5 Kebiasaan Lebaran Jaman Dulu Ini Cuma Tinggal Kenangan, Ada yang Masih Ingat?


:

Tren lebaran selalu berganti dari tahun ke tahun, jaman ke jaman. Tren lebaran jaman dulu saat kita masih kecil tentu berbeda dengan tren lebaran jaman sekarang yang cenderung kekinian. Pesatnya teknologi membuat jaman berubah, otomatis kebiasaan merayakan lebaran pun ikutan berubah juga.

Yuk nostalgia bentar, ini 5 kebiasaan saat lebaran di jaman dulu yang jarang banget bisa ditemukan sekarang. Masih ingat?

1. Ucapan lebaran via kartu lebaran

Kartu-ucapan-Lebaran-Tokopedia-600×600

Jaman belum ada SMS apalagi whatsapp, kartu lebaran adalah benda yang paling laris manis di pasaran. Hampir semua orang memakainya untuk memberi ucapan selamat idul fitri pada kerabat dan saudara. Efeknya, lebaran jadi makin kerasa karena ada kegiatan tukeran kartu lebaran. Tapi semenjak teknologi makin maju, tren lebaran yang satu ini terkikis perlahan-lahan.

2. Open house dari rumah ke rumah

SEMC 3MP DSC
SEMC 3MP DSC

Dulu, tradisi open house dari rumah ke rumah pasca sholat ied adalah agenda yang ditunggu-tunggu. Anak-anak kecil bersama orang tuanya keliling dari satu rumah ke rumah yang lain untuk silaturahmi. Jadi masing-masing rumah udah menyiapkan hidangan yang banyak untuk jaga-jaga kalau ada tamu yang datang ke rumah. Tapi sekarang, tradisi ini udah jarang dilakukan dan diganti dengan syawalan atau trah keluarga besar di restoran.

3. Lomba bedug di malam takbiran

Ilustrasi-lomba-beduk-Isigood

Kebiasaan lainnya di jaman dulu adalah adanya lomba bedug di malam takbiran. Anak-anak dikumpulkan di masjid lalu diadakan lomba bedug satu hari menjelang lebaran. Acaranya ramai dan seru lantaran digabung dengan acara takbir keliling. Tapi di era sekarang kebiasaan seperti ini mulai ditinggalkan.


4. Membuat dodol sebelum lebaran

Membuat-dodol-Katakota

Masih di era dulu, anak-anak perempuan diwajibkan untuk membantu ibu di dapur untuk membuat dodol. Jadi bukan opor ayam atau ketupat yang jadi tren, melainkan dodol garut. Tapi sekarang kebiasaan ini udah nggak dilakukan lagi dan diganti dengan kebiasaan yang lain.

5. Main mercon bambu

Anak-anak-bermain-meriam-bambu-Viva

Kebiasaan lebaran lainnya di jaman dulu adalah bermain mercon bambu. Mercon bambu ini disebut juga meriam bambu lantaran bentuknya mirip meriam tapi terbuat dari bambu. Hampir semua anak kecil di kala itu memainkannya. Di masa sekarang main mercon bambu ini diganti oleh kembang api atau petasan.

 

Kamu sendiri dulu pernah ngelakuin kebiasaan lebaran yang mana nih?

 

sumber: jadiberita

Komentar:

Komentar