan tentang perpisahan ini sering dinyanyikan di mana-mana dulu; dari mulai kamar mandi, kamar tidur, ruang kelas, sampai acara Agustus-an. Kalau kamu nggak suka sama lirik yang terkesan cengeng, alunan musik dari Don’t Speak ini masih enak buat didengar, kok.

8. The Cardigans – Lovefool (1996)

Coba bandingkan lagu-lagu hits kebanyakan saat ini yang dinyanyikan vokalis wanita dan lagu-lagu andalan The Cardigans seperti My Favorite Game, Carnival, atau Lovefool. Menurut saya, lagu dari The Cardigans lebih unggul, hehehe. Lirik dari Lovefool sendiri berkisah tentang wanita yang ingin dicintai oleh kekasih/gebetannya. Terkesan melankolis? Coba dengerin dulu deh lagu ini, kalau-kalau kamu lupa.

9. Sublime – Santeria (1995)

Ahh… Santeria, lagu yang iramanya nyantai banget dan emang pas didengerin pas lagi santai. Kalau kamu suka sama lagu ini dan nggak hapal liriknya, cari dulu. Soalnya lirik lagu ini sebenarnya kocak!

10. Goo Goo Dolls – Iris (1998)

Kalau kamu pernah nonton film City of Angels, kamu pasti tahu soundtracknya yang berjudul Iris dari Goo Goo Dolls. Dan kalau mau menggambarkan lagu ini dengan kata-kata, mungkin kata ‘puitis’ bisa mewakilinya. Apa kamu termasuk orang yang dulu suka menyanyikan Iris sambil memainkan gitar?

11. Pearl Jam – Last Kiss (2000)

Bila mendengar secara sekilas, nada dari lagu yang versi aslinya udah ada dari zaman dulu ini kedengarannya ceria banget. Tapi jangan salah lho, Last Kiss ini sebenarnya mengandung nuansa kesedihan yang kental, dimana liriknya bercerita soal seorang remaja laki-laki yang baru saja kehilangan kekasihnya karena kecelakaan mobil.

12. Oasis – Don’t Look Back in Anger (1995)

Ketika Britpop menginvasi tanah air, Oasis pun hadir sebagai salah satu band yang menghadirkan musik yang berkualitas wahid. Nggak butuh waktu lama buat lagu-lagunya, dari mulai Wonderwall sampai Don’t Look Back in Anger, jadi favorit para remaja ketika itu.

Seiring bertambahnya waktu, tren di industri musik pun berganti. Tapi menurut kamu sendiri gimana, lebih enak musik dulu atau sekarang? Jangan lupa comment, yah.

Sumber: Youtube

 

Komentar:

Komentar