5 Kebiasaan Selama Puasa yang Jangan Ditinggalkan Selepas Lebaran


:

Nggak kerasa kita udah berada di penghujung Ramadhan, artinya kita harus bener-bener ikhlas melepas Ramadhan dan menanti lagi untuk bertemu Ramadhan lagi tahun depan. Tentu selama puasa ada banyak banget kebiasaan baik yang kita lakukan, maklum selama bulan tersebut hampir semua hal dikaitkan dengan pahala yang berlipat-lipat. Inilah yang membuat kita semangat untuk melakukan banyak kebaikan di bulan ini.

Tapi bukan berarti di bulan-bulan berikutnya kita jadi kendor lagi bukan? Justru seharusnya kebiasaan baik itu tetap kita teruskan supaya hidup makin bermanfaat. Ini nih 5 kebiasaan baik selama puasa yang sebaiknya nggak kita tinggalkan meskipun bulan Ramadhan udah selesai.

1. Bangun pagi

646×323-ayo-mulai-terbiasa-bangun-pagi-1406059

Selama bulan puasa pastinya kamu bangun lebih awal untuk makan sahur. Bahkan sempet buat masak nasi dan sayur untuk hidangan sahur. Jadi meskipun nggak puasa dan nggak ngelakuin sahur lagi setiap hari, tapi kebiasaan bangun pagi ini harus terus dipertahankan ya.

2. Olahraga

olahraga-saat-puasa

Olahraga di saat puasa biasanya dilakukan supaya tubuh tetep bugar dan nggak keliatan lemes. Olahraga ini bisa berupa  jalan-jalan sore sembari ngabuburit buat nyiapin hidangan buka puasa. Nah kegiatan sehat sore hari yang menyenangkan itu adalah kebiasaan baik yang sebaiknya terus dilakukan meski nggak ada acara ngabuburit lagi.

3. Kontrol emosi

tips-mengontrol-emosi


Puasa emang nggak cuma nahan lapar dan haus, tapi juga nahan amarah. Selama sebulan ini kamu udah bisa belajar buat nahan diri nggak marah-marah dan ngontrol emosi kamu. Kebiasaan baik ini sayang banget kalo harus hilang seiring perginya bulan Ramadhan.

4. Dermawan

664xauto-negara-pemilik-hartawan-paling-dermawan-160112q

Bulan Ramadhan juga mengajarkan kita untuk dermawan dengan sering-sering bersedekah. Alangkah indahnya kalo kebiasaan berbagi ini terus dilanjutkan. Jadi meskipun Ramadhan udah lewat, usahakan tetep getol berbagi pada sesama ya.

5. Rajin ibadah

Agar-Rajin-Sholat-Malam-Begini-Caranya

Kamu sering ikutan shalat Maghrib di mesjid sekalian dengerin ceramah plus dapet takjil gratis> Tapi kalo nggak ada takjil masak gak mau ke mesjid lagi? Kebiasaan baik yang udah tertanam sebulan ini pastinya bikin kamu sadar kalo ada kemauan disitu ada jalan dan semua mudah untuk dilakukan. So, walaupun udah nggak puasa ;agi, ibadahnya tetep dikencengin ya!

 

Itu dia 5 kebiasaan baik yang sebaiknya tetap dilakukan meskipun bulan puasa udah lewat. Dijamin hidup bakalan kerasa lebih berkah deh!

Komentar:

Komentar