8 Hal Ini Adalah Ciri-Ciri Orang Pintar! Ternyata Semua Tidak Ada Hubungannya Dengan IQ, Lho!


:

Menurut kamu, orang pintar itu seperti apa sih? Apakah kepintaran itu dilihat dari nilai yang dia dapatkan di sekolah? Apakah kepintaran dilihat dari cara dia berpakaian? Atau apakah kepintaran seseorang itu dinilai dari tinggi IQ-nya? Apa sih yang membuat seseorang itu pintar? Hmmm… Yuk simak apa saja sih ciri-ciri orang yang benar-benar cerdas?

 

1. Selalu Penasaran

via pixabay.com
via pixabay.com

Apa coba persamaan antara para ilmuan terkenal, para filsuf ternama, para penulis terkenal, para pemenang Nobel Peace Prize, atau para penemu? Yang mereka semua miliki adalah rasa ingin tahu yang tinggi. Kalau kamu pernah membaca tentang Wrights Bersaudara yang membuat pesawat terbang pertama, mereka itu dikeluarkan dari sekolahnya dan mengikuti rasa penasarannya dan terus bereksperimen hingga mereka sukses membuat pesawat yang bisa tahan lama terbang di udara. Nggak nyangka yah!

2. Punya Empati Yang Tinggi

via pixabay.com
via pixabay.com

Kepekaan pada perasaan orang lain juga penting dalam menilai aspek kepintaran seseorang. Dapat menyesuaikan diri di berbagai kondisi sosial juga adalah bentuk dari kecerdasan seseorang, lho! Kalau kamu pernah punya guru ngaji atau punya pastor yang mau mendengarkan keluh kesah dan juga memberi kamu inspirasi, mereka itu punya empati yang tinggi karena mereka peka dengan perasaan kamu.

3. Punya Pemikiran Terbuka

Open-Mind by Paul Foreman mindmapinspiration.com
Open-Mind by Paul Foreman mindmapinspiration.com

Orang yang punya pemikiran tertutup cenderung tidak bisa menerima hal-hal baru padahal jika punya pemikiran terbuka pengetahuan akan dengan lebih mudah diserap. Nah makanya orang yang cerdas itu cenderung punya pikiran terbuka. Tetapi meskipun demikian mereka bisa teguh pada pendiriannya.

4. Selalu Punya Keinginan Untuk Berkontribusi

via mirror.co.uk
Malala Yousafzai via mirror.co.uk

Kecerdasan seseorang juga dapat dilihat dari kontribusinya kepada masyarakat. Contohnya Malala Yousafzai yang hanya berumur 19 tahun yang mendapatkan Nobel Peace Prize. Malala punya keinginan tinggi untuk berkontribusi pada lingkungan sekitarnya dengan menyuarakan opininya sebagai Muslimah yang berjuang untuk hak dan pendidikan perempuan. Dia tidak menyimpan keinginan tersebut untuk dirinya sendiri namun untuk orang lain juga hingga nyawanya juga menjadi taruhan. Keren banget yah!

5. Sense of Humor

via selebtube.com
via selebtube.com

Humor memang sesuatu yang subyektif namun bisa juga menjadi tanda bahwa seseorang itu punya kecerdasan yang tinggi. Membuat lelucon yang bisa dianggap lucu bagi orang banyak itu tidak mudah, lho!


6. Tidak Takut Salah

via azquotes.com
via azquotes.com

Orang yang pintar itu sudah jelas tidak takut salah karena mereka tahu bahwa selalu ada kesempatan berikutnya untuk mencoba lagi. Biasanya orang yang takut salah itu malu bertanya. Jika kamu pintar kamu akan mengakui jika tidak mengetahui sesuatu. Kamu tahu kan peribahasanya? “Malu bertanya sesat dijalan.” Jika kamu memang bingung tentang sesuatu maka bertanyalah, tidak ada yang salah dengan menanyakan sesuatu, kan? Apalagi kalau menyangkut sesuatu yang penting, kan?

7. Selalu Melihat Dari Berbagai Sudut Pandang dan Tidak Menyalahkan Orang Lain

via pixabay.com
via pixabay.com

Melihat dari berbagai sudut pandang itu penting sekali dalam berinteraksi dengan orang lain. Hal ini bersangkutan dengan yang namanya toleransi atau “tenggang rasa,” hal ini berkaitan erat dengan empati seperti di poin yang ke-2. Contohnya, orang yang pintar itu akan memikirkan konsekuensi akan suatu hal yang dia akan lakukan sebelum melakukannya dengan cara melihat dari berbagai sudut pandang. Mereka akan menanyakan: “Jika saya melakukan ini apakah akan merugikan orang lain?” atau “Apakah hal ini bisa berdampak positif pada lingkungan?” atau bahkan “Apa manfaatnya di angka panjang?” Nah, makanya orang yang pintar itu tidak pernah menyalahkan orang lain saat menghadapi suatu masalah sebelum mereka mempertimbangkan banyak hal.

8. Tidak Peduli Dengan Apa Yang Dikatakan Orang Lain

via pixabay.com
via pixabay.com

Kecerdasan seseorang itu biasanya terlihat dari pembawaan seseorang juga. Orang yang pintar itu juga cenderung tidak peduli dengan penampilannya karena mereka tahu bahwa yang terpenting adalah dampak yang dia buat bukan bagaimana penampilannya saja. Misalnya, kalau lihat Mark Zuckerberg saat dia kuliah dulu, kamu tidak akan menyangka kalau dia punya ide yang revolusioner dan lihatlah betapa suksesnya Facebook sekarang.

 

Menurut penelitian Howard Gardner, ada yang disebut dengan Multiple Intelligence yang mencangkup berbagai macam jenis kecerdasan seseorang. Ternyata banyak sekali aspek yang membuat seseorang itu pintar ya? Tidak hanya kepintaran otak seseorang itu yang membuat seseorang itu cerdas namun aspek seperti kecerdasan emosi, spiritual, dan kepribadian seseorang juga menjadi faktor kepintaran seseorang.  Menurut kamu apa lagi sih yang dapat menjadi faktor yang dapat membuat seseorang itu pintar?

 

Komentar:

Komentar